Sukses

Bangun Kawasan Industri, Pabrik Diusulkan Pindah dari Jabodetabek

Dirut Jababeka Setyono Djuandi mengusulkan agar pabrik-pabrik yang beroperasi di Jabodetabek, mengingat sudah terlalu padatnya wilayah itu.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masukan dari Direktur Utama (Dirut) Jababeka Setyono Djuandi Darmono soal rencana pembangunan kawasan industri di Indonesia.

Dalam pertemuan itu, Setyono mengusulkan agar pabrik-pabrik yang sudah sukses beroperasi di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek) diimbau pindah ke daerah-daerah.

"Supaya bisa tumbuh kawasan industri, membangun kota-kota baru di seluruh Indonesia dan mengurangi beban yang terlalu berat di Jabodetabek." terang dia usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Selasa (3/2/2015)/

Sebagai pemanis, insentif yang diinginkan investor harus diberikan. Bentuk insentif yang diberikan, lanjut Setyono, tentunya berbeda-beda setiap daerah.

"Indonesia kan negara yang luas sekali, ada 17 ribu pulau. Kalau insentifnya sama ya pasti milih di Pulau Jawa, atau sekitar Jakarta," katanya.

Sebagai pengusaha yang mengelola kawasan industri, Setyono memahami kesulitan apa saja yang dihadapi para investor yang ingin masuk ke Indonesia.

"Kan selalu permasalahannya kepastian hukum, pengadaan tanah yang beres, sarana-sarana yang lengkap, SDM yang cukup. yang paling bagus kan di Jabodetabek, makanya di Jabodetabek," terang Setyono. (Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.