Sukses

Jalan Bertingkat Jadi Solusi Atasi Macet di Jakarta

Mantan Menteri Tenaga Kerja, Erman Suparno menuturkan, masalah utama macet jumlah kendaraan lebih besar sehingga perlu tambahan jalan.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menteri Tenaga Kerja Transmigrasi Erman Suparno memiliki solusi untuk mengatasi kemacetan yang terus menghantui Jakarta.

Erman mengatakan, masalah macet  di Jakarta dapat diselesaikan dengan pembangunan jalan bertingkat dengan begitu volume jalan dan kendaraan akan sesuai.

"Masalah utama jumlah kendaraan lebih besar dari volume jalan solusinya menambah volume jalan," kata Erman, usai menghadiri diskusi di kawasan Cikini Jakarta, Jumat (20/6/2014).

Erman menambahkan, jalan bertingkat juga bukan hanya menyelesaikan permasalahan kemacetan Jakarta. Akan tetapi juga bisa menghindari banjir yang kerap menggenangi jalan. Pasalnya banjir yang menimpa Jakarta diakibatkan kondisi georafis yang rendah.

"Kalau permasalahan di Jakarta macet banjiri pemukiman. Bicara masalah macet, di Jakarta letaknya rendah dengan Bogor di bawah (laut) rob naik. Untuk mengatasi jaringan jalan di Jakarta pakai jalan bertingkat," ungkapnya.

Ia mengungkapkan, jika ingin membangun infrastruktur tersebut harus dikonsep dengan baik. Sedangkan solusi lain seperti jalan bawah tanah Subway kurang cocok untuk Jakarta. Pasalnya, akan terganggu oleh air tanah yang tinggi.

"Kalau di Jakarta subway air tanahnya tinggi, nggak apa bangun jalan bertingkat, tapi harus dikonsep. Jalan dibangun seperti sarang laba-laba, jadi ring road," pungkasnya. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini