Sukses

Patuhi Uni Eropa, iPadOS akan Mendukung Download Aplikasi di Luar Apple App Store

Apple akan mengizinkan pengguna untuk mengunduh aplikasi selain dari App Store untuk patuhi kebijakan Uni Eropa

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa hari lalu, Uni Eropa menetapkan iPadOS sebagai platform gatekeeper, sehingga Apple harus menyesuaikan sistem operasi itu agar mematuhi Undang-Undang Pasar Digital (Digital Market Act/DMA) Uni Eropa.

Gatekeeper sendiri merupakan istilah yang diberikan oleh Uni Eropa kepada perusahaan besar untuk mencegah upaya monopoli dan praktik anti-persaingan.

Organisasi tersebut menyatakan pengguna pada dasarnya “terkunci” pada ekosistem iPadOS Apple dan hal ini menghalangi orang untuk beralih ke pesaing.

Untuk menghindari denda atau ditendang dari pasar Uni Eropa, Apple akan mematuhi aturan tersebut mulai musim gugur 2024 dengan mengizinkan toko aplikasi pihak ketiga agar dapat berjalan di iPadOS.

Melalui postingan di situs Developer Apple, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Senin (6/5/2024), perusahaan mengumumkan akan menghadirkan fitur terbaru di iPadOS wilayah Uni Eropa pada musim gugur tahun 2024.

Fitur yang dihadirkan adalah dukungan untuk toko aplikasi pihak ketiga, aplikasi yang dapat diunduh melalui website, browser pihak ketiga dengan engine non-Webkit--fitur untuk mengubah browser default, pembayaran contactless melalui pihak ketiga, dan serangkaian fitur lainnya.

Pengembang aplikasi iPadOS yang meninggalkan App Store resmi dan memilih untuk menyediakan aplikasi di toko pihak ketiga akan dikenakan Biaya Teknologi Inti (Core Technology Fee/CTF) yang sama seperti aturan untuk pengembang aplikasi iOS di Uni Eropa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Uni Eropa Berikan Kelonggaran bagi Developer Kecil

Aturan CFT tersebut mewajibkan pengembang aplikasi membayar biaya tahunan per jumlah aplikasi yang terinstal. Agar pengembang aplikasi tidak mengalami kebangkrutan, Apple juga mengubah kebijakan CFT mereka.

Kebijakan tersebut memberikan kelonggaran yang mana pengembang tidak perlu membayar CFT sama sekali ke Apple jika mereka tidak memperoleh pendapatan dari aplikasi yang mereka tawarkan di toko aplikasi pihak ketiga.

Selain itu, pengembang kecil juga diberikan kesempatan untuk mengembangkan aplikasi secara gratis selama 3 tahun tanpa perlu membayar CFT. Kebijakan tersebut diharapkan membantu pengembang untuk menyusun strategi dan menumbuhkan bisnis mereka terlebih dahulu.

Jika tidak, pengembang yang ingin menghindari CTF dapat tetap berpegang pada persyaratan dan biaya yang ditetapkan Apple dengan mendistribusikan aplikasi mereka melalui App Store secara eksklusif.

Meskipun Apple tidak menentukan kapan tepatnya perubahan untuk pasar Uni Eropa ini akan diluncurkan, laporan dari Android Authority memperkirakan aturan tersebut akan diberlakukan sekitar pertengahan September saat iOS 18 diluncurkan ke publik

3 dari 4 halaman

Bocoran Spesifikasi dan Tanggal Peluncuran iPad Pro 2024

Di sisi lain, Apple akan memperkenalkan jajaran iPad baru di acara Appple Event 'Let Loose' pada awal Mei 2024, dan rumor mengenai tablet baru itu makin tersebar luas.

Terbaru, terdapat laporan terkini mengenai spesifikasi yang akan digunakan di tablet terbaik Apple, iPad Pro.

Menurut laporan dari analis Mark Gurman, sebagaimana dikutip dari Engadget, Senin (29/4/2024), iPad Pro kemungkinan tidak akan menggunakan prosessor Apple M3, melainkan akan langusng menggunakan prosesor terbaru Apple, yakni Apple M4.

Menurut laporan tersebut, penggunaan chipset baru itu menandakan masuknya Apple ke persaingan teknologi AI yang banyak diganderungi oleh perusahaan teknologi saat ini.

“Saya yakin Apple akan memposisikan tablet ini sebagai perangkat pertamanya yang benar-benar didukung AI – dan sejak saat itu Apple akan menggembar-gemborkan setiap produk barunya sebagai perangkat AI,” tulis Gurman.

iPad Pro 2024 generasi baru ini akan diluncurkan di acara Apple Event Let Loose pada 7 Mei 2024, pukul 07.00 waktu setempat atau 21.00 WIB.

4 dari 4 halaman

Apple Gelar Acara

Apple akan memperkenalkan lini iPad terbaru pada pagelaran Apple event bertema 'Let Loose' yang akan digelar pada 7 Mei 2024, dan disiarkan secara online jam 07.00 waktu setempat atau 21.00 WIB.

Bagi fans Apple yang ingin menonton acara ini, kamu dapat ikutan secara live di YouTube atau aplikasi Apple TV.

Lalu produk apa yang akan diumumkan pada Apple "Let Loose" ini? Walau perusahaan berbasis di Cupertino itu tidak mengungkap langsung, dari udangan dibagikan bisa ditebak perangkat apa.

Berdasarkan undangan yang beredar, animasi tangan memutar-mutar benda mengisyaratkan kehadiran Apple Pencil baru dan juga model iPad teranyar.

Rumor beredar kencang menyebutkan, model baru iPad Pro, iPad Air, dan Apple Pencil akan debut dalam acara pada bulan Mei 2024 tersebut.

Mengutip GSM Arena, Rabu (24/4/2024), perusahaan akan menggunakan panel OLED untuk seri iPad Pro dan memiliki ukuran 13 inci dan 11 inci.

Selain itu, Apple juga akan mengumumkan dua iPad Air dengan ukuran panel layar Mini LED berukuran 12.9 inci dan 10.9 inci.

Disebutkan, tablet baru Apple ini akan ditenagai oleh chipset Apple M3 dan didukung dengan Magic Keyboard generasi terkini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.