Sukses

100 Pelaku Industri Pamer Karya Tradisional di Festival Creative

BNI telah menyalurkan pembiayaan usaha mencapai Rp 31,49 miliar untuk 27 Kampoeng BNI yang tersebar di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus mengapresiasi karya para pelaku industri kreatif lokal sebagai penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Dukungan juga diberikan pihak perbankan untuk memajukan bisnisnya.

Salah satunya adalah penyelenggaraan Festival Creative (Fesra) 2014. Sebuah ahang untuk memberikan apresiasi kepada tokoh yang selama ini menggeluti industri kreatif di Tanah Air.

PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) mendukung penuh gelaran festival kali pertama ini dan menyokong lebih dari 100 pelaku industri kreatif untuk memamerkan produk dan karya seninya.

"Kami membuka luas ruang bagi ekonomi kreatif untuk terus berkembang di Indonesia. Mendorong produk derivatif dari hasil pemikiran dan karya tradisional, seperti batik, tenun, perhiasan, keramik hingga kuliner asli negara ini," jelas Direktur Utama BNI, Gatot M Suwondo dalam keterangan resminya di Jakarta, Minggu (13/7/2014).   

Berlangsung sejak 11-14 Juli di JCC dengan tema Harmoni Tanpa Batas Dalam Bentuk dan Corak, Fesra 2014 dibuka oleh Ibu Negara Ani Bambang Yudhoyono. Pameran ini menyajikan ratusan produk kerajinan dari berbagai daerah di Indonesia.

Hadir pula dalam pembukaan, antara lain, Ketua Umum Dekranas Herawati Boediono, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pengestu. Adapula Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan, Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin, dan Gatot M Suwondo.

"Sejak pelaku usaha baru memulai bisnisnya, kami memberikan bantuan pembiayaan Program Kemitraan. Setiap mitra binaan yang sukses mengembangkan usahanya diberi pembiayaan yang lebih besar lain yaitu melalui mekanisme Kredit Usaha Rakyat dan BNI Wira Usaha," tambah Gatot.

Dalam Fesra ini, perbankan pelat merah itu memboyong 12 mitra binaan yang mendapatkan bantuan Program Kemitraan. Mitra Binaan tersebut adalah Puspa Cookies, Jelita Galerry, Fief Batik, Selada, Zvovys Toys, Jessy Batik, Artha Batik, Toko Tradisional, Pecel Bu Suryo, Fems Corner, Rosy Batik, dan Fifi Collection.

Saat ini, BNI telah mengembangkan 27 Kampoeng BNI tersebar di seluruh Indonesia dengan total pembiayaan usaha sebesar Rp 31,49 miliar dengan 1.654 mitra yang dibiayai. (Fik/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini