Sukses

Instagram Hadirkan Fitur Pratinjau Postingan dan Grid, Ini Fungsinya

Instagram hadirkan fitur pratinjau postingan dan fitur grid, pengguna bisa memeriksa foto sebelum diposting dan memecah foto jadi beberapa kisi tanpa aplikasi pihak ketiga

Liputan6.com, Jakarta - Bagi pengguna Instagram yang aktif membagikan foto-foto atau video di feed, postingan yang tampil cantik di beranda adalah sesuatu yang memuaskan.

Namun, apakah mungkin pengguna bisa memastikan kalau postingannya akan bagus atau tidak saat muncul di beranda followers?

Dilansir India Today, Senin (25/12/2023), Instagram rupanya menjawab pertanyaan dan kebutuhan pengguna terkait hal ini.

Platform media sosial ini menghadirkan fitur pratinjau postingan, sehingga pengguna bisa melihat sekilas bagaimana tampilan postingan mereka sebelum dibagikan ke publik.

Selain itu, ada fitur grid yang bisa digunakan untuk memotong foto menjadi beberapa bagian (kisi) dan pengguna bisa melihat sekilas hasilnya sebelum diposting.

Dengan adanya fitur ini, pengguna tidak perlu lagi menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membuat memecah foto menjadi beberapa postingan, karena Instagram kini menggabungkannya langsung ke dalam aplikasi. 

Laporan menunjukkan pengguna dari seluruh dunia sudah mulai mengonfirmasi kedatangan fitur ini. Namun, penting untuk dicatat bahwa Meta saat ini sedang menguji fitur grid dengan basis pengguna terbatas.

Sejauh ini, tidak ada tanggal atau jadwal resmi untuk ketersediaannya secara luas.

Adapun bagi pengguna Instagram yang ingin memeriksa apakah memiliki akses ke fitur tersebut, berikut panduan sederhana dari Meta untuk mengeceknya.

  • Buka Play Store dan perbarui aplikasi Instagram jika pembaruan tersedia.
  • Buka aplikasi dan mulai membuat postingan. Jika opsi grid baru sudah terlihat, selamat, fitur tersebut sudah siap untuk diuji coba.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengguna Instagram Kini Bisa Kustomisasi Template Add Yours

Sebelumnya, Instagram memperkenalkan kemampuan baru ke fitur Add Yours. Kemampuan baru ini memungkinkan pengguna membuat template yang dapat diisi orang lain dengan kustomisasi sesuai kreativitas mereka. 

Prosesnya cukup sederhana. Pengguna dapat membuat template Add Yours dengan menambahkan GIF, teks, dan gambar ke dalam cerita mereka, lalu mereka dapat memilih template Add Yours dari menu Stiker. 

Hal menarik dari fitur ini adalah setelah template Add Yours dibagikan dalam Stories, orang lain dapat menggunakannya dan menambahkan elemen kreatif mereka sendiri.

Jika pengguna ingin mengutak-atik template dari orang lain, mereka hanya perlu mengetuk opsi Add Yours saat melihatnya di Instagram Stories. 

Kemudian, mereka akan dibawa ke menu Kamera yang memungkinkan mereka bermain dengan elemen yang sudah ada, seperti menambahkan sentuhan pribadi, dan lainnya.

Selain itu, pengguna Instagram dapat melihat siapa saja yang telah memberikan sentuhan kreatif pada template tersebut dengan mengetuk wajah yang muncul di sisi kiri stiker.

Mengutip Engadget, Senin (18/12/2023), fitur ini memberikan kebebasan kepada pengguna untuk berkreasi dengan template Add Yours. 

Mereka dapat membuat kuis, memulai tren di sekitar ruang kerja mereka, atau mendorong orang untuk berbagi foto konyol dari hewan peliharaan mereka di Instagram.

Selain itu, dengan menyertakan gambar dan GIF dapat membantu template Add Yours tersebut makin menonjol dan diakses oleh banyak pengguna Instagram.

3 dari 4 halaman

Instagram Hadirkan Fitur Video Notes, Bisa Buat Video Durasi 2 Detik

Selain itu, pengguna Instagram kini bisa membuat Catatan atau Notes berupa video pendek alias Video Notes.

Seperti yang diketahui, Notes merupakan fitur status Instagram yang diluncurkan setahun lalu. Sejak peluncuran pertamanya, fitur ini hanya memungkinkan pengguna memposting catatan berupa teks atau emoji. Kemudian, beberapa waktu selanjutnya pengguna baru bisa memposting musik di Notes.

Sekarang, Instagram menambahkan kemampuan lainnya. Pengguna dapat memposting Video Notes berdurasi dua detik yang akan terlihat oleh pengikut bersama atau Teman Dekat selama 24 jam. Demikian dikutip dari Tech Crunch, Kamis (14/12/2023).

Fitur baru ini tentunya tidak akan menggantikan Instagram Stories, mengingat durasi dari video yang bisa dibagikan di Notes hanya dua detik. 

Adapun yang membedakan antara fitur Video Notes dengan Video Stories adalah pengguna hanya dapat memposting konten dari kamera depan saat berbagi Video Notes. 

Selain itu, pengguna harus menangkap konten dalam aplikasi saat memposting video. Artinya, pengguna tidak dapat mengunggah video dari galeri kamera ponsel.

Untuk  dapat memposting Video Notes, sama seperti membuat Notes lainnya, pengguna hanya perlu masuk ke DM kemudian mengetuk foto profil di Notes, lalu mengklik tombol kamera di atas foto. 

Kemudian, pengguna dapat mengetuk tombol rekam untuk merekam video berdurasi dua detik. Setelah itu, pengguna juga dapat menambahkan teks dan kemudian mempostingnya.

4 dari 4 halaman

Pengikut dan Teman Bisa Membalas Catatan Menggunakan Audio, Foto, Video, Gif, dan Stiker

Adapun untuk pengikut atau teman pengguna di Instagram, kini mereka tidak hanya bisa membalas Catatan menggunakan teks. Mereka kini memiliki lebih banyak opsi. Mulai dari memberikan balasan berupa audio, foto, video, gif, atau pun stiker. 

Dan balasan Catatan tersebut akan masuk sebagai DM (Direct Message/Pesan Langsung).

Sekadar diketahui, ketika Instagram pertama kali meluncurkan Notes alias Catatan pada bulan Desember 2022, fitur tersebut dipandang sebagai pesaing Twitter (sekarang X). Sebab, memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan orang lain hanya menggunakan teks. 

Fitur ini muncul pada saat orang mencari alternatif selain Twitter, setelah Elon Musk membeli jejaring sosial tersebut. Pada saat itu, laporan dari The New York Times mengungkapkan bahwa Meta sedang mempertimbangkan untuk mengubah Instagram Notes menjadi saingan Twitter yang lebih matang. 

Namun, alih-alih fitur Catatan yang disebut sebagai pesaing X, Threads milik Meta yang diluncurkan pada Agustus 2023 lalu menjadi pesaing X sesungguhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.