Sukses

5 Seri Ponsel BlackBerry Terpopuler di Indonesia

Masing-masing varian smartphone BlackBerry setidaknya menelurkan satu seri handset yang sangat populer di Indonesia. Apa saja?

Siapa yang tak kenal BlackBerry, produsen smartphone yang dulu lebih dikenal dengan nama Research In Motion (RIM). Sebelum era smartphone multi-platform seperti saat ini ada, produsen ponsel asal Kanada itu bisa dibilang sebagai salah satu pelopor tren perangkat mobile di jagat teknologi.

Di Indonesia, BlackBerry sudah hadir sejak pertengahan Desember 2004. Kedatangannya di Tanah Air disponsori oleh Indosat dan StarHub, operator seluler asal Singapura. Sejak saat itu, smartphone BlackBerry seakan menjadi produk yang wajib dimiliki oleh setiap orang.

Secara umum, ponsel pintar BlackBerry dibagi ke dalam lima varian utama, yaitu Pearl, Curve, Storm, Bold, dan Torch. Masing-masing varian tersebut setidaknya menelurkan satu seri handset yang sangat populer di tengah masyarakat.

Tolak ukur popularitasnya pun berbeda-beda. Ada beberapa seri perangkat BlackBerry yang memang cukup digemari karena memiliki performa dan kinerja mumpuni, namun ada pula seri perangkat yang namanya cukup tersohor karena harganya terjangkau.

Nah, pada kesempatan kali ini tim Tekno Liputan6.com akan mengulas 5 seri ponsel BlackBerry yang paling populer di Indonesia. Apa saja?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

1. BlackBerry Curve 8520 Gemini

Seri Curve 8520 atau yang lebih dikenal dengan sebutan Gemini ini cukup populer karena pada saat pertama kali dirilis tahun 2009 lalu, Gemini merupakan ponsel BlackBerry termurah dengan kisaran harga Rp 2 jutaan. Selain itu, Gemini juga memiliki perbedaan mencolok dengan jajaran produk dari lini Curve lainnya.

Jika jajaran handset Curve lainnya dibekali kontrol navigasi trackball, Gemini adalah yang pertama menggunakan navigasi trackpad. Selain itu, handset Gemini juga merupakan smartphone BlackBerry pertama yang disematkan tombol shortcut multimedia di bagian atas body.

2. BlackBerry Storm 9500

Di penghujung tahun 2009, BlackBerry meluncurkan varian Storm pertamanya di Indonesia. Seri Storm 9500 adalah perangkat ponsel pintar touchscreen pertama yang dikembangkan oleh perusahaan asal Kanada tersebut. Di eranya, handset yang mengandalkan teknologi layar sentuh surepress ini dianggap sebagai pesaing serius smartphone kelas premium Apple iPhone 3G dan HTC touch.

Sebagai generasi smartphone modern, Storm 9500 yang juga populer dengan sebutan 'Storm I' ini merupakan smartphone pertama dari BlackBerry yang dibekali fitur multimedia yang cukup lengkap. Sebelumnya BlackBerry lebih berkonsentrasi pada fitur-fitur pendukung pekerjaan.

Di Indonesia sendiri, Strom 9500 dipasarkan dengan harga yang cukup tinggi, yaitu Rp 4,8 juta saat pertama kali rilis.

3. BlackBerry Bold 9000

3 dari 3 halaman

Varian Bold dirilis sebagai penyempurnaan varian Curve. Meski tidak ada pembaruan signifikan di sektor fitur dan performa, namun seri Bold 9000 yang pertama kali rilis di Indonesia pada pertengahan tahun 2008 silam ini diklaim memiliki desain elegan dan kokoh. Hal inilah yang membuat seri Bold 9000 sangat populer di kalangan pekerja.

Saat pertama kali rilis, ponsel pintar Bold 9000 dipasarkan dengan harga yang sangat tinggi, yaitu hampir mencapai angka Rp. 8 jutaan. Sebab, pada saat itu era smartphone bisa dibilang baru saja dimulai, dan BlackBerry masih menjadi brand eksklusif yang dibanggakan.
4. BlackBerry Torch 9810

Varian Torch diposisikan BlackBerry sebagai ponsel pintar segmen premium. Setelah cukup sukses merilis Seri Torch 9800 (Torch I), di tahun 2011 BlackBerry kembali meluncurkan generasi penerusnya, yaitu seri Torch 9810 (Torch II). Handset ini merupakan salah satu produk smartphone terbaik yang pernah dirilis oleh BlackBerry.

Dengan konsep desain slide-nya yang cantik, ponsel ini dibekali kombinasi antara tombol fisik QWERTY khas BlackBerry dan layar sentuh. Layar sentuh yang digunakannya juga telah mengusung jenis kapasitif, tidak lagi menggunakan teknologi surepress seperti di seri Storm 9500 yang dianggap sudah ketinggalan zaman.

Saat rilis di Indonesia pada bulan Agustus 2011, Torch 9810 diberi bandrol Rp. 5,5 juta. Di pasaran ponsel pintar ini cukup sukses dan menjadi hype di kalangan para pebisnis muda.
5. BlackBerry Pearl Flip 8220

BlackBerry Pearl 8220 merupakan telepon pintar keluaran BlackBerry pertama yang tidak menggunakan desain candy bar seperti seri BlackBerry lainnya, namun menggunakan desain flip. Meski telah dirilis sejak tahun 2008 di Kanada dan Amerika Serikat, di Indonesia Pearl Flip 8220 baru resmi melenggang di Indonesia akhir tahun 2009.

Layaknya varian Curve, Pearl juga mengisi segmen kelas menengah ke bawah. Dengan paduan desain yang cantik dan harga terjangkau, seri ini mendapatkan respon yang sangat positif di pasaran. Di Indonesia sendir Pearl Flip 8220 dibanderol Rp 2,8 juta saat pertama kali rilis.

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.