Sukses

Gubernur Ajak Warga Aceh di Jakarta Bantu Pengungsi Rohingya

Gubernur Zaini mengatakan, Pemerintah Aceh telah melakukan berbagai penanganan dan menyalurkan bantuan untuk membantu muslim Rohingya.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Aceh Zaini Abdullah mengajak seluruh warga Aceh se-Jabodetabek ikut berpartisipasi dalam membantu para pengungsi muslim Rohingya yang terdampar di Serambi Mekah.

"Kami berharap semua kita dapat berpartisipasi untuk membantu saudara-saudara kita dari Myanmar dan Bangladesh," ucap Gubernur Zaini di sela-sela pertemuan Pemerintah Aceh dengan masyarakat Aceh se-Jabodetabek di Jakarta, Sabtu (23/5/2015).

Ia mengajak semua masyarakat Aceh di perantauan untuk membangun rasa solidaritas sesama muslim dengan menyalurkan bantuan kepada pengungsi Rohingya yang terdampar di Aceh.

"Jika ada zakat, sedekah atau bantuan lainnya dapat dikirimkan kepada saudara-saudara kita," urai dia

Gubernur Zaini mengatakan, Pemerintah Aceh telah melakukan berbagai penanganan dan menyalurkan bantuan untuk membantu muslim Rohingya yang terdampar di wilayah ujung barat Indonesia tersebut.

"Pemerintah Aceh bersama masyarakat terus bekerja optimal dalam memberikan penanganan terhadap pengungsi Rohingya," ujar Zaini.

Data Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) menyebutkan saat ini jumlah pengungsi muslim Rohingya dari Bangladesh dan Myanmar yang ada di Aceh berjumlah 1.722 jiwa.

Adapun jumlah pengungsi itu terdiri dari 1.239 jiwa laki-laki, 244 jiwa perempuan dan 238 jiwa anak-anak. Pengungsi tersebut terdampar di perairan provinsi ujung paling barat Indonesia itu pada 10, 15, 16, dan 20 Mei 2015.

Saat ini imigran asal Rohingya sudah ditempatkan di tempat pengungsian yang tersebar di 4 daerah. Yaitu 560 jiwa di Kabupaten Aceh Utara, 47 jiwa di Kabupaten Aceh Tamiang, 682 jiwa di Kota Langsa, dan 433 jiwa di Kabupaten Aceh Timur. (Ant/Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini