Sukses

Indonesia Siapkan Panggung Spektakuler di Pembukaan Asian Games 2018

Pembukaan Asian Games 2018 akan digelar pada 18 Agustus 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Perhelatan akbar Asian Games 2018 tinggal menghitung hari. Indonesia, sebagai tuan rumah gelaran olahraga multicabang ini pun terus bersiap agar ajang yang akan disiarkan live dan eksklusif di Grup Emtek ini berjalan lancar dan sukses.

Salah satunya adalah dengan menyiapkan panggung spektakuler pada acara pembukaan Asian Games 2018 yang akan digelar pada 18 Agustus 2018. Acara pembukaan yang akan dilaksanakan di Stadion Gelora Bung Tomo ini menampilkan konsep keindahan alam dan keragaman budaya asli Indonesia.

Di panggung, nantinya akan berbentuk sebuah gunung yang indah ini diisi lebih dari 12.775 tanaman dan bunga. Luasnya lebih dari 1.350 meter persegi serta mengalir air terjun yang dialiri 140.000 liter air. Panggung ini akan membentang 3.000 meter persegi dengan rumput hijau yang mempercantik keindahannya.

Berat panggung ini total mencapai 600 ton, dengan ukuran panjang 135 meter, lebar 30 meter, dan tinggi 26 meter. Ini merupakan salah satu panggung terbesar dan tertinggi yang pernah ada dalam upacara pembukaan acara sejenis.

“Sangat penting bagi kami menampilkan keindahan alam dan keragaman budaya Indonesia di acara pembukaan Asian Games 2018. Ini untuk memperkuat rasa bangga dan cinta kita terhadap bangsa dan negeri ini," ujar Wishnutama, Creative Director upacara pembukaan Asian Games 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Teknologi Mumpuni

Tak hanya itu, konsep di atas juga diperkuat dengan teknologi proyektor dan pencahayaan yang mumpuni. Ini akan membuat semuanya menjadi lebih indah dilihat.

Kemudian, dibangun terowongan tersembunyi sepanjang kurang lebih 50 meter. Tujuannya agar para pengisi acara nantinya dapat melakukan pergerakan di seluruh area panggung.

3 dari 3 halaman

Karya Anak Bangsa

Yang membanggakan, kemegahan panggung ini merupakan hasil karya 350 orang anak bangsa. Saat ini, panggung berbentuk gunung tersebut saat ini masih dalam pengerjaan.

Diperkirakan, pengerjaan panggung ini memakan waktu tiga bulan.

Panggung itu sendiri terdiri dari 175 bagian yang dibuat secara manual. Para pengrajin yang terlibat berasal dari Bandung dan Jakarta.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.