Sukses

LG Bakal Luncurkan AI Agent di CES 2024, Robot Asisten Canggih Buat Smart Home

LG mengungkapkan salah satu teknologi yang bakal mereka luncurkan di CES 2024 adalah asisten robot smart home, AI Agent.

Liputan6.com, Jakarta - LG Electronics mengungkapkan teknologi teranyar mereka yaitu Smart Home AI Agent, yang akan diluncurkan di Consumer Electronics Show atau CES 2024 pada 9 Januari di Las Vegas, Amerika Serikat.

Menurut LG, AI Agent merupakan robot asisten yang bakal diterapkan di smart home perusahaan. Robot ini juga dilengkapi dengan teknologi multi-modal mutakhir sehingga mampu bergerak, belajar, memahami, dan bercakap-cakap dengan pengguna.

AI Agent dikembangkan oleh LG untuk meningkatkan kehidupan sehari-hari pengguna dan merealisasikan komitmennya dalam mewujudkan visi "Zero Labor Home".

Mengutip siaran pers, Jumat (29/12/2023), AI Agent LG punya desain roda berkaki dua, serta dapat menjelajahi rumah secara mandiri.

Perangkat pintar ini bisa berinteraksi secara verbal dengan pengguna, serta mengekspresikan emosi dan gerakan karena memiliki sendi kaki yang fleksibel.

Ia juga dilengkapi dengan teknologi multi-modal yang menggabungkan pengenalan suara dan gambar serta pemrosesan bahasa alami. Jadi, LG AI Agent dapat memahami konteks, perintah, dan berkomunikasi secara aktif dengan pengguna.

AI Agent juga diklaim bisa terhubung dengan berbagai peralatan berbasis IoT dan mampu mengoperasikannya secara mandiri.

Perusahaan menyebut, mereka menggandeng Qualcomm Technologies untuk melengkapi robot dengan Qualcomm Robotics RB5, yang menghadirkan berbagai fitur AI seperti pengenalan wajah dan suara pengguna.

Robot LG tersebut juga punya kamera, speaker, dan sensor internal, untuk mengumpulkan data lingkungan secara real-time, termasuk suhu, kelembapan, dan kualitas udara dalam ruangan.

Teknologi AI LG mampu menganalisis data tersebut, mempelajari, dan menggabungkannya dengan informasi eksternal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bisa Menyambut Pengguna

AI Agent juga dapat membantu memonitor dan merawat hewan peliharaan saat pengguna berada di luar rumah.

Selain itu, AI Agent dapat berfungsi sebagai penjaga keamanan dan dapat memberikan peringatan kepada pengguna apabila ada aktivitas yang mencurigakan di sekitar rumah.

Robot juga bisa berpatroli secara mandiri dalam rumah saat tak ada orang, berpindah ruangan, dan mengirimkan notifikasi ke ponsel pengguna, saat ada jendela terbuka atau lampu yang masih menyala.

AI Agent dapat membantu menghemat energi dengan mematikan perangkat yang tidak digunakan di seluruh rumah, apabila telah dihubungkan ke stopkontak cerdas yang terhubung dengan IoT.

Saat pengguna pulang, AI Agent dapat menyambut di pintu depan. Dia bisa menganalisa suara dan ekspresi wajah pengguna, untuk membaca emosi dan memainkan musik atau konten lain sesuai mood pengguna.

3 dari 4 halaman

Bakal Dipamerkan di CES 2024

AI Agent juga mampu memberikan informasi mengenai transportasi, cuaca, jadwal pribadi, dan mengingatkan pengguna untuk minum obat sehingga membantu keseharian pengguna.

Lyu Jae-cheol, Presiden Direktur LG Electronics Home Appliance & Air Solution Company mengatakan, mereka akan terus menghadirkan kehidupan yang lebih cerdas dan pengalaman yang lebih menyenangkan di rumah.

"Smart Home AI Agent inovatif kami menggabungkan mobilitas otonom mutakhir dan teknologi kecerdasan buatan yang mampu berkomunikasi dan melayanani pengguna sehingga pengguna terbebas dari beban pekerjaan rumah tangga," ujarnya.

Menurut perusahaan, AI Agent LG bakal dipamerkan di CES 2024 di Las Vegas, Amerika Serikat, pada tanggal 9 sampai 12 Januari mendatang, bersama sejumlah teknologi lainnya.

4 dari 4 halaman

LG Mau Makin Fokus di Bisnis Kendaraan Listrik dan Otonom

Dalam ajang IAA Mobility pada Senin (4/9/2023) di Munich, Jerman, CEO LG William Cho berbicara mengenai visi perusahaan untuk mendorong berbagai perubahan penting pada berbagai aspek dalam ekosistem mobilitas.

Dengan perkembangan industri otomotif yang sangat pesat untuk berfokus pada elektrifikasi dan berkendara otonom atau kendaraan listrik, LG menyatakan memiliki peluang besar dalam menciptakan nilai pengguna pada area mobilitas.

Cho menilai kendaraan tak lama lagi akan lebih dari sekadar alat transportasi, tapi sebagai sebuah perpanjangan tempat untuk mendapatkan pengalaman penggunaan yang berbeda.

“LG memiliki pengalaman hampir 70 tahun dalam bisnis yang berhadapan langsung dengan konsumen,"  ujar Cho, dikutip dari situs web resmi LG.

Sepanjang masa itu, kami telah memiliki pemahaman yang kaya terkait dengan konsumen di seluruh dunia dan ruang hidupnya melalui berbagai temuan dari penelitian mendalam dan tren," imbuhnya.

Hal inilah yang kemudian menjadi modal perusahaan dalam menghasilkan berbagai inovasi di industri elektronik konsumer.

“Dengan pengetahuan dan pengalaman yang besar di area ini, kami sangat bersemangat untuk makin fokus menyajikan langkah baru kami dalam bidang mobilitas (otomotif),” ucapnya menambahkan.

Berbagai pemahaman dan keahlian inilah yang kemudian berada di balik berdirinya LG Vehicle Component Solution (VS) company. Dengan terus berinvestasi, LG mengklaim sukses mengembangkan bisnisnya dalam bidang komponen dan solusi otomotif.

Menurut firma riset pasar Strategy Analytics, diperkirakan LG menyumbang pangsa terbesar pasar telematika kendaraan global tahun lalu, yaitu sebesar 23,3 persen. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.