Sukses

Mr. Bean Cetak Asuransi Termahal Sepanjang Sejarah Inggris

Liputan6.com, London - Membahas pentingnya asuransi, Anda baru bisa merasakannya saat sakit atau terkena musibah lain yang tidak diharapkan. Begitu pula yang dirasakan Rowan Atkinson, pria yang terkenal lucu karena perannya sebagai Mr Bean itu ternyata salah satu penerima klaim asuransi terbesar di dunia.

Dirinya mencetak sejarah di Inggris saat tahun lalu untuk klaim asuransi mobil termahal yang pernah ada. Padahal Atkinson hanya menderita sedikit luka di punggungnya setelah dia menabrakan mobil mewah McLaren miliknya di pinggiran jalan di Inggris.

Mobil tersebut dibelinya pada 1997 seharga US$ 1,05 juta. Tapi asuransi yang dibayarkan untuk mobil tersebut merupakan yang termahal di Inggris senilai US$ 1,5 juta atau Rp 18,97 miliar (kurs: Rp 12.647 per dolar AS).

Mengapa Atkinson dapat memperoleh pembayaran klaim asuransi termahal di Inggris? Berikut ulasan singkatnya seperti dikutip dari The Richest, Daily Mail, express.co.uk, dan sejumlah sumber lain, Selasa (6/1/2015):

2 dari 4 halaman

Kecelakaan pada 2011

Kecelakaan pada 2011

Komedian yang terkenal karena peran lucunya, Mr. Bean ternyata populer juga dengan koleksi mobilnya. Pada 1997, Atkinson membeli mobil McClaren F1 dengan kecepatan maksimal 240 mil per jam.

Dia membeli mobil tersebut seharga 643 ribu pound sterling pada 1997. Dengan perhitungan saat ini, harganya bahkan dapat mencapai 3 juta pound sterling.

Sayangnya, pria berusia 59 tahun tersebut justru menghancurkan mobilnya sendiri. Kala itu, dia memacu mobilnya dengan kecepatan 368 km/jam. Nahasnya, saat melewati jalan dekat Peterborough, mobil yang dikendarai aktor tersebut selip dan hilang kendali.

Alhasil, kecelakaan pun terjadi, mobil super mahal itu menabrak sebuah pohon. Tidak lama berselang, mobil tersebut mengeluarkan api dari kap mesin dengan sebagian body yang sudah ringsek.

3 dari 4 halaman

Kerusakan mobil

Kerusakan mobil Mr. Bean

Atkinson selamat dari kecelakaan parah tersebut dengan hanya luka ringan di bahunya. Namun kendaraan roda empat yang dikendarainya hancur.

Padahal, mobil tersebut hanya satu dari 64 model serupa yang pernah dibuat di dunia. Sebagian besar bagian belakang mobil hancur sementara mesinnya berantakan.

Tak heran, dibutuhkan waktu hampir satu tahun untuk memperbaiki McLaren F1 milik sang aktor. Bahkan montir resmi dari McLaren turun tangan langsung membuat mobil Mr. Bean mulus kembali.

4 dari 4 halaman

Asuransi termahal

Asuransi termahal di Inggris

Perusahaan asuransinya menghabiskan waktu hampir delapan bulan hanya untuk mempertimbangkan klaim kerusakan mobil tersebut. Namun kemudian, perusahaan yang enggan diungkap identitasnya itu setuju membayar klaim asuransi super mahal tersebut.

Dengan total perbaikan mobil sebesar US$ 1,5 juta atau Rp 18,97 miliar, itu menjadi klaim asuransi termahal di Inggris.

Diperkirakan premi asuransi mobil aktor besar ini akan naik hingga 60 ribu pound sterling per tahun lantaran kecelakaannya yang mahal. Kasus McLaren F1 merupakan kecelakaan supercar-nya yang kedua.

Pada 1999, dia juga pernah mengalami kecelakaan dengan mobil tipe Skoda miliknya. Asuransinya diperkirakan sekitar 2.000 pound sterling per tahun.

Atkinson memang memiliki koleksi mobil yang sangat mengagumkan yaitu Honda NSX, Jaguar Mk7, Aston Martin DB2, vintage Ford Falcon, 1939 BMW 328 dan Rolls-Royce Phantom Coupe. (Sis/Ndw)