Sukses

Cara Pakai Fitur Smart Switch untuk Pindahkan Data dari HP Lama ke Samsung Galaxy

Samsung Galaxy hadirkan fitur Smart Switch untuk membantu memindahkan data dari smartphone lama dengan OS apa pun ke HP Samsung baru milik pengguna, berikut cara pakainya.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone kini jadi kebutuhan utama yang tak boleh ketinggalan ke mana pun seseorang pergi. Makin pintar kemampuan smartphone, perangkat ini bukan hanya dipakai untuk berkomunikasi dan hiburan, tetapi juga dipakai untuk mengakses informasi, belajar, membuat konten, hingga bekerja.

Mengingat pentingnya smartphone, data yang disimpan pun makin banyak padahal tiap tahun selalu ada model baru. Pergantian smartphone ke versi yang lebih baru pun tidak terelakkan.

Namun ketika berganti perangkat, bagaimana data-data penting seperti galeri foto dan video, riwayat chat WhatsApp, hingga dokumen penting dapat dipindahkan ke ponsel baru?

Kalau kamu berganti ke smartphone Samsung Galaxy, seperti Galaxy A15, perangkat ini dibekali aplikasi bawaan bernama Smart Switch.

Aplikasi bawaan ini memudahkan pengguna memindahkan data dari smartphone lama, baik Android atau bukan ke smartphone Samsung, termasuk Galaxy A15.

MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia Ricky Bunardi mengatakan, fitur Smart Switch memungkinkan pengguna memindahkan semua data dari ponsel lama termasuk yang memakai non Android.

"Dengan One UI 6.0, konsumen bisa mendapatkan pengalaman praktis dengan harga terjangkau dengan berbagai pilihan penyimpanan data yang besar, layar Super AMOLED, dan kamera 50MP," kata Ricky, ketika membicarakan tentang Galaxy A15.

Dengan fitur Smart Switch, pengguna dapat mentransfer data dari ponsel lama ke Galaxy A15 dengan mudah bahkan dari ponsel dengan OS yang berbeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Pindahkan Data Pakai Fitur Smart Switch

Berbagai jenis data yang dapat pindahkandiantaranya adalah file foto, video, kontak, WhatsApp chat history, calendar, catatan, aplikasi, pengaturan, kata sandi, dan masih banyak lagi.

  • Berikut cara menggunakan fitur Smart Switch:
  • Buka aplikasi Smart Switch di smartphone baru kamu
  • Pilih opsi “Receive data” untuk menerima data dari smartphone lama
  • Pilih OS smartphone lama kamu sebagai sumber data yang ingin dipindahkan
  • Pilih metode lalu terima datanya
3 dari 3 halaman

Cara Pindahkan Data dari HP Non Samsung

Kalau sebelumnya kamu bukan pengguna smartphone Samsung, kamu tetap bisa transfer data melalui aplikasi Smart Switch dengan cara mengunduhnya terlebih dahulu.

Kamu bisa unduh aplikasi Smart Switch di Google Play atau App Store. Kamu juga bisa scan QR code yang ada di smartphone Samsung baru untuk diarahkan ke aplikasi Smart Switch.

  • Saat sedang mencari perangkat untuk dihubungkan, klik tulisan “Get Smart Switch on your old device”
  • Scan QR Code yang tersedia untuk mengunduh aplikasi Smart Switch.

Setelah selesai memindahkan data, maka kamu bisa langsung menggunakan smartphone Galaxy kamu yang sudah lengkap dengan data-data dari device lama kamu.

Dengan itu, kamu bisa melanjutkanaktivitas-mu tanpa harus menghabiskan waktu untuk mengunduh aplikasi maupun melakukan login di apikasi - aplikasi favorit-mu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.