Sukses

Debat Capres 2024: Anies dan Ganjar Singgung Isu Keamanan Siber

Dalam pemaparannya visi misinya di debat Capres 2024, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan juga menyinggung isu keamanan siber hingga peretasan Kementerian Pertahanan.

Liputan6.com, Jakarta - Debat Calon Presiden atau Capres 2024 pada Minggu (7/1/2024) malam, dibuka dengan pemaparan visi misi para kandidat.

Adapun, tema debat ketiga Pilpres 2024 ini adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. Salah satu yang disinggung oleh para capres adalah mengenai isu keamanan siber.

Mengawali debat capres, Ganjar Pranowo, Capres nomor urut tiga, juga menyinggung mengenai isu keamanan siber dalam pemaparan visi misinya.

Pada pemaparannya, di samping masalah seperti terorisme, narkoba tindak pidana pencucian uang, dan kekerasan seksual, Ganjar menyebut juga masalah judi online saat ini perlu mendapatkan perhatian.

"Maka reformasi kepolisian harus betul-betul mengantisipasi ini dengan penguatan cyber system kita, termasuk pengembangan SDM siber yang kuat," kata Ganjar.

Isu keamanan siber juga disinggung oleh Capres nomor urut satu Anies Baswedan.

"Dalam beberapa tahun terakhir ini, lebih dari 160 ribu orang meninggal bukan karena serangan militer, tapi karena serangan virus. HP kita, komputer kita, diserang oleh cyber attack, lebih dari 800 juta cyber attack" kata Anies.

Selain itu, Anies Baswedan juga sempat menyinggung masalah diretasnya Kementerian Pertahanan.

"Dan lebih jauh lagi ironisnya, Kementerian Pertahanan menjadi kementerian yang dibobol oleh hacker 2023. Sebuah ironi," kata Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Begini Antusiame Warganet Nonton Debat Capres Ketiga, Minggu 7 Januari 2024

Debat Capres ketiga yang digelar Minggu, 7 Jamuari 2024, baru saja dimulai. Meski demikian, jagat maya sudah memanas, di mana banyak warganet terlihat antusias menonton acara yang digelar di Istora Senayan Jakarta ini.

Pantauan Tekno Liputan6.com di platform X alias Twitter, sejumlah tagar atau keywords yang berkaitan dengan Debat Capres 2024 mulai naik menjadi trending topic.

Antara lain keyword Capresmu, Memimpin Indonesia, tagar #nazarpemilu, dan Istora Senayan.

Tak hanya itu, banyak pula warganet yang menonton debat capres di rumah bersama keluarga. Ada pula yang menyebut acara Debat Capres-Cawapres bisa menjadi penyemangat.

"Yoklah nonton debat capres ketiga 🙌🏼 biar besok senin makin semangat kiw kiw," cuit @ngeja***

"Mantengin debat capres," tulis @only***

"Rumah gue jadi seru gini mau nonton debat capres krn kebetulan personil seisi rumah lengkap dan masing-masing punya pilihan beda-beda wkwkwk," kicau @terse***

"Mari menyaksikan debat capres," ujar @mariber***

"Nonton Debat Capres biar ada bahan ketawa," timpal @todo***

"This is gonna be fun," tulis @fadli*** sembari menyematkan #DebatCapres

Saat hendak memulai debat capres, para pasangan capres-cawapres satu persatu memasuki lokasi atau panggung.

Yang pertama masuk adalah paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, lalu paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan disusul paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Ketika masuk ke dalam panggung debat capres, paslon nomor urut 3 Ganjar-Mahfud Md cukup menarik perhatian. Sebab, keduanya menggunakan jaket bomber berwarna hijau dan kacamata hitam.

3 dari 4 halaman

Tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat calon presiden (capres) pada Minggu 7 Januari 2024 malam ini. Debat capres akan digelar di Istora Senayan Jakarta.

Debat capres ini akan berlangsung pukul 19.00 WIB selama 150 menit yang terdiri dari 120 menit untuk debat dan 30 menit jeda iklan.

Tema debat ketiga Pilpres 2024 ini adalah pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Akan ada 11 panelis dalam debat capres 2024 ini yang terdiri dari kalangan profesional mau pun akademisi yang dipastikan independen dan berintegritas untuk menjaga kerahasiaan soal-soal yang akan disampaikan pada tiap debat.

Berikut 11 orang nama panelis yang sudah terkonfirmasi menjadi panelis debat capres dan akan mulai dikarantina lusa, 5 Januari 2023:

1. Prof. Angel Damayanti, Ph.D (Guru Besar Bidang Keamanan Internasional Fisipol Universitas Kristen Indonesia)

2. Curie Maharani Savitri, Ph.D (Dosen Hubungan Internasional, ahli kajian industri pertahanan dan alih teknologi Universitas Binus)

3. Prof. Evi Fitriani, Ph.D, (Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia)

4. Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D (Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia dan Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani)

5. I Made Andi Arsana, S.T., M.E., Ph.D (Ahil Aspek Geospasial Hukum Laut Universitas Gadjah Mada)

6. Dr. lan Montratama (Dosen Program Studi Hubungan Internasional Ahli Keamanan dan Pertahanan Universitas Pertamina)

7. Irine Hiraswari Gayatri, Ph.D (Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional)

8. Dr. Kusnanto Anggoro (Pakar Keamanan Universitas Pertahanan)

9. Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio (KSAL 2012-2014 dan Ketua Dewan Guru Besar Universitas Pertahanan)

10. Philips J. Vermonte, Ph.D (Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Internasional Indonesia dan Senior Fellow CSIS)

11. Prof. Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, S.I.P. S.SI., M.T, M.SI. (Han) (Guru Besar Bidang Keamanan Global Universitas Padjadjaran).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjuk Ariyo Ardi dan Anisha Dasuki sebagai moderator debat capres. 

4 dari 4 halaman

Infografis Ada 204 Juta Lebih DPT di Pemilu 2024. (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini