Sukses

Pemda Sumsel Harap Proyek Jalan Tol Trans Sumatra Berjalan

Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin mengharapkan pemerintah pusat dapat merealisasikan proyek jalan tol trans Sumatra.

Liputan6.com, Palembang Gubernur Sumatra Selatan, Alex Noerdin mengharapkan pemerintah pusat dapat merealisasikan proyek jalan tol trans Sumatra. Saat ini anggaran pembangunan jalan tol trans Sumatra masih terus menjadi pembahasan.


"Saya heran kenapa Pemerintah Pusat tidak menganggarkan pembangunan jalan itu pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2014. Padahal sudah ada dana, kan Menko Perekonomian sebelumnya sudah menyiapkan dananya," kata Alex kepada Liputan6.com, Kamis (26/2/2014).


Alex merasa gerah dengan anggaran pembangunan jalan tol trans Sumatra masih saja kurang. Ia menilai, alokasi anggaran dananya sudah jelas.


Adapun total dana yang disiapkan untuk jalan tol trans Sumatra itu sebesar Rp 5 triliun. Alokasi dana yang dianggarkan sekitar Rp 2 triliun pada 2013. Sementara itu, dana Rp 3 triliun dalam bentuk penyertaan modal di PT Hutama Karya.


Alex mengatakan, anggaran pembebasan lahan pun sudah disiapkan dari pemerintah provinsi Sumatra Selatan. Ia pun mengaku, anggaran itu dapat langsung dibayarkan. "APBD sudah disiapkan waktu itu, jadi jangan ngomong di koran saja deh, capek," tegas Alex.


Sebelumnya, Pemerintah berencana membangun jalan tol trans Sumatra yang menghubungkan Lampung hingga Aceh sepanjang 2.771 Kilometer. Saat ini pemerintah masih menunggu penerbitan peraturan presiden mengenai penunjukan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang akan mengerjakan proyek tersebut. (Ajeng Resti)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini