Sukses

Windows Phone Mulai Meningkat, BlackBerry Masih Berkuasa

Angka pertumbuhan perangkat Windows Phone naik cukup signifikan. Windows Phone tumbuh paling besar tahun ini dengan angka sekitar 130%.

Windows Phone memang lahir dari raksasa pembuat sistem operasi komputer, Microsoft. Namun, perangkat berbasis Windows Phone selama ini masih kalah jauh ketimbang sistem operasi lain seperti Android dari Google maupun iOS dari Apple.

Belakangan ini, sistem operasi mobile Microsoft itu mulai memperlihatkan kekuatannya di pasar gadget. Angka pertumbuhan perangkat berbasis platform yang akrab disapa WP itu dilaporkan tumbuh cukup signifikan.

"Windows Phone tumbuh paling besar tahun ini dengan angka sekitar 130%," kata Arief Pradetya, Division Head Device Bundling & Customization Strategy Telkomsel dalam obrolan santai bersama tim Tekno Liputan6.com.

Arief mengungkapkan, hingga Oktober 2013 Telkomsel memiliki lebih dari 19,5 juta pengguna smartphone di jaringannya. Secara rinci jika dilihat berdasarkan sistem operasinya, Symbian memiliki porsi sekitar 5,9 juta, BlackBerry 8,95 juta, Android 4 juta, iPhone 540 ribu dan Windows Phone sebanyak 131 ribu unit.

"WP masih paling sedikit sih, tapi secara pertumbuhan Windows Phone paling tinggi. Tapi kalau dilihat dari jumlahnya pas awal tahun ini peningkatannya besar, awal tahun penggunanya di Telkomsel masih berkisar di 57 ribuan," imbuhnya.

Arief pun memprediksi angka pertumbuhan pengguna smartphone Windows Phone masih akan naik pada tahun depan. Kehadiran prosesor murah bakalan mempengaruhi jumlah adopsi perangkat berbasis sistem operasi mobile buatan Microsoft tersebut.

"Windows Phone secara sistem masih butuh prosesor yang agak tinggi jadi masih agak mahal. Tapi nantinya kan kemungkinan prosesor juga kemungkinan akan lebih murah, jadi smartphone WP ikut murah dan mungkin lebih diminati," tandasnya.

(den/dew)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini