Sukses

Sediakan Layanan Internet Cepat, Ini Strategi Menkominfo

Kominfo mengaku sedang mempersiapkan infrastruktur agar koneksi internet cepat segera tersedia di Indonesia.

Internet telah menjadi kebutuhan bagi sebagian masyarakat Indonesia. Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengaku sedang mempersiapkan infrastruktur agar koneksi internet cepat segera tersedia di Indonesia.

Infrastruktur yang dimaksud adalah pembangunan Palapa Ring 2 untuk mempercepat tersedianya infrastruktur yang mendukung koneksi internet cepat di seluruh wilayah Indonesia. Tahun depan diharapkan Palapa Ring 2 akan menjangkau Papua.

"Tahun 2014 Palapa Ring 2 akan menyambung kabel fiber optik dari Manado ke Ternate dan Ternate ke Papua," kata Tifatul Sembiring, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang Liputan6.com temui di Jakarta Convention Center (JCC).

Tifatul juga mengatakan bahwa broadband akan disediakan di kota-kota besar sekitar Sumatera. "Broadband kan terus dibangun. Nantinya Medan, Lampung, Riau dan kota lainnya akan terhubung melalui broadband," ungkap Tifatul lagi.

Ia pun mengungkapkan harapannya agar kabel fiber optik sudah masuk ke rumah supaya koneksi internet yang tersedia bisa lebih cepat. "Sementara ini sudah ada, tapi baru di kantor-kantor yang internetnya pakai fiber optik langsung," paparnya.

Selain koneksi broadband dan Palapa Ring 2, Menkominfo mengungkap program 'Pembangunan Seribu Wifi di Seluruh Indonesia'. Wifi itu diakuinya untuk mendukung berbagai kebutuhan masyarakat seperti pendidikan dan kebutuhan lainnya.

"Kami juga akan sediakan 1.000 WiFi di seluruh Indonesia agar koneksi internet bisa dirasakan masyarakat luas. Jumlah itu di luar milik Telkom yang rencananya 1 juta WiFi," tandas Tifatul. (den/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini