Sukses

Microsoft Copilot Bakal Punya Tombol Khusus di Keyboard Windows 11, Perubahan Besar di 30 Tahun Terakhir

Microsoft mengumumkan akan menghadirkan tombol khusus Copilot untuk keyboard di PC yang menjalankan Windows 11.

Liputan6.com, Jakarta - Microsoft dilaporkan terus mendorong pemanfaatan Copilot, termasuk mereka pengguna PC atau laptop. Karenanya, Microsoft selalu menghadirkan pembaruan untuk memudahkan pengguna mengakses layanan tersebut.

Salah satunya ditunjukkan dengan menghadirkan tombol khusus Copilot di keyboard pada PC atau laptop terbaru. Jadi, tombol tersebut akan menjadi akses cepat bagi pengguna untuk bisa langsung membuka layanan Copilot.

Mengutip informasi dari The Verge, Minggu (7//1/2024), kehadiran tombol ini merupakan perubahan besar pertama yang ada di keyboard PC Windows dalam tiga dekade terakhir. Sebab, selama itu memang tidak ada perubahan berarti dalam susunan keyboard di perangkat Microsoft Windows.

"Kami melihat ini sebagai momen transformatif lainnya dalam perjalanan kami dengan Windows dan Copilot akan menjadi titik masuk ke dunia AI di PC," tutur Executive Vice President and Consumer Chief Marketing Officer Microsoft Yusuf Mehdi.

Nantinya, tombol Copilot akan menggantikan tombol Menu atau Application yang pertama kali diperkenalkan bersama dengan tombol Windows. Jadi, tombol ini akan berada di bagian tangan kanan pada keyboard, meski penempatannya bisa berbeda tergantung perusahaan yang membuat perangkat.

Seperti yang sudah dijelaskan, tombol ini akan berfungsi untuk meluncurkan Windows Copilot yang ada di Windows 11. Langkah serupa sebenarnya pernah dilakukan Microsoft dengan menambahkan tombol Office di keyboard besutan mereka sendiri.

Apabila Windows Copilot belum tersedia di negara pengguna, tombol Copilot akan berfungsi untuk membuka Windows Search. Untuk sekarang, tombol ini belum bisa dikombinasikan dengan tombol lain, sehingga hanya memiliki satu fungsi saja.

Menurut Yusuf, tombol khusus Copilot ini akan tersedia pada perangkat Windows 11 dari rekanan ekosistem Microsoft dalam waktu dekat. Rencananya, tombol ini akan hadir di perangkat yang mulai diluncurkan di paruh pertama tahun ini, termasuk Surface generasi selanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Microsoft Copilot Rilis di Android dan iOS, Chatbot AI Generatif Berbasis ChatGPT

Sebelumnya, Microsoft secara mengejutkan merilis chatbot AI generatif berbasis ChatGPT buatan mereka di Android dan iOS, yakni Copilot.

Secara garis besar, Microsoft Copilot versi Android dan iOS memiliki fungsi dan tampilan serupa dengan aplikasi OpenAI ChatGPT versi mobile.

Seperti aplikasi ChatGPT milik OpenAI, pengguna dapat menuliskan prompt atau perintah untuk mengajukan pertanyaan, meringkas teks, membuat draf email, blog, dan banyak lagi.

Tak hanya itu, pengguna HP Android dan iOS bisa menggunakan Microsoft Copilot untuk membuat gambar berbekal teknologi DALL-E 3.

Mengutip Mashable, Rabu (3/1/2024), aplikasi buatan Microsoft ini juga sudah mencakup akses ke LLM (Large Language Model) terbaru OpenAI, GPT-4, secara gratis.

Informasi, pengguna gratis saat ini hanya dapat mengakses layanan GPT-3.5. Microsoft Copilot saat ini sudah dapat diunduh via Google Play Store dan Apple App Store.

 

3 dari 4 halaman

Microsoft Ubah Nama Bing Chat Jadi Copilot

Sebagai informasi, pada November 2023, Microsoft telah memutuskan untuk mengganti nama Bing Chat menjadi Copilot.

Perubahan ini terjadi setelah Microsoft berusaha memperkenalkan Bing Chat sebagai bagian dari mesin pencari Bing, dengan antarmuka obrolan yang mirip dengan ChatGPT.

Microsoft memulai inovasi besar mereka dalam pengembangan AI awal tahun ini dengan Bing Chat, tetapi sekarang mereka lebih memilih untuk mengidentifikasikan produknya dengan Copilot, padahal Bing Chat belum genap berumur satu tahun.

Perubahan nama ini datang hanya beberapa hari setelah OpenAI mengumumkan bahwa 100 juta orang menggunakan ChatGPT setiap minggunya, menunjukkan intensitas persaingan antara Microsoft dan OpenAI di ranah asisten AI. 

4 dari 4 halaman

Respons Popularitas ChatGPT

"Bing Chat dan Bing Chat Enterprise sekarang akan menjadi Copilot," ungkap manajer umum Microsoft 365 Colette Stallbaumer kepada The Verge, dikutip Jumat (17/11/2023).

Perubahan ini mencerminkan strategi Microsoft dalam bersaing dengan ChatGPT dan memposisikan Copilot sebagai pilihan yang menarik untuk konsumen dan bisnis.

Copilot ditawarkan oleh Microsoft dalam dua varian, yaitu versi gratis dan versi berbayar bernama Copilot untuk Microsoft 365. Versi gratis dapat diakses di Bing dan Windows, tetapi akan memiliki domain khusus di copilot.microsoft.com.

Pengguna bisnis akan masuk ke Copilot dengan Entra ID, sementara konsumen membutuhkan Akun Microsoft.

Ini merupakan upaya Microsoft dalam merespons popularitas ChatGPT dan memastikan bahwa produk mereka tetap relevan dan bersaing di pasar yang semakin kompetitif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.