Sukses

Kemenhub Siapkan Rp 30 Miliar Bangun Bandara di Dekat Raja Ampat

Kemenhub siapkan dana Rp 30 miliar untuk membangun Bandara Werur di Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan anggaran Rp 30 miliar untuk membangun Bandar Udara (Bandara) Werur di Kabupaten Tambrauw, Provinsi Papua Barat. Dana itu berasal dari Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara (APBN) 2015.

Sekretaris Jenderal selaku Plt Dirjen Perhubungan Udara Santoso Eddy Wibowo mengatakan, alokasi tersebut merupakan tahap pertama untuk pembangunan bandara yang berada di dekat Raja Ampat tersebut.

"Anggaran dari APBN Rp 30 miliar untuk tahap pertama pakai APBN 2015. Untuk sisi udara, yaitu runway dan taxiway dan aircraft," kata dia di Jakarta, Senin (22/9/2014).

Dia menerangkan, peletakan batu pertama proyek itu akan dimulai pada tahun depan. Paling cepat, kontruksi bandara seluas 200 hektare ini memakan waktu tiga tahun.

"Baru mulai bangun tahun depan, selesai tiga tahun paling cepat. Tanahnya masih kami coba cek. Pembangunan diawali dengan MoU, lalu Amdalnya," tuturnya.

Kemenhub terus mengejar pengembangan bandar udara di seluruh Indonesia. Kata Eddy, Kemenhub mengalokasikan dana sebesar Rp 6,25 triliun untuk pengembangan tersebut.

Tak hanya Bandara Werur, untuk Papua Barat Kemenhub juga sedang mengembangkan bandara Segun di wilayah Sorong.

"Werur terus Segun di Sorong. Akan dikembangkan sekarang juga. Dananya sekitar Rp 20 miliar, sudah pengerjaan tanah," tandas dia. (Amd/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini