Sukses

Lagi! Video Game GTA IV Diduga Picu Tindak Pembunuhan

Iini terungkap dari pengakuan sang anak yang menyatakan ia sedang memainkan game GTA IV di konsol PlayStation 3 sebelum kejadian.

Pihak kepolisian wilyah Louisiana, Amerika Serikat beberapa hari lalu dikejutkan dengan kasus pembunuhan yang melibatkan seorang anak dan neneknya. Anak berumur 8 tahun yang tak disebutkan namanya itu dikabarkan telah menembak mati neneknya, Marie Smothers (90).

Menurut yang dilansir laman The Inquisitr, Senin (26/8/2013), pihak kepolisian wilayah Lousiana meyakini bahwa tindakan sang anak besar kemungkinan dipengaruhi oleh video game brutal Grand Theft Auto IV (GTA IV).

Hal ini terungkap dari pengakuan sang anak yang menyatakan bahwa ia sedang memainkan game GTA IV di konsol PlayStation 3 (PS3) miliknya sesaat sebelum kejadian. Pihak kepolisian menduga sang anak sangat terobsesi dengan gameplay GTA IV yang memberikan hadiah tiap kali gamer membunuh karakter lain.

Namun dugaan tersebut diakui masih belum final. Hingga saat ini motif pembunuhan sebenarnya yang dilakukan sang anak masih menjadi misteri. Terlebih, bagaimana cara sang anak untuk bisa mendapatkan akses ke senjata api juga masih menjadi keanehan tersendiri yang dihadapi kepolisian wilayah Lousiana.

Parahnya lagi, video game GTA IV besutan Rockstar Games adalah game dengan rating 'M' (mature only) yang hanya boleh dimiliki dan dimainkan oleh orang dewasa. Pihak orangtua dan keluarga terdekat yang dianggap lalai dalam pengwasan diyakini juga akan diproses seuai hukum yang berlaku.

Semetara itu, pihak berwenang dan pemerintah daerah Lousiana telah mengumumkan secara luas bahwa sang anak tidak dapat dipidanakan karena masih berumur di bawah 10 tahun, sehingga hanya akan dikembalikan ke orangtua dan diberikan konseling secara bertahap. (dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini