Sukses

Bocoran Fitur dan Spesifikasi iPhone 16 Series, Ada Fitur AI?

iPhone 16 series akan meluncurkan pada September 2024 dengan fitur-fitur menarik, seperti layar lebih besar, chip lebih canggih, dan AI lebih pintar. Simak bocoran lengkapnya di sini.

Liputan6.com, Jakarta - Apple baru meluncurkan seri iPhone 15 dengan berbagai peningkatan dan inovasi, seperti desain baru, kamera lebih baik, dan chip A17 lebih cepat.

Namun, banyak penggemar Apple sudah penasaran dengan seri iPhone 16 yang akan datang pada tahun 2024.

Apa saja fitur dan spesifikasi yang akan ditawarkan oleh iPhone generasi selanjutnya? Berikut ini adalah beberapa bocoran yang dirangkum dari berbagai sumber.

iPhone 16 Dukung AI?

Apple mungkin mengekor Samsung dan Google, di mana perusahaan memboyong fitur AI sebagai bagian besar dari kemampuan di iPhone 16 series.

Sebelumnya, Tim Cook mengatakan akan memperkenalkan AI generatif “akhir tahun ini” dalam panggilan pendapatan.

Diprediksi, fitur-fitur tersebut akan diperkenalkan di WWDC 2024 pada musim panas, sebelum tiba pada bulan September.

Bocoran ini diperkuat lewat kode di iOS 17.4, menyarankan Siri mungkin menggunakan AI untuk summarize, balas chat di Messages, dan AI di aplikasi seperti Apple Music, Pages, dan Keynote.

Ukuran Layar Lebih Besar

Salah satu perubahan yang paling mencolok dari seri iPhone 16 adalah ukuran layar yang lebih besar untuk model iPhone 16 Pro.

Menurut MacRumors, Selasa (13/2/2024), iPhone 16 Pro akan memiliki layar 6,2 inci, sedangkan iPhone 16 Pro Max akan memiliki layar 6,8 inci--jadi HP iPhone dengan layar terbesar yang pernah dibuat.

Sementara itu, model iPhone 16 standar akan tetap memiliki ukuran layar sama dengan seri iPhone 15, yaitu 6,1 inci untuk iPhone 16 dan 6,7 inci untuk iPhone 16 Plus.

Namun, model standar ini juga akan mendapatkan desain lebih elegan dan modern, dengan tepi melengkung dan kaca belakang HP Apple ini lebih berwarna.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Chip A18 Lebih Canggih

iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max (Apple)

Apple menghadirkan chipset lebih canggih dan efisien setiap tahunnya. Untuk seri iPhone 16, perusahaan dikabarkan akan menggunakan chip A18 dan A18 Pro Bionic.

Selain itu, chip A18 juga akan mendukung fitur-fitur AI lebih baik, seperti pengenalan wajah, pengolahan gambar, dan asisten suara.

Sementara untuk A18 Pro Bionic, Apple melengkapi chipset ini dengan kemampuan tambahan, seperti pemrosesan grafis lebih tinggi, konektivitas 5G lebih cepat, dan Wi-Fi 7 lebih stabil.

Design iPhone 16

Pada model iPhone baru ini, perusahaan berbasis di Cupertino ini juga dirumorkan akan memasang tombol tambahan seperti di iPhone 15 Pro Action Button.

Diyakini, Apple sepertinya akan memasang tombol haptic untuk iPhone 16 Pro. Ada juga bocoran untuk tombol "capture" di sisi kanan bodi iPhone.

Tombol ini dapat dipakai untuk memotret atau mengatur zoom in dan out, sehingga membuat iPhone terasa menggunakan kamera.

 

3 dari 4 halaman

Harga dan Tanggal Rilis

<p>iPhone 15. Credit: Apple</p>

Lalu berapa harga iPhone 16 series saat diluncurkan? Untuk seri iPhone 16, Apple akan kembali ke jadwal normal dan meluncurkan seri iPhone 16 pada September 2024.

Untuk harga, diperkirakan seri iPhone 16 akan memiliki kisaran harga sama dengan seri iPhone 15, yaitu:

  • iPhone 16 : Rp 14 juta lebih
  • iPhone 16 Plus : Rp 16 juta lebih
  • iPhone 16 Pro: Rp 19 juta lebih
  • iPhone 16 Pro Max: Rp 21 juta lebih
4 dari 4 halaman

iPhone SE Terbaru Bakal Pakai Dynamic Island?

iPhone 15 Pro. Credit: Apple

Sebuah bocoran mengenai rumor kehadiran iPhone SE 4 beredar di internet. Salah satunya adalah bocoran tentang desain iPhone SE 4 yang keberadannya belum dipastikan oleh Apple.

Sebelumnya disebutkan kalau iPhone SE generasi keempat akan mengusung desain mirip iPhone 14. Berbeda dengan iPhone 14, iPhone SE 4 dalam bocorannya disebut hanya akan memiliki satu kamera.

Meski begitu, iPhone SE 4 akan mengusung layar Dynamic Island. iPhone SE 4 dikabarkan bakal rilis tahun 2025.

Mengutip Apple Insider, Minggu (11/2/2024), leaker bernama Majin Bu di X alias Twitter mengungkapkan, iPhone SE bisa terlihat sama dengan iPhone 16 namun memiliki dimensi serupa dengan iPhone XR.

Sayangnya, dalam unggahan selanjutnya, Majin Bu mengatakan, infomasi tersebut tak perlu terlalu diseriusi.

Sementara itu, menurut rumor yang beredar, desain iPhone 16 yang bakal rilis tahun ini akan memiliki kemiripan dengan iPhone 15.

iPhone 15 memiliki sedikit lengkungan di bagian dasar bingkai aluminiumnya, namun terlepas dari itu, perangkat ini terlihat seperti iPhone 14.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.