Sukses

MLBB hingga WhatsApp, Ini Deretan Aplikasi yang Bikin Trafik Internet Melonjak Saat Ramadan

Telkomsel mengungkap deretan aplikasi yang membuat trafik internet di jaringan mereka melonjak hingga 15,22 persen pada Ramadan dan Idul Fitri 2024.

 

Liputan6.com, Jakarta- Trafik internet Telkomsel diprediksi mengalami lonjakan pada Ramadan dan Idul Fitri 2024. Lonjakannya diperkirakan mencapai 15,22 persen dibanding hari biasa di 2024. 

Jika dibandingkan dengan momen Ramadan dan Idul Fitri tahun lalu, peningkatan trafik sekitar 14,63 persen. 

Ada sejumlah aplikasi menyumbang trafik terbesar di jaringan Telkomsel. Aplikasi-aplikasi ini memang banyak digunakan selama Ramadan dan libur Idul Fitri. 

Data Telkomsel seperti dipaparkan oleh Vice President Global Network Galumbang Pasaribu menyebutkan, jenis aplikasi digital yang menyumbang kenaikan pada trafik broadband antara lain adalah online gaming sebesar 40,84 persen. 

Galumbang menyebut, dari tahun ke tahun, trafik ke layanan game online mobile meningkat dan tahun ini menyumbang paling banyak dari kenaikan trafik. 

Selanjutnya adalah trafik untuk komunikasi dengan persentase 25,49 persen. Diikuti dengan streaming video 22,61 persen, akses ke media sosial sebesar 11,14 persen, dan akses ke e-commerce sebesar 9,17 persen. 

Berikut adalah deretan aplikasi yang menyumbang kenaikan trafik internet di jaringan Telkomsel:

Online gaming:

  • Mobile Legends
  • Free Fire
  • Roblox

Komunikasi:

  • WhatsApp
  • Telegram

Video Streaming:

  • TikTok
  • YouTube
  • SnackVideo

Media Sosial:

  • Facebook
  • Instagram
  • Twitter

E-commerce:

  • Shopee
  • Lazada
  • Tokopedia

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Promo Telkomsel di Ramadan dan Idul Fitri 2024

Untuk meningkatkan pengalaman digital selama Ramadan dan Idul Fitri, Telkomsel menerapkan 154 Posko Siaga RAFI di berbagai lokasi strategi se-Indonesia. 

Posko Telkomsel tersebut melayani penukaran Telkomsel Poin, pembelian kartu perdana Telkomsel Lite, pembelian voucher isi ulang, instalasi aplikasi MyTelkomsel, pendaftaran produk FMC IndiHome, Orbit, Telkomsel One, dan lain0lain. 

Pada posko ini pula, Telkomsel bukan hanya penyedia layanan, tetapi juga mengadakan kegiatan interaktif mulai dari games, live music, message chair, hingga phone charging. 

Senior Vice President Consumer Business Operations Telkomsel, Gilang Prasetya, mengatakan, Telkomsel menghadirkan promo mulai dari Paket Super Seru dengan kuota lebih besar dan kuota tambahan untuk Aktivasi Kartu Perdana dan Registrasi IMEI Baru. 

3 dari 3 halaman

Berbagai Promo dan Kolaborasi dengan Layanan Streaming

Khusus pelanggan Telkomsel Halo (pascabayar), tersedia peluang mendapatkan Kejutan THR melalui program Ekstra Kuota dan program Flash Sale dengan berbagai keuntungan tambahan pendaftar baru.

Kemudian untuk internet rumah, penawaran Ultra Mesh Wi-Fi baru yang dapat memperluas jangkauan internet IndiHome di rumah, Surprise Deal Ramadan khusus Orbit, hingga program Weekly Quiz dan Nonton Bersama IndiHome.

Terdapat pula penawaran khusus dari Telkomsel untuk menikmati konten-konten yang menginspirasi selama Ramadan dan kesempatan berbagi kebahagiaan melalui berbagai program, seperti beragam paket langganan hingga kolaborasi layanan streaming mulai dari streaming, YouTube, Catchplay+, WeTV, HBO GO, kuota tambahan, cashback 90 persen, voucher bundling, dan komunitas bersama Dunia Games. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.