Sukses

Mengintip Kecanggihan dan Kemewahan Pesawat Kepresidenan RI

Kado istimewa untuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akhirnya tiba juga di Indonesia, pesawat kepresidenan Boeing Business Jet 2

Liputan6.com, New York - Kado istimewa untuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang sempat tertunda sejak tahun lalu akhirnya tiba juga di Indonesia, pesawat kepresidenan jenis Boeing Business Jet 2 (BBJ2). Pesawat kepresidenan itu siap mengantarkan SBY dalam mengemban tugas negara baik ke dalam maupun luar negeri.

Seperti dikutip dari Jet Advisor, Kamis (10/4/2014), BBJ merupakan produk hasil usaha patungan Boeing dengan General Electric (GE). Usaha patungan itu memang sengaja dibentuk demi menciptakan pesawat dengan performa unggul seperti yang kini diterima Indonesia.

BBJ yang pertama kali diproduksi berhasil mengundang decak kagum para pelanggan dan sejumlah manufaktur mengingat hasil penjualannya yang jauh melampaui ekspektasi. Dikenalkan pada 2012, pesawat berbadan panjang, BBJ2 memiliki ruang interior yang berukuran 25% lebih luas dengan kapasitas bagasi ganda.

Pesawat yang juga dikenal sebagai generasi 737-800 ini memang berukuran 19,2 kaki lebih panjang dibandingkan jenis 737 yang telah sukses sebelumnya.

Mampu bepergian dengan ukuran yang besar, BBJ2 memiliki tenaga kuda yang tangguh. Pesawat megah itu digerakkan dua mesin turbofan General Electric/Snecma (CFMI) CFM56-7. Masing-masing mesin tercatat bertenaga 27.300 lbs.

Pesawat tersebut dapat melaju sejauh 5.750 mil laut dengan kecepatan Mach 0,82.

Kokpit BBJ2 dilengkap dengan sistem avionik digital Honeywell dengan tiga ORS dan komputer pendataan penerbangan ganda. Panel pesawat diletakkan di tengah enam monitor LCD EFIS berukuran besar.

Kokpit canggih BBJ2 juga dilengkapi FMS ganda, Rockwell Collins Series 900 VHF comm/nav ganda dengan DME, HF comms, ADF, GPS, MLS dan radar cuaca tipe WXR-700X weather radar. Salah satu model terbaru Flight Dynamics HGS 2000 HUD juga melengkapi kemewahan pesawat tersebut.

 

 

Dirancang demi menjaga kenyamanan penumpangnya, BBJ2 sangat mirip dengan B737. Keduanya sama-sama memiliki sayap rendah, mesin yang diletakkan di bawah sayap dan pendaratan yang sempurna di gigi tiga.

Pesawat itu juga mampu menempuh jarak yang sangat jauh mengingat BBJ2 dilengkapi sembilan tangki bahan bakar tambahan.

Kabin BBJ2 dapat menampung 60 penumpang dengan konfigurasi yang luas. Meski demikian, kabin pesawat dioptimalkan hanya untuk delapan penumpang dan memberinya ruang lebih luas.

Berbicara soal desain interior BBJ2, tak diragukan lagi, para penumpang bisa langsung merasakan kemewahannya. Desain interior yang megah dan mewah juga menjadi bagian dari tingginya harga BBJ2.

Maklum, salah satu fitur pesawat tersebut adalah ruang pertemuan yang unik dan lengkap. Di dalamnya, para penumpang juga dapat menggunakan kamar mandi berukuran besar lengkap dengan shower.

Tak hanya itu, kamar lengkap dengan tempat tidurnya juga disiapkan guna menjamin kenyamanan tidur penumpang. Bepergian menggunakan BBJ2 bagaikan membeli apartemen pribadi.

BBJ2 juga menawarkan kecepatan dan sistem operasi yang berasing. Pesawat berbadan panjang ini sangat cocok untuk para pengusaha yang mendambakan perjalanan produktif dengan ruang kerja di dalamnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini