Sukses

Aksi Galang Dana Kemanusiaan di Berbagai Daerah untuk Rohingya

Aksi penggalangan dana untuk Rohingya dilakukan masyarakat Ambon dan anak-anak sekolah di Solo.

Liputan6.com, Ambon - Penggalangan dana kemanusiaan dilakukan warga muslim Maluku yang tergabung dalam Syam Organizer di depan Masjid Raya Kota Ambon. Sambil membawa sebuah kotak, mereka mengajak warga Kota Ambon untuk menyisihkan sejumlah uang membantu para pengungsi Rohingya.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Minggu (24/5/2015), penggalangan dana akan dilakukan selama 3 hari dan dana yang terkumpul akan disalurkan langsung ke Posko Pengungsi Rohingya di Aceh pada Selasa 26 Mei 2015 mendatang.

Terdampar di Aceh sejak 14 Mei 2015 lalu, nasib ratusan pengungsi Rohingya kini mulai mendapatkan kejelasan. Sejumlah menteri luar negeri dari beberapa negara mengadakan pertemuan guna membahas sejumlah kemungkinan terkait nasib kaum Rohingya. Hasilnya, Indonesia akan menyediakan tempat penampungan resmi selama 1 tahun.

Sementara itu, aksi solidaritas terhadap pengungsi Rohingya terjadi di Tanah Air. Tak hanya di Kota Ambon, di Solo, Jawa Tengah siswa-siswi dari SD Islam Al Fatah menggelar aksi peduli Rohingya. Mereka bahkan menyisihkan uang saku untuk disumbangkan bagi kebutuhan anak-anak pengungsi Rohingya.

Sebelumnya, ribuan pengungsi Rohingnya kabur meninggalkan Myanmar karena konflik etnis di negara tersebut. Dalam 3 tahun terakhir, sebanyak 280 orang dibunuh dan 140 ribu orang di usir dari Myanmar. Mereka juga sempat ditolak sejumlah negara seperti Thailand, Malaysia, dan Filipina. (Vra/Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.