Sukses

Apple Boyong Fitur Battery Health ke iPad Pro dan iPad Air 2024

Apple akam hadirkan fitur Battery Health di dia iPad Terbaru, apa saja fungsinya?

Liputan6.com, Jakarta - Lewat acara bertajuk Let Loose, Apple baru-baru ini meluncurkan jajaran iPad Air dan iPad Pro terbaru mereka. Tablet tersebut menawarkan performa yang lebih ngebut dengan chipset terbaru.

Setelah pembaruan iPadOS 17.5 beberapa waktu lalu, Apple telah memperkenalkan fitur yang sangat dinantikan untuk iPad baru ini, yaitu Battery Health.

Fitur ini sangat akrab didengar oleh pengguna iPhone. Pasalnya, Battery Health memberikan informasi mengenai kesehatan baterai iPhone dan menawarkan cara yang dapat dilakukan pengguna untuk mengoptimalkan umur baterai. 

Kini, fitur Battery Health akan mendarat di lini iPad Air dan iPad Pro 2024.

Sebagai informasi, baterai litium-ion, merupakan jenis baterai yang paling sering dipakai untik memberi daya pada sebagian besar perangkat elektronik modern, termasuk iPad Pro dan iPad Air.

Seiring berjalannya waktu, lithium-ion akan mengalami penurunan kualitas. Penurunan ini terlihat dari jatuhnya presentase pada kapasitas maksimum baterai, sehingga mempersingkat waktu penggunaan antar pengisian daya.

Dengan adanya Battery Health, pengguna iPad Pro dan iPad Air akan dapat melihat presentase kapasitas maksimal di baterai perangkat dan dapat melacak jumlah siklus pengisi daya baterai.

Tak hanya itu, menu Battery Health di iPad terbaru juga memperkenalkan fitur 80 persen Charge Limit. Saat fitur ini diaktifkan, sistem secara otomatis menghentikan pengisian daya iPad di kapasitas 80 persen. 

Dikutip dari Gizchina, Kamis (16/5/2024), penelitian menunjukkan bahwa membatasi siklus pengisian daya, terutama pada persentase yang lebih tinggi, dapat memperpanjang umur baterai secara signifikan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Semua Lini iPad Dapat Fitur Ini

Meskipun penyertaan menu Battery Health pada iPad terbaru disambut baik pengguna, fitur ini tidak tersedia di iPad keluaran lama, setidaknya hingga artikel ini dibuat. 

Banyak pengguna iPad lama, terutama mereka yang merawat perangkatnya dengan cermat, tidak memiliki akses ke informasi dan fitur optimalisasi baterai ini.

Keputusan Apple untuk membatasi fungsi ini pada iPad baru telah memicu pro-kontra di komunitas teknologi. 

Pengguna yang mengkritik keputusan ini berpendapat bahwa informasi kesehatan baterai dan fitur pengoptimalan sangat penting untuk memaksimalkan masa pakai semua iPad, apa pun generasinya.  

Mereka menganjurkan pembaruan perangkat lunak yang memberikan akses ke menu Battery Health di iPad model lama.

3 dari 4 halaman

Apple Perkenalkan Chip M4, Hadirkan Kekuatan AI dan Performa ala Konsol Game di iPad Pro 2024

Sementara itu, baru saja Apple memperkenalkan chip terbarunya, M4, yang dibenamkan di iPad Pro generasi paling anyar. Prosesor ini menjanjikan kenaikan signifikan pada performa dan efisiensi daya berkat fabrikasi 3nm terbaru.

Chip Apple M4 memiliki konfigurasi 10 inti CPU, dengan empat core performa dan enam core efisiensi data. Kombinasi core CPU itu menjanjikan peningkatan performa hingga 1.5 kali lebih kencang dari iPad Pro seri terdahulu yang dipersenjatai chip Apple M2.

Kendati demikian, mengutip dari Android Authority, Kamis (9/5/2024), konfigurasi 10-core di iPad Pro 2024 ini hanya ditemukan pada iPad Pro varian 1TB dan 2TB.

Sementara, varian standar 256GB dan 512GB ditenagai Apple M4 dengan 9-core CPU dengan tiga core performa dan enam core efisiensi.

4 dari 4 halaman

Kemampuan GPU dan Ai di M4 Ditingkatkan

Apple M4 juga ditenagai 10-core GPU dengan arsitektur sama dengan chip M3. Adapun perbedaan GPU ini dari generasi sebelumnya adalah penggunaan teknologi Dynamic Caching terbaru yang diklaim Apple dapat meningkatkan kinerja grafis untuk bermain game layaknya konsol game. 

Selain kemampuan hardware, Apple juga menyorot kemampuan AI di chip M4 terbarunya. Kemampuan AI ini ditemani Neural Engine tercanggih Apple saat ini, yang mampu melakukan triliunan operasi per detik.

Oleh sebab itu, dengan kemampuan AI terbaru, iPad Pro dapat menjalankan aplikasi dengan lebih cepat. Tak hanya meningkatkan kinerja, chip M4 juga memiliki efisiensi daya yang ditingkatkan untuk memberikan daya tahan baterai yang lebih lama.

Semua kelebihan yang dimiliki oleh Apple M4 di iPad Pro versi 2024 pun disebut membantu pengguna profesional untuk meningkatkan produktivitasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.