Sukses

Instagram Bakal Ingatkan Pengguna Remaja yang Masih Begadang Main IG

Instagram mengungkap fitur baru untuk mengingatkan pengguna remaja yang masih mengakses aplikasi tersebut ketika sudah larut malam.

Liputan6.com, Jakarta - Instagram baru saja mengungkap fitur baru yang ditujukan untuk para pengguna remaja, terutama mereka yang masih online di malam hari. Kini, Instagram akan mengingatkan pengguna beristirahat ketika masih mengakses aplikasi tersebut di malam hari. 

Mengutip informasi dari Engadget, Senin (22/1/2024), fitur baru bernama Nighttime Nudges ini akan secara otomatis muncul di akun Instagram milik pengguna remaja, dan tidak mungkin untuk dimatikan.

Namun, belum diketahui apakah fitur ini berlaku untuk semua remaja atau hanya pengguna berusia di bawah 18 tahun.

Menurut Instagram, fitur ini ditujukan bagi pengguna remaja yang belum menggunakan fitur pembatasan akses aplikasi seperti Take a Break. Jadi, fitur ini akan mengingatkan pengguna apabila mereka masih terlalu lama mengakses aplikasi tersebut.

"Kami ingin para remaja ketika menyetop memakai Instagram memiliki perasaan kalau waktu yang mereka habiskan di aplikasi ini bermakna dan memiliki tujuan, serta kami tahu tidur sangat penting bagi kaum muda," tulis Instagram soal fitur ini.

Nantinya, fitur Nighttime Nudges ini akan muncul ketika pengguna remaja menghabiskan waktu lebih dari 10 menit di aplikasi Instagram, seperti di Reels atau DM saat tengah malam.

Aplikasi akan memberikan notifikasi untuk meningatkan pengguna kalau saat itu sudah larut malam, sehingga waktunya menutup aplikasi dan tidur.

Adapun notifikasi yang diberikan akan berbunyi 'Time for a break?' yang diikuti pesan 'Ini sudah larut malam. Pertimbangkan untuk menutup Instagram di malam ini. Instagram menyebut notifikasi ini akan muncul setelah pukul 10.00 malam.

Untuk diketahui, fitur ini menambah deretan fitur lain yang sudah diluncurkan Instagram untuk membantu pengguna remaja dan orang tua mengatur waktu yang dihabiskan di aplikasi mereka. Sebelumnya, ada fitur Take a Break dan Parental Supervision.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Instagram Kembangkan Fitur Profile Sharing di Stories

Sebelumnya, Meta, perusahaan induk jejaring sosial Facebook dan Instagram terus mengembangkan fitur baru di kedua aplikasi ini. Dengan begitu, ada lebih banyak pengguna yang betah berlama-lama di aplikasi tersebut. 

Terbaru, Instagram yang merupakan salah satu aplikasi jejaring sosial terbesar di dunia berencana menghadirkan fitur-fitur baru.

Aplikasi yang kini dipakai lebih dari 2,5 miliar pengguna ini kabarnya akan hadirkan fitur berbagi profil Instagram. Fitur ini akan memungkinkan pengguna untuk membagikan profil pengguna lain di Stories mereka. 

Mengutip Gizchina, Rabu (29/12/2023), informasi ini dibagikan pengembang aplikasi terkenal sekaligus penyebar informasi bocoran, Alessandro Paluzzi. 

Menurutnya, Instagram tengah mengembangkan fitur baru Instagram  berbagi profil tersebut. Kenapa fitur ini ada? Hal ini tidak terlepas dari media sosial biasanya ada kebutuhan untuk mempromosikan profil orang lain dari waktu ke waktu. 

Fitur ini akan membantu pengguna mempromosikan profil pengguna lain di Stories mereka. 

Paluzzi juga mengungkapkan, fitur ini akan bekerja seperti fitur "Tambahkan ke Cerita" yang sudah ada. Meski begitu, fokus fitur ini berbeda ketimbang lainnya yang sudah ada.

3 dari 4 halaman

Bisa Diklik dan Langsung Diikuti oleh Followers

Melalui fitur ini, ketika pengguna membagikan profil milik pengguna lain di Stories mereka, profil yang dibagikan itu bisa diklik. Itu berarti, followers profil pengguna yang berbagi Stories bisa diklik dan langsung diikuti. 

Ini bisa menjadi cara bagi seseorang untuk membuat followers mereka bisa ikuti akun bisnis. Paluzzi juga membagikan gambar fitur ini di X yang menunjukkan tombol "Lihat Profil". 

Tombol ini merupakan undangan bagi pengguna dan akan mengarahkan mereka ke profil yang dibagikan. 

Kehadiran fitur baru Instagram ini bisa jadi cara baru untuk terlibat dengan followers. Ini juga bisa jadi cara baru untuk mengiklankan akun baru untuk membantu  mendapatkan lebih banyak followers. 

Bagi konten kreator, fitur bagikan profil di Stories bisa menjadi cara untuk mendapatkan pengikut baru. Sayangnya saat ini belum ada informasi terkait kapan fitur berbagi profil di Stories ini akan dirilis.

4 dari 4 halaman

Instagram Hadirkan Fitur Pratinjau Postingan dan Grid

Sementara itu, bagi pengguna Instagram yang aktif membagikan foto-foto atau video di feed, unggahan yang tampil cantik di beranda adalah sesuatu yang memuaskan.

Namun, apakah mungkin pengguna bisa memastikan kalau postingannya akan bagus atau tidak saat muncul di beranda followers?

Dilansir India Today, Senin (25/12/2023), Instagram rupanya menjawab pertanyaan dan kebutuhan pengguna terkait hal ini.

Platform media sosial ini menghadirkan fitur pratinjau postingan, sehingga pengguna bisa melihat sekilas bagaimana tampilan postingan mereka sebelum dibagikan ke publik.

Selain itu, ada fitur grid yang bisa digunakan untuk memotong foto menjadi beberapa bagian (kisi) dan pengguna bisa melihat sekilas hasilnya sebelum di-posting.

Dengan adanya fitur ini, pengguna tidak perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membuat memecah foto menjadi beberapa postingan, karena Instagram kini menggabungkannya langsung ke dalam aplikasi. 

Laporan menunjukkan pengguna dari seluruh dunia sudah mulai mengonfirmasi kedatangan fitur ini. Namun, penting untuk dicatat bahwa Meta saat ini sedang menguji fitur grid dengan basis pengguna terbatas.

Sejauh ini, tidak ada tanggal atau jadwal resmi untuk ketersediaannya secara luas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.