Sukses

Sosok Minggu Ini: Mariam, Mantan TKI yang Peduli Nasib Sesama

Liputan6.com, Wonosobo - Keceriaan anak-anak Desa Limpursari, Leksono, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah ini menjadi pembakar semangat. Mereka bebas membaca ribuan buku di rumah baca Istana Rumbia yang didirikan Siti Mariam Gozali, seorang mantan TKI.

Tak sekedar membaca, Istana Rumbia juga menjadi tempat pelatihan para mantan TKI yang ingin merintis usaha kecil. Saat ini tak kurang dari 320 mantan TKI di Wonosobo berhasil diberdayakan.

Beragam keterampilan juga diajarkan di sini. Salah satunya membatik, dengan harapan bisa menambah penghasilan bagi keluarga mantan TKI yang kehilangan sumber penghasilan setelah tiba di Tanah Air.

Siti Mariam bukanlah seperti mantan TKI kebanyakan, di Wonosobo ia sukses memiliki usaha makanan kecil yang kaya inovasi.

Menjadi TKI bukanlah cita-citanya. Keterpaksaan pascaterbakarnya kios tempat ia mencari nafkah membawa Mariam 6 tahun bekerja di Taiwan dan Hongkong.

Pahit-manis pengalaman di negeri orang juga dituangkannya dalam bentuk tulisan. Setibanya di Tanah Air, Mariam mulai meramu bait demi bait tulisan.

Usaha wanita bernama pena Maria Bo Niok ini pun berbuah manis. Tak kurang dari 6 judul bukunya berhasil diterbitkan, di antaranya kumpulan cerpen bertajuk Geliat Sang Kung Yan dan novel Ranting Sakura.

Wanita kelahiran 1 Januari 1966 ini tak hanya peduli dengan mantan TKI. Bersama Migrant Care dan Muiwo, sebagai ketua kelompok ex buruh migran se-Wonosobo, Mariam ambil bagian dalam membuat rancangan perda perlindungan buruh migran.

Saksikan kisah Mariam selengkapnya dalam Sosok Minggu Ini yang ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Minggu (2/8/2015), di bawah ini. (Nda/Yus)