Sukses

Ikea Buat Penampungan Pengungsi dengan Desain Canggih

Menariknya, bahan untuk tembok dan atap itu dilindungi panel plastik dengan teknologi khusus. Seperti apa?

Selama ini Ikea memang lebih dikenal sebagai perusahaan yang membuat interior rumah lebih menarik dengan desain yang mudah diangkut dan dirangkai. Tapi perusahaan asal Swedia itu tak hanya membuat produk rumahan untuk kelas menengah atas. Ikea pun menghadirkan desain terbaik untuk membuat rumah penampungan untuk para pengungsi.

Dilansir dari laman Gizmodo yang Liputan6.com kutip Kamis (27/6/2013), Ikea bekerja sama dengan Lembaga PBB yang mengurusi masalah pengungsi, UNHCR. Desain pun dibuat senyaman mungkin, sehingga penampungan pengungsi itu terasa seperti layaknya rumah tinggal.

Selama ini ribuan pengungsi di berbagai belahan dunia banyak yang tinggal bertahun-tahun. Padahal tenda yang ada saat ini hanya layak digunakan untuk enam bulan. Insinyur Ikea pun membuat rumah pengungsi dengan struktur empat tembok yang bisa dirangkai dengan mudah, tapi bisa digunakan hingga tiga tahun.

Rancangan ini terdiri dari bahan untuk tembok dan atap, serta rangka dan kawat untuk menyusunnya menjadi rumah penampungan yang dua kali lebih luas dari tenda pengungsian yang saat ini digunakan. Tembok dan atap dibuat dari bahan yang ringan, tapi tetap kuat.

Menariknya, bahan untuk tembok dan atap itu dilindungi panel plastik dengan teknologi khusus. Rumah itu bisa memantulkan panas saat siang hari, sehingga di dalam akan terasa lebih sejuk. Sedangkan saat malam hari, sisa panas akan dipantulkan ke dalam untuk membuat ruangan terasa lebih hangat.

Rumah penampungan ini akan diuji di Ethiopia bulan depan. Meski begitu, Ikea dan UNHCR berusaha terus mengembangkannya tak hanya untuk menangkal panas. Rencananya, penampungan ini akan disertai dengan panel bertenaga matahari untuk menjadi sumber listrik di dalam penampungan.

Tentu saja listrik ini akan bermanfaat, bahkan menjadi kemewahan tersendiri bagi pengungsi yang terusir dari rumahnya karena permasalahan perang atau konflik. Karena penampungan ini dibuat oleh Ikea, tentunya diharapkan perusahaan berbasis di Delft itu bisa menghadirkan desain unik dan berkelasnya untuk para pengungsi. (gal/*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.