Sukses

Sempat Terganggu, Pasokan Listrik di Thamrin Normal Kembali

PLN memasang trafo mobile 30 MVA di Gardu Induk Karet Baru untuk memperkecil wilayah padam.

Liputan6.com, Jakarta - Pasokan listrik kepada pelanggan PT PLN (Persero) di wilayah Jakarta Pusat Khususnya daerah Thamrin telah kembali normal. Sebelumnya, pasokan listrik di daerah tersebut sempat terganggu akibat galian tanpa izin.

Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang, Roxy Swagerino menjelaskan, pada Jumat (22/8/2014) telah terjadi gangguan pada Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) Kebon Jeruk–Karet Baru akibat galian tanpa ijin di Kemanggisan.

Gangguan di SKTT tersebut mengakibatkan beberapa daerah di Jakarta mengalami penghentian aliran listrik sementara.

Pada pukul 13.00 WIB seluruh pasokan listrik ke pelanggan umum tegangan rendah sudah normal kembali dengan usaha manuver jaringan listrik yaitu memasang jumper 150 Kv dan 20 KV.

"Selain manuver jaringan, kami juga memasang trafo mobile 30 MVA di Gardu Induk Karet Baru untuk memperkecil wilayah padam," jelasnya seperti tertulis dalam siaran pers, Minggu (24/8/2014).

Namun memang, tidak semua pasokan listrik ke pelanggan langsung normal pada saat itu. Ada beberapa pelanggan khusus di daerah Thamrin menggunakan gensetnya masing-masing karena pasokan ke pelanggan tersebut masih mengalami gangguan.

Oleh sebab itu, PLN pun berupaya memperbaiki titik gangguan di sekitar Kemanggisan juga dilakukan PLN siang dan malam, mulai dari penggalian, jointing, vacum, penggantian material dan pengujian beban hingga jaringan tersebut dapat mengalirkan beban listrik secara sempurna.

Dengan manuver jaringan dan pemasangan trafo mobil, PLN melakukan penormalan pasokan listrik ke beberapa pelanggan khusus secara bertahap.

Akhirnya, pada hari Minggu (24/8/2014), Pukul 09.45 WIB seluruh pasokan listrik ke pelanggan khusus tersebut sudah normal kembali. (Pew/Gdn)



*Bagi Anda yang ingin mengikuti simulasi tes CPNS dengan sistem CAT online, Anda bisa mengaksesnya di Liputan6.com melalui simulasicat.liputan6.com. Selamat mencoba!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini