Sukses

Pegawai Baru Harus Lakukan 5 Hal Ini di Kantor

Bagi para karyawan yang baru memasuki dunia profesional, memperhatikan etika kerja menjadi sangat krusial

Liputan6.com, New York - Tempat kerja merupakan lokasi di mana Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu pribadi. Artinya, tempat kerja yang menyenangkan merupakan salah satu faktor penting yang menentukan produktivitas Anda.

Di sana, Anda dapat bertemu dengan berbagai karakter, mulai dari yang kasar hingga jarang bicara. Dalam kondisi tersebut, pikiran yang jernih dan sikap yang tenang tetap merupakan suatu keharusan.

Bagi para karyawan yang baru memasuki dunia profesional, memperhatikan etika kerja menjadi sangat krusial. Berikut lima hal yang perlu Anda lakukan di kantor sebagai pegawai baru seperti dikutip dari boldsky.com, Kamis (12/2/2015):

1. Bersikap sopan

Ingat aturan sederhana yang Anda pelajari sejak kecil. Ucapkan terima kasih, tolong, dan maaf kapan pun Anda harus melakukannya, tak peduli jabatan apa pun yang Anda duduki.

2. Komunikasi dengan baik

Tak diragukan lagi, komunikasi terbuka merupakan salah satu etika dasar di tempat kerja yang harus dilakukan para pegawai baru. Memberikan respons resmi juga terkadang dibutuhkan. Pastikan Anda berkomunikasi dengan sopan pada siapa pun.

3. Saling menghormati

Jangan pernah menganggu pekerjaan orang lain dengan sikap yang tidak menyenangkan. Pastikan Anda menghargai dan menghormati rekan kerja di kantor.

Jika Anda berada di jabatan yang tinggi, jangan anggap junior Anda sebagai bawahan semata tapi jadikan mereka sebagai rekan kerja. Ini juga merupakan salah satu etika kerja paling penting yang harus Anda ingat.

4. Tepat waktu

Datang tepat waktu merupakan etika kerja yang paling disarankan. Ini persyaratan dasar bagi profesi apapun.

Ingat, cara Anda menghabiskan waktu di kantor menentukan kualitas kerja pribadi. Selesaikan pekerjaan tepat waktu, hindari kebiasaan menunda dan tepat waktu dalam mengerjakan tugas.

5. Hargai cara kerja orang lain

Saat ini Anda bisa bekerja dengan beragam karakter dan kebiasaan rekan kerja. Salah satu etika kerja yang harus Anda lakukan adalah dengan menghargai budaya dan cara kerja orang lain. (Sis/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini