Sukses

'Zeus', Malware Jahat Yang Jadi Momok Dunia Perbankan

Seiring dengan semakin pesatnya perkembangan dunia teknologi dan informasi, ancaman tindak kejahatan cyber semakin merajalela. Malware dan threat hingga saat ini masih menjadi masalah utama keamanan cyber global, termasuk Indonesia.

Menurut National Technology Officer Microsoft Indonesia Tony Seno Hartono, terdapat satu jenis malware yang saat ini telah menjelma menjadi momok dunia perbankkan global. Malware itu sendiri dikenal dengan sebutan 'Zeus'.

Zeus adalah jenis malware yang masuk ke dalam varian virus Trojan. Malware ini ditengarai mulai beredar dan ber-evolusi sejak tahun 2007 silam. Zeus umumnya bersembunyi pada browser komputer korban dan memantau aktivitas perbankan online-nya. Semua informasi dan data perbankan serta nomor kartu kredit korban kemudian dapat direbut dengan mudah.

Berdasarkan data yang dimiliki Miscrosoft, konsentrasi tertinggi infeksi malware ini terdeteksi di wilayah Amerika Serikat, Eropa dan China. Namun, beberapa waktu belakangan ini, Zeus juga dilaporkan telah digunakan di sejumlah aksi cyber crime di Indonesia.

"Zeus adalah masalah serius dunia perbankkan. Yang membuatnya menjadi sangat berbahaya adalah, malware ini tidak bisa terdeteksi oleh antivirus bila sudah tertanam pada perangkat Anda, karena bersembunyi di dalam driver piranti lunak. Antivirus akan melihat perangkat Anda baik-baik saja meski sudah melakukan scan berulang-ulang," jelas Tony.

Menurut Tony, pihaknya sempat mengadakan studi di Singapura dan mendapatkan hasil bahwa modus penyebaran malware Zeus yang utama ialah melalui personal computer (PC), baik desktop maupun laptop yang umumnya dijual tanpa sistem operasi, atau biasa disebut 'PC kosong'. Selain itu, malware ini kerap pula disebarkan melalui update software bajakan dan CD fisik software bajakan.

Sebagai tindak pencegahan Tony mengimbau agar para pemilik perangkat lebih bijak dalam menggunakan dan memilih software yang akan digunakan. Pilihlah software yang asli, yang didalamnya telah terdapat antivirus default sehingga keberadaan Zeus ataupun malware lainnya dapat diketahui sejak dini. (dhi/gal)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS