Sukses

Untuk BBM, BI Dorong Pemerintah Terapkan Sistem Subsidi Tetap

Dengan sistem subsidi tetap, pengendalian inflasi bakal lebih mudah dilakukan oleh BI.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Indonesia (BI) mendorong pemerintah Indonesia untuk menerapkan sistem subsidi tetap untuk Bahan Bakar Minyak (BBM).

Gubernur BI, Agus Martowardojo ‎mengungkapkan, dengan diterapkannya subsidi tetap, maka subsidi energi lebih transparan. Pasalnya, masyarakat menjadi lebih tahu harga BBM sebenarnya.

"‎Memang nanti akan ada dampak terhadap harga BBM, akan sedikit terjadi fluktuasi, tapi itu adalah kondisi dunia dan kami meyakini itu adalah sangat baik bagi masyarakat karena masyarakat menjadi tahu karena ini adalah kondisi yang berkembang di dunia," kata Agus di Gedung Bank Indonesia, Senin (17/11/2014).

terlebih, dikatakan Agus, akan lebih baik jika rencana penyesuaian harga BBM bersubsidi dikolaborasikan dengan sistem pengelolaan subsidi secara tetap tersebut.

‎Tidak hanya itu, dengan sistem subsidi tetap tersebut BI mengaku pengendalian inflasi lebih mudah dilakukan dan secara tidak langsung akan menjaga daya beli masyarakat Indonesia.

‎"Jadi kami memahami pemerintah sedang melakukan kajian yang lengkap, kami merekomendasikan adanya suatu pengelolaan subsidi energi yang penyelesaiannya struktural, itu akan baik sekali," papar Agus.

Dengan pengelolaan subsidi energi secara tetap khususnya kepada BBM tersebut‎ dijelaskan Mantan Menteri Keuangan itu juga akan membantu mewujudkan cita-cita BI untuk mengendalikan angka inflasi di kisaran 3,5 persen di 2019. (Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.