Sukses

Kantor Sekretariat Lembaga Audit ASEAN Resmi Berdiri

Ketua BPK RI Moermahadi Soerja Djanegara mengatakan pihaknya akan memfasilitasi pelaksanaan semua kegiatan ASEANSAI.

Liputan6.com, Jakarta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI meresmikan ASEAN Supreme Audit Institutions (ASEANSAI) Secretariat Office. Hal ini merupakan kelanjutan dari penetapan BPK RI sebagai Sekretariat ASEANSAI periode 2018-2023 pada ASEANSAI Summit ke empat yang berlangsung di Laos, November 2017 lalu.

Ketua BPK RI Moermahadi Soerja Djanegara mengatakan pihaknya akan memfasilitasi pelaksanaan semua kegiatan ASEANSAI, serta menjembatani kerja sama antara ASEANSAI dengan stakeholders dan lembaga donor.

"Kami juga akan mendukung negara-negara ASEAN dalam meningkatkan peran perangkat pemerintahan untuk mewujudkan kemakmuran rakyat," kata Moermahadi di Kantor Pusat BPK RI, Jakarta, Senin, (2/4).

Dia menambahkan, ASEANSAI juga akan menyelenggarakan Seminar on Sustainable Development Goals (SDGs), untuk meningkatkan awareness pada Pimpinan lembaga pemeriksa (SAI) atas pentingnya SDGs dalam mendorong transparansi, akuntabilitas, dan antikorupsi.

"Sebagai lembaga pemeriksa, kita perlu merekomendasikan implementasi dari 17 tujuan SDGs. Pada masing-masing tujuan tersebut, kita harus menghubungkan dampak suatu proyek dengan pendekatan pemerintah dan masyarakat, seperti dampak ekonomi, sosial, dan lingkungan dalam tahap perencanaan, agar dalam tahapan implementasi dapat terus berkesinambungan," imbuhnya.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh President of State Audit Organization of Lao PDR, Viengthong Siphandone, para Ketua lembaga pemeriksa anggota ASEANSAI, serta Pimpinan BPK RI.

Sumber: Merdeka.com

Reporter: Dwi Aditya Putra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini