Sandiaga Uno Bahas Seni dan Ekonomi Kreatif, Bangga Kuliner Indonesia Peringkat ke-3 Dunia Setelah Korea

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatof RI, Sandiaga Uno, membeberkan kontribusi ekonomi kreatif termasuk pekerja seni terhadap negara. Apa katanya?

oleh Wayan Diananto diperbarui 27 Nov 2022, 11:31 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatof RI, Sandiaga Uno. (Foto: Dok. Instagram @sandiuno)

Liputan6.com, Jakarta Sandiaga Uno baru-baru ini membahas kontribusi dunia seni dan ekonomi kreatif terhadap negara. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI itu berterima kasih kepada pekerja seni termasuk industri mode juga kuliner.

Kontribusi sektor ekonomi kreatif pada 2021 tak main-main, yakni mencapai 1.300 triliun rupiah atau sekitar 7,5 persen dari keseluruhan produk domestik bruto atau PDB nasional.

“Dan Indonesia berada di peringkat ketiga pusat kuliner dunia setelah Korea yang sudah terkenal dengan beberapa makanan unggulannya salah satunya bulgogi dan juga galbi,” kata Sandiaga Uno.

Ia menyampaikan ini dalam konferensi pers virtual “Mondelez Dukung UMKM Kuliner Berkelas Karena Kualitas,” pekan ini. Sandiaga Uno lantas membahas posisi kuliner Indonesia.

 

2 dari 4 halaman

Perkara Ayam Penyet

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatof RI, Sandiaga Uno. (Foto: Dok. Instagram @sandiuno)

“Lalu AS dengan Kenthucky Fried Chicken, Indonesia telah merangsek menjadi tiga besar dunia. Kalau mereka punya KFC, kita punya ayam geprek. Kalau mereka punya piza, kita punya gado-gado,” ia mengulas.

Tiga subsektor unggulan Indonesia salah satunya adalah kuliner dengan kontribusi tak kurang dari 42 persen. Karenanya Sandiaga Uno menyambut hangat kala kuliner diangkat ke film layar lebar maupun ramai di bahas di medsos.

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

3 dari 4 halaman

Mukbang Seru Banget

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatof RI, Sandiaga Uno. (Foto: Dok. Mondelez Indonesia)

“Kami sangat mendukung Mondelez Indonesia bersama para partner GrabFood, sahabat UMKM, teman saya Mgdalenaf. Aduh, ini kalau melihat dia lagi mukbang seru banget,” Sandiaga Uno menyambung.

Dalam kesempatan itu, President Director Mondelez Indonesia, Parveen Dalal, menjelaskan, semangat “berkelas karena kualitas” yang dipilih sebagai tema besar program Dukung UMKM Kuliner tahun ini didasari hasil survei The State of Snacking 2021.

“Survei dari Mondelez International itu menyebut, konsumen makin selektif memilih camilan sehingga membuat persaingan di industri kuliner kian ketat. Ini memberi tantangan baru bagi pelaku UMKM kuliner,” urainya.

 

4 dari 4 halaman

3 Si

Sandiaga Uno dalam konferensi pers virtual “Mondelez Dukung UMKM Kuliner Berkelas Karena Kualitas,” November 2022. (Foto: Dok. Mondelez Indonesia)

Hampir 3 bulan penyelenggaraan, program #DukungUMKMKuliner diikuti lebih dari 700 peserta dari seluruh Indonesia. Program ini dibagi tiga segmen besar yakni, pelatihan yang memberi berbagai tips kreatif, kompetisi bisnis dan jumpa pers sekaligus pengumuman pemenang.

“Tiga kategori kompetisi ini adalah menu, kemasan, dan promosi penjualan terbaik. Saya ingin mengingatkan ‘3 Si’ yakni inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Lalu, 3G yakni gercep (gerak cepat), geber (gerak bersama) dan Gaspol (garap semua potensi online),” pungkas Sandiaga.

 

Infografis jejak seni grafiti di Indonesia (Liputan6.com/Abdillah)

Rekomendasi

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya