Sukses

Cari Barang Kerajinan? Yuk ke Pameran Produk Unggulan dari Bantul

Kementerian Perindustrian menggelar pameran produk unggulan kabupaten Bantul mulai 15-17 April 2014 di gedung Kemenperin.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyelenggarakan Pameran Produk Unggulan Kabupaten Bantul di Plaza Pameran Industri, Gedung Kemenperin, Jakarta Selatan. Pameran ini berlangsung selama tiga hari mulai 15-17 April 2014 mulai pukul 09.00-17.00 WIB.

Pameran ini diikuti oleh 48 pengrajin industri kecil menengah (IKM) yang menampilkan berbagai macam produk seperti kain tenun, batik, furnitur, alat rumah tangga, pakaian, perhiasan logam, makanan ringan dan lain-lain.

Menteri Perindustrian, MS Hidayat mengatakan ekspor terbesar provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berasal dari Kabupetan Bantul dengan porsi mencapai 80%.

"Negara tujuan ekspor di antaranya Spanyol, Afrika dan Belanda," ujar Hidayat saat memberikan sambutan pada pembukaan pameran tersebut di Plaza Pameran Industri, Gedung Kemenperin, Jakarta Selatan, Selasa (15/4/2014).

Berdasarkan data rekapitulasi Kabupaten Bantul, terdapat sekitar 108 unit usaha kerajinan di kabupaten tersebut. "Jenis industrinya meliputi industri logam mulia, industri kimia, aneka industri, industri hasil pertanian dan kehutanan," lanjutnya.

Hidayat berharap dengan adanya pameran ini dapat menjadi fasilitas dan promosi produk-produk unggulan khas daerah khusunya bagi produk IKM di Kabupaten Bantul.

Selain itu, diharapkan para IKM dapat lebuih berinovasi dengan sumber daya alam yang ada untuk menghasilkan produk dengan nilai tambah tinggi agar dapat bersaing pada ASEAN Economy Community (AEC) 2015.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.