Sukses

Medco Energi Resmi Cari Minyak di Oman

Liputan6.com, Jakarta - PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC), melalui anak perusahaannya, Medco Arabia Ltd menandatangani perjanjian kontrak blok Eksplorasi dan Produksi baru di Oman, Blok Oman 56.

Direktur Utama PT Medco Energi Internasional Tbk, Lukman Mahfudz mengatakan, Blok Oman 56  merupakan salah satu area eksplorasi terbesar di Oman dan mempunyai potensi kandungan hidrokarbon yang besar.  Blok ini akan memperkuat posisi Perseroan  di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara, terutama di Oman.

"Saya yakin kesuksesan operasi di KSF dapat diulang kembali di blok Oman 56 ini, mengingat kinerja operasional Perseroan dan juga catatan keselamatan kerja yang baik selama ini,"kata Lukman, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Jumat (21/11/2014)

Lukman menambahkan, akuisisi ini sejalan dengan strategi Perseroan untuk terus memperkuat portofolio aset E&P, melalui antara lain, dengan kegiatan eksplorasi berkualitas tinggi untuk menemukan cadangan-cadangan migas baru sehingga akan terus mendukung pertumbuhan Perusahaan ke depannya.


Oman 56 berada di cekungan hidrokarbon yang produktif, Oman Salt Basin.  Dengan luas area sebesar 5.808 kilometer persegi dan tiga penemuan hidrokarbon yang telah diidentifikasi, blok ini diperkirakan mempunyai kandungan minyak sebesar 370 juta barel minyak oil in place. Enam prospek potensial lainnya juga telah berhasil diketahui sehingga bisa menambah cadangan minyak.
 
Oman 56 ini akan menambah portofolio aset internasional MedcoEnergi dengan aset yang telah ada saat ini di Oman, Libya, Yaman, Tunisia, USA dan Papua Nugini.   PT Medco Energi Internasional telah beroperasi di Oman sejak tahun 2006 sebagai operator Kontrak Jasa lapangan minyak Karim Small Fields (KSF).   Lokasi Oman 56 bersebelahan dengan KSF dan memiliki kesamaan geologi serta keuntungan sinergi operasi dengan KSF ke depannya.

Perjanjian ditandatangani oleh Menteri Minyak dan Gas Oman, Dr. Mohammed bin Hamad Al Rumhy, sebagai wakil Pemerintah Oman, dengan Perseroan beserta mitra lokalnya, yaitu Intaj LLC (Intaj). Dalam konsorsium ini, Perseroan memiliki mayoritas hak partisipasi kepemilikan serta menjadi operator blok Oman 56.  

 

JOKOWI: TAK ADA YANG TAKUTI KECUALI ALLAH DALAM MEMIMPIN

Tutup Video