Sukses

8 Peluang Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Liputan6.com, Jakarta - Membuka usaha yang dapat dikerjakan di rumah adalah cara yang baik bagi ibu rumah tangga untuk menambah pemasukan keluarga. Peluang usaha bagi ibu rumah tangga cukup banyak, bahkan beberapa usaha yang dilakukan di rumah pendapatannya melebihi apa yang diperoleh suami di pekerjaan formal.

Bisnis rumahan untuk ibu rumah tangga ini tidak terlalu memerlukan modal yang besar. Apa yang lebih dibutuhkan adalah motivasi dan kemauan untuk bekerja keras.

Selain itu, bisnis rumahan pun harus sesuai dengan kemampuan dan keahlian ibu rumah tangga. Misalnya, jika ibu rumah tangga memiliki kemampuan tersebut, maka kemampuan tersebut sebenarnya bisa saja mendatangkan uang.

Berikut adalah beberapa contoh peluang usaha yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga seperti yang dikutip dari enterpreneur.com, Rabu (28/1/2015).

2 dari 3 halaman

Penulis freelance hingga katering

1. Penulis Freelance

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kemampuan menulis bisa saja mendatangkan uang. Ibu rumah tangga dapat menulis artikel apapun, tetapi lebih baik untuk menulis subjek yang telah dikuasai. Selain itu, ibu rumah tangga juga dapat membuka jasa penerjemahan. Tentu, bisnis ini memerlukan modal keahlian berbahasa yang cukup mumpuni.

2. Bisnis tanaman

Bisnis tanaman adalah salah satu bisnis yang paling cepat berkembang. Obat herbal dan rempah-rempah dapat Anda jual dan dapat menghasilkan income yang tidak sedikit. Selain itu, Anda juga dapat menjual berbagai jenis bunga. Selain bisa menghasilkan uang, bisnis ini juga dapat mempercantik pekarangan rumah Anda, bukan?

3. Parcel

Parcel akan sangat dibutuhkan orang saat hari raya maupun hari-hari biasa. Karena itulah bisnis parcel menjanjikan untuk dijalankan. Untuk menjalankan bisnis ini, yang Anda butuhkan terutama adalah kreativitas.

4. Katering

Bisnis katering juga menjanjikan keuntungan yang tidak sedikit. Selain makanan berat, Anda juga bisa membuka katering untuk pemesanan makanan lain seperti kue. Tentu, bisnis ini menuntut Anda untuk memiliki kemampuan memasak, kecuali jika Anda mempekerjakan orang lain. Selain berbasis pesanan, Anda juga dapat membuka warung makan di rumah.

3 dari 3 halaman

Membuka les hingga menjadi reseller

5. Membuka tempat les

Banyak orangtua yang tidak memiliki waktu untuk mengajarkan anaknya pelajaran sekolah. Ini adalah peluang Anda. Cobalah untuk membuka tempat les untuk tingkat SD hingga SMA. Dengan membuka les, kemampuan intelektual Anda pun dapat tetap dipertahankan.

6. Jahit

Ibu rumah tangga biasanya memiliki kemampuan menjahit. Keahlian tersebut tentu saja dapat menghasilkan uang. Anda dapat memulai menjajakan jasa Anda kepada para tetangga.

7. Kerajinan tangan

Bisnis ini pada dasarnya menunut Anda sekreatif mungkin. Dari mulai bahan apa yang Anda butuhkan hingga apa yang akan dihasilkan tergantung pada imajinasi Anda. Misalnya, membuat tas daur ulang dari bungkus bekas detergen atau tempat pensil dari kaleng bekas.

8. Reseller barang

Ide usaha lain yang dapat dijalankan adalah menjadi reseller barang-barang. Cara ini cukup mudah, Anda tinggal mencari penjual barang (misalnya untuk ibu rumah tangga, barang yang cocok untuk dijual adalah tas atau perabotan rumah), membuat janji dengannya, lalu Anda tinggal mencari konsumen baru untuk menjual barang tersebut dengan harga yang lebih tinggi daripada yang ditetapkan penjual pertama. 

Loading