Sukses

Menaksir Harga Poco X6 yang Bakal Meluncur di Indonesia

Poco X6 telah meluncur sebagai smartphone terbaru Poco di pasar Indonesia, lantas berapa harganya?

Liputan6.com, Jakarta - Poco diketahui akan meluncurkan smartphone terbarunya untuk pasar Indonesia, yakni Poco X6. Smartphone ini diketahui lebih dulu meluncur untuk pasar India beberapa hari lalu.

Saat ini, Poco memang belum mengungkap informasi mengenai kehadiran Poco X6 untuk pasar Tanah Air. Namun informasi kehadirannya kian santer, mengingat smartphone itu diketahui sudah mendapatkan sertifikat TKDN.

Oleh sebab itu, ada kemungkinan smartphone ini akan diperkenalkan dalam waktu dekat. Meski belum ada keterangan resmi dari Poco Indonesia, informasi soal perangkat ini yang sudah diperkenalkan di India bisa menjadi acuan, termasuk soal harga.

Saat diperkenalkan di India, Poco merilis tiga varian Poco X6. Varian itu terdiri dari RAM 8GB/256GB, RAM 12GB/ROM 256GB, dan RAM 12GB/ROM 512GB.

Harga Poco X6 paling murah di India adalah 21.999 rupee atau sekitar Rp 4,1 juta, sedangkan varian paling tinggi dibanderol 24.999 rupee atau sekitar Rp 4,7 juta.

Menilik harga tersebut, ada kemungkinan harga yang ditawarkan di Indonesia tidak jauh berbeda.

Soal spesifikasi, Poco X6 mengusung layar AMOLED berukuran 6,67 inci dengan refresh rate 120Hz. Layar HP Poco ini memiliki tingkat kecerahan 1.800 nits.

Poco X6 dipersenjatai dengan chipset Snapdragon 7s Gen besutan Qualcomm. Smartphone ini memiliki kamera utama 64MP yang dipadukan lensa wide 8MP dan lensa makro 2MP.

Sementara kebutuhan selfie diserahkan pada kamera depan 16MP. Sebagai penunjang performanya, ada baterai berkapasitas 5.100mAh yang mendukung kemampuan fast charging 67W.

Poco mengklaim, dengan kemampuan tersebut, baterai smartphone ini dapat terisi penuh dalam 44 menit. Beberapa fitur lain yang disertakan di perangkat ini adalah fingerprint di layar, speaker stereo dengan Dolby Atmos, serta sertifikat IP54.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mengintip Sederet Kemampuan Chipset Snapdragon 7s Gen 2 yang Hadir di Poco X6 5G

Untuk diketahui, Snapdragon 7s Gen 2 yang ada di Poco X6 diklaim sebagai prosesor kelas high yang memiliki performa kencang, dengan beberapa fitur-fitur flagship.

"Ini memberikan alternatif buat para OEM, seperti Poco, untuk membuat smartphone yang memiliki kemampuan-kemampuan dan juga performa yang oke, tinggi, tapi harganya bisa lebih terjangkau lagi," kata Dominikus Susanto, Senior Manager Business Development, Qualcomm Indonesia dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta, Selasa (16/1/2024)

Chipset Snapdragon 7s Gen 2 sendiri dibangun di atas fabrikasi 4nm, dengan arsitektur 64-bit dan mengusung CPU Kyro octa-core. Konfigurasi itu disebut dapat menghasilkan performa yang dinamis sekaligus mulus, dengan kecepatan sampai 2,4GHz.

Pembagian delapan core itu terdiri dari 4 core performa dengan clock speed hingga 2,4 GHZ dan 4 core efisiensi hingga 1,95 GHz.

 

3 dari 3 halaman

Hadir dengan Dukungan AI

Selain itu, Snapdragon 7s Gen 2 yang disematkan di Poco X6 5G juga datang dengan dukungan untuk kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Di sini, terdapat Qualcomm Hexagon NPU generasi terbaru, yang mampu meningkatkan performa "jaringan syaraf" AI pada Snapdragon 7s Gen 2.

Dukungan lainnya adalah Qualcomm AI Engine yang dioptimasi, sehingga dapat membantu pengguna untuk navigasi, pemanfaatan fitur kesehatan, musik, dan aplikasi lain seperti scan QR code, face unlock, dan lain-lain dengan cepat, dengan Qualcomm Sensing Hub.

Pengaruh AI lainnya ada dari sisi fotografi, lewat kehadiran Qualcomm Low Light untuk foto maupun video yang tajam dan terang.

Di sisi lain, teknologi noise cancellation berbasis AI juga akan mendukung suara pengguna terdengar jelas saat melakukan video call di mana pun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.