Sukses

Canggih! Bayar e-Ticket KRL Kini Bisa Pakai Gelang

PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) mengenalkan sistem pembayaran e-ticketing baru dengan menggunakan gelang.

Liputan6.com, Jakarta - PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) pada hari ini mengenalkan sistem pembayaran e-ticketing baru dengan menggunakan gelang.

Dalam pengembangannya, KCJ menggandeng perusahaan ternama asal Jepang yaitu Sony FeliCa. Perusahaan ini adalah produsen kartu untuk tiket elektronik transportasi, kartu identitas dan uang elektronik di Jepang dan sejumlah negara lainnya.

‎"Dengan ini maka kita satu-satunya perusahaan yang mampu menerapkan sistem pembayaran dengan menggunakan banyak model kartu di Indonesia," kata Direktur Utama KCJ, Tri Handoyo di Stasiun Juanda, Jakarta, Selasa (3/2/2015).

Tidak hanya dalam bentuk gelang, kerja sama KCJ dengan Sony FeliCa tersebut juga dalam bentuk kartu layaknya e-money yang dapat diisi ulang.

Apa yang dilakukan menejemen KCJ ini merupakan langkah awal untuk menghadapi persaingan pelayanan para pengguna KRL mengingat kedepan tekhnologi tersebut juga akan digunakan di Mass Rapid Transit (MRT).

‎"Kami akan promosikan gelang khusus tiket ini di Februari secara gratis. Tahap awal 1.000 chips Sony dengan rincian 800 kartu dan 200 berbentuk gelang," tegas Tri.

Apa yang diterapkan KCJ tersebut juga diterapkan oleh operator transportasi kereta di Hong Kong dan di Singapur yang juga mampu membaca berbagai jenis kartu untuk moda pembayaran tiketnya.

Mengenai investasi, Tri mengaku perusahaan tidak mengeluarkan dana untuk melakukan inovasi tersebut mengingat dalam hal produksi gelang dan kartu dilakukan oleh Sony FeliCa.

"Kita di sini hanya upgrade sistem saja, jadi tidak ada investasi untuk ini," tutupnya. (Yas/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.