Sukses

Samsung Galaxy S24 Series Dibekali Galaxy AI, Apa Saja Keunggulannya?

Samsung akan meluncurkan Galaxy S24 series dengan fitur Galaxy AI yang menawarkan pengalaman kecerdasan buatan yang lebih imersif dan beragam.

Liputan6.com, Jakarta - Samsung baru saja mengumumkan akan mengelar ajang Galaxy Unpacked 2024 pada 17 Januari jam 13.00 waktu setempat, atau 18 Januari 01.00 WIB dini hari.

Dalam acara ini, Samsung diyakini akan mengumumkan lini smartphonte terbarunya di pasaran, yakni Galaxy S24 series.

Adapun seri penerus Galaxy S23 ini hadir dalam tiga model, yakni Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra.

Sejumlah informasi tentang ponsel baru Samsung ini sudah membanjiri internet, di mana bocoran tentang spesifikasi Galaxy S24 series hingga varian warna pun sudah ramai beredar.

Namun, dari sekian banyak bocoran yang beredar di internet. Informasi tentang Galaxy AI membuat banyak konsumen dan pecinta gadget penasaran.

AI, Artificial intelligence (kecerdasan buatan) sendiri memang saat ini sedang booming, diawali dengan kehadiran ChatGPT buatan OpenAI.

Dua tahun berjalan, AI pun semakin banyak diadopsi oleh berbagai perusahaan teknologi untuk diintegrasikan ke dalam produk buatan mereka.

Hal serupa dilakukan oleh Samsung lewat Galaxy AI ini. Dari rumor beredar saat ini, perusahaan memang ingin mendorong berbagai fitur canggih AI di ponsel mereka.

Saat ini, perusahaan asal Korea itu masih tutup mulut rapat-rapat tentang kemampuan sebenarnya dari Galaxy AI dan akan diungkap lebih detail saat Galaxy Unpacked 2024.

Saat ini, Galaxy AI disebut-sebut akan mewakili pengalaman AI lebih imersif dan beragam saat pengguna berinteraksi dengan ponsel dalam kesehariannya.

Mengutip Data Economy, Kamis (4/1/2024), Galaxy AI sendiri dikembangkan secara langsung oleh Samsung bermitra dengan para pemimpin industri kecerdasan buatan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Galaxy S24 Series Dilengkapi Galaxy AI

<p>HP Android Galaxy S24 Ultra Tampil dengan Desain Lebih Rata, Ini Bocoran Fotonya! (Doc: @DavidMa05368498 | X)</p>

Rumor dan bocoran menunjukkan ada integrasi substansial fitur AI ke dalam Samsung Galaxy S24, dengan spekulasi mengarah pada fungsi baru seperti fitur penerjemah panggilan AI atau AI Live Translate Call.

Mengutip GSM Arena, Samsung akan menyematkan dua fitur AI, Live Translate dan Generative Edit di ketiga Galaxy S24.

Informasi ini diungkap oleh pengguna X dengan akun Arsene Lupin (@MysteryLupin), di mana dirinya mengunggah gambar daftar fitur trio Galaxy S24 series untuk toko retail.

Dalam postingan tersebut, Live Translate menunjukkan proses terjemahan akan dilakukan langsung di perangkat Galaxy S24 series.

Dengan fitur ini, pengguna HP Samsung dapat berkomunikasi dalam berbagai bahasa secara real-time berbekal ponsel.

Sedangkan untuk fitur AI Generative Edit, ini menjadi jawaban Samsung untuk bersaing dengan Google Magic Editor.

Dijelaskan, pengguna butuh akun Samsung dan koneksi internet agar fitur ini dapat berfungsi. Hal tersebut menandakan, fitur AI itu akan dilakukan di cloud.

3 dari 5 halaman

Pre-Order Samsung Galaxy S24 Series di Indonesia Buka 18 Januari 2024

<p>HP Android Galaxy S24 Ultra Tampil dengan Desain Lebih Rata, Ini Bocoran Fotonya! (Doc: @DavidMa05368498 | X)</p>

Debut Samsung Galaxy S24 Series semakin dekat, dengan jadwal ponsel ini diumumkan pada 17 Januari 2024 di Galaxy Unpacked 2024.

Dari rumor saat ini, Samsung akan meluncurkan Galaxy S24, Galaxy S24 Plus, dan Galaxy S24 Ultra di ajang tahunan tersebut.

 Seperti tahun sebelumnya, perusahaan asal Korea tersebut langsung membuka sesi pre-order Samsung Galaxy S24 series bersamaan dengan peluncurannya di San Jose, Amerika Serikat.

Bagi fans Samsung di Indonesia, Anda juga sudah bisa langsung ikutan pre-order Galaxy S24 series sesaat Galaxy Unpacked 2024 digelar 18 Januari pukul 01.00 WIB.

Berdasarkan informasi dari akun Instagram Samsung Indonesia, konsumen yang ikutan pre-order Galaxy S24 series ini berkesempatan untuk mendapatkan hadiah eksklusif.

Tak hanya itu, perusahaan juga akan memberikan proteksi Samsung Care+ selama 1 tahun bagi konsumen yang ikut pre-order HP Samsung teranyar ini.

4 dari 5 halaman

Spesifikasi Galaxy S24

<p>Render Samsung Galaxy S24 Ultra. (Doc: @OnLeaks | SmartPrix) </p>

Leaker Evan Blass juga membagikan materi spesifikasi lengkap Galaxy S24 series, seperti ukuran layar, kamera, hingga kapasitas baterai.

Berdasarkan bocoran materi spesifikasi tersebut, Galaxy S24 hadir dengan layar 6.2 inci berpanel Dynamic AMOLED 2X, resolusi FHD+, dan refresh rate 120Hz.

Sedangkan untuk Galaxy S24 Plus, Samsung menambah ukuran layar ponsel ini menjadi 6.7 inci (sebelumnya 6.6 inci) dan beresolusi QHD+.

Untuk lini paling premiumnya, Galaxy S24 Ultra akan mengusung panel layar berukuran 6.8 inci.

Di sisi kamera, Galaxy S24 dan S24 Plus akan menggunakan kamera utama 50MP didampingi telefoto 3x. Tertulis, kamera utama HP Android ini memiliki kemampuan untuk merekam video 8K.

Sementara untuk Galaxy S24 Ultra, HP ini menggunakan kamera 200MP dipadukan dengan telefoto 3x dan 10x.

5 dari 5 halaman

Bixby Dirombak Total

<p>Galaxy S24 Plus Muncul di Internet dengan Desain Baru. (Doc: @OnLeaks | GizNext)</p>

Lebih lanjut, seri Galaxy S24 akan memiliki fitur serupa dengan ChatGPT dan Bard milik Google, memungkinkan pengguna untuk membuat konten dan cerita berdasarkan perintah yang diberikan layaknya chatbot AI pada umumnya.

Selain itu, Samsung juga merancang fitur AI tambahan, termasuk text-to-image Generative AI yang sudah dibahas dalam pengumuman chipset Exynos 2400. Fitur ini akan mendukung seri Galaxy S24 di beberapa pasar. 

Selain fitur generatif, fitur speech-to-text juga dikatakan akan mendapatkan peningkatan berupa bantuan AI di seri Galaxy S24 ini.

Mungkin yang paling mengejutkan dari semua ini adalah klaim bahwa Bixby, asisten virtual dari Samsung yang sebelumnya kurang diminati, akan memiliki percakapan yang lebih manusiawi dan makin cerdas. 

Ini menunjukkan Samsung mungkin memiliki rencana besar untuk menggabungkan berbagai kemampuan AI dalam Bixby, membawa pengalaman pengguna ke tingkat yang lebih tinggi.

  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini