Sukses

XL Axiata Tingkatkan Jaringan 5G di Jateng Lewat Kolaborasi dengan Nokia

XL Axiata sukses meningkatkan jaringan 5G mereka di Jawa Tengah melalui kolaborasi dengan Nokia. XL menghadirkan 5G di empat kota di Jawa Tengah.

Liputan6.com, Jakarta - XL Axiata mengumumkan keberhasilan modernisasi 4.400 site mereka di seluruh Indonesia dengan mengganti jaringan serta menambah site baru. Semua dilakukan lewat proyek lima tahun antara XL Axiata dan perusahaan jaringan telekomunikasi Nokia. 

Dalam hal ini, XL Axiata mengadaptasikan solusi Nokia untuk membangun jaringan 5G di empat kota di Provinsi Jawa Tengah pada 2023. Keempat kota yang dimaksud adalah Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Pekalongan. 

Lewat pembangunan jaringan 5G tersebut, pengguna XL Axiata di wilayah itu kini bisa menikmati jangkauan dan kualitas jaringan yang lebih baik. 

Hal ini juga digambarkan dengan peningkatan pertumbuhan payload di Jawa Tengah hingga 27 persen, tertinggi di antara wilayah lain selama libur Lebaran 2023 dan Natal dan Tahun Baru (NARU) 2023. 

Data Crowdsourced benchmarking terpercaya yang tak disebutkan namanya mengungkap XL Axiata menjadi nomor satu dalam hal latensi rendah dibandingkan operator lain di wilayah tersebut. 

Capaian di atas tak lepas dengan diterapkannya program bernama AirScale, Dynamic Spectrum Sharing (DSS), dan Network Performance Improvement (NPI) dari Nokia. Selain itu, operator yang lekat dengan warna biru ini juga melakukan modernisasi jaringan serta meningkatkan kapasitas agar keseluruhan kinerja jaringannya lebih unggul. 

XL juga memakai layanan pemeliharaan dan dukungan jaringan Nokia untuk memastikan punya layanan kualitas terbaik. Modernisasi jaringan di Jawa Tengah juga dilakukan Nokia tanpa mengganggu aktivitas pelanggan. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bangun Jaringan 5G di 4 Kota di Jateng

XL Axiata punya komitmen membangun jaringan 5G memakai teknologi Nokia 5G di empat kota di Jawa Tengah. 

Infrastruktur 5G ini akan dipakai sebagai basis pengembang aplikasi untuk coba dan menyebarkan aplikasi 5G mereka. 

Sebelumnya, operator XL Axiata dan Nokia juga menandatangani MoU co-development program on 5G Cloud RAN di kantor pusat Nokia di Finlandia. Lewat pertemuan itu, kedua pihak akan berkolaborasi mempesiapkan XL Axiata dalam berbagai penerapan 5G di masa yang akan datang. 

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa menyebut, berkat jaringan yang dimodernisasi, XL Axiata bisa memenuhi kebutuhan pelanggan akan jangkauan dan kinerja jaringan terbaik di kelasnya. 

 

3 dari 3 halaman

Nantikan Kolaborasi dengan Nokia

"Ke depannya kami juga menantikan kerja sama dan kolaborasi selanjutnya dengan Nokia," kata Gede. 

Head of Market Unit Nokia Indonesia Ozgur Erzincan menyebut, pihaknya berkomitmen mengembangkan solusi yang melibatkan penyedia layanan untuk meningkatkan kualitas dan pengalaman bagi penggunanya. 

"Kami senang solusi kami membantu XL Axiata dalam modernisasi sekaligus meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringan 5G. Kini XL Axiata memberikan pengalaman yang lebih baik bagi penggunanya," kata Erzincan. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.