Sukses

Makin Meriah, Pengguna Instagram Kini Bisa Kustomisasi Template Add Yours

Instagram memperkenalkan kemampuan baru di fitur Add Yours yang memungkinkan pengguna membuat template yang bisa diisi oleh orang lain dengan kustomisasi kreatif.

Liputan6.com, Jakarta - Instagram memperkenalkan kemampuan baru ke fitur Add Yours. Kemampuan baru ini memungkinkan pengguna membuat template yang dapat diisi orang lain dengan kustomisasi sesuai kreativitas mereka. 

Prosesnya cukup sederhana. Pengguna dapat membuat template Add Yours dengan menambahkan GIF, teks, dan gambar ke dalam cerita mereka, lalu mereka dapat memilih template Add Yours dari menu Stiker. 

Hal menarik dari fitur ini adalah setelah template Add Yours dibagikan dalam Stories, orang lain dapat menggunakannya dan menambahkan elemen kreatif mereka sendiri.

Jika pengguna ingin mengutak-atik template dari orang lain, mereka hanya perlu mengetuk opsi Add Yours saat melihatnya di Instagram Stories

Kemudian, mereka akan dibawa ke menu Kamera yang memungkinkan mereka bermain dengan elemen yang sudah ada, seperti menambahkan sentuhan pribadi, dan lainnya.

Selain itu, pengguna Instagram dapat melihat siapa saja yang telah memberikan sentuhan kreatif pada template tersebut dengan mengetuk wajah yang muncul di sisi kiri stiker.

Mengutip Engadget, Senin (18/12/2023), fitur ini memberikan kebebasan kepada pengguna untuk berkreasi dengan template Add Yours. 

Mereka dapat membuat kuis, memulai tren di sekitar ruang kerja mereka, atau mendorong orang untuk berbagi foto konyol dari hewan peliharaan mereka di Instagram.

Selain itu, dengan menyertakan gambar dan GIF dapat membantu template Add Yours tersebut makin menonjol dan diakses oleh banyak pengguna Instagram.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Instagram Rilis Fitur AI Backdrop

Di sisi lain, Instagram baru saja meluncurkan fitur AI (kecerdasan buatan) Backdrop. Fitur ini berfungsi untuk mengubah latar belakang Instagram Stories berdasarkan perintah pengguna.

Seperti yang disebutkan pemimpin AI di Instagram Ahmad Al-Dahle melalui postingan Threads-nya, fitur ini sudah tersedia untuk para pengguna Instagram di AS.

Adapun untuk cara penggunaan fitur ini, simak langkah-langkah berikut, seperti dilansir Mashable, Sabtu (15/12/2023).

1. Ambil foto 

Untuk menggunakan fitur ini, tentunya pengguna harus mengambil foto terlebih dahulu. Misalnya, menggunakan foto diri. Namun, dalam mengambil foto perlu diperhatikan bahwa foto tidak memenuhi seluruh layar, sehingga ada ruang bagi AI untuk bekerja.

2. Gunakan fitur AI

Setelah mengambil foto, klik tombol AI di bagian atas layar. Dengan begitu AI akan memuat dengan kisi-kisi kecil berkilau yang menjadi ciri khasnya sebelum menguraikan subjek foto.

3. Ketik backdrop yang diinginkan 

Selanjutnya, pengguna bisa memilih backdrop seperti apa yang ingin digunakan dalam foto. Cukup ketuk tombol Backdrop, kemudian tuliskan latar belakang yang diinginkan.

4. Pilih hasil AI Backdrop 

Setelah selesai memproses foto, fitur ini akan memberikan dua opsi hasil foto pengguna. Pilih mana yang paling disukai, dan tambahkan ke Stories.

Setelah pengguna memposting hasil AI tersebut, pengikut akan melihat teks "Cobalah/Try it". Dengan demikian, pengguna instagram lain bisa mencoba fitur ini.

"Dan setelah Anda mengeposkannya, pesan 'Cobalah' stiker akan muncul saat Anda membagikan gambar yang dibuat, sehingga semakin memudahkan teman Anda untuk menggunakan latar belakang untuk pertama kalinya," tutur Al-Dahle dalam unggahan Threads-nya.

3 dari 4 halaman

Meta Perkenalkan Tool AI untuk Edit Foto dan Video di Instagram Facebook

Sebelumnya, Facebook dan Instagram mendapatkan beberapa alat kreatif baru yang didukung AI (kecerdasan buatan).

Mengutip The Verge, Sabtu (17/11/2023), dengan tool kecerdasan buatan alias AI baru ini, pengguna bisa mengedit foto dan menghasilkan “video berkualitas tinggi” menggunakan deskripsi teks. 

Pada hari Kamis, CEO Meta Mark Zuckerberg mengumumkan dua kemampuan baru yang dibangun di tool AI bernama Emu.

Dijelaskan, Emu adalah model dasar milik Meta untuk pembuatan gambar yang diintegrasikan ke dalam Facebook dan Instagram.

Pertama, “Emu Edit,” akan memungkinkan pengguna untuk “mengubah gambar secara tepat berdasarkan input teks.” 

Cara kerja Emu mirip dengan Adobe, Google, dan Canva. Pengguna bisa menghapus atau mengganti objek dan orang dari foto tanpa perlu menjadi editor foto profesional.

Bedanya, dengan Emu Edit ini pengguna tidak perlu memilih bagian gambar yang ingin mereka ubah secara manual. Hanya dengan mengetik objek yang ingin diedit, misalnya, "ubah anjing menjadi panda", maka alat tersebut akan dapat mengidentifikasi anjing di dalam gambar. 

Meta juga mengatakan bahwa Emu Edit hanya berfokus pada membuat perubahan yang relevan dengan permintaan edit, misalnya, meminta tool ini untuk menambahkan teks ke topi baseball tidak akan mengubah apa pun tentang desain topi.

Kedua, Emu Video, merupakan alat yang bisa menghasilkan video dari perintah teks, gambar referensi, atau kombinasi dari dua input tersebut.

Hasilnya tampak jauh dari realistis, tetapi juga terlihat seperti peningkatan dari animasi kasar yang diproduksi oleh sistem Make-A-Video Meta tahun lalu.

Sejauh ini, belum ada kabar kapan alat AI ini hadir di Facebook atau Instagram.

4 dari 4 halaman

Instagram Siapkan Fitur AI Friend

Selain itu, Instagram dikabarkan sedang mengerjakan fitur baru yang disebut 'AI friend' atau teman AI. Seperti namanya, lewat fitur baru ini pengguna bisa membuat teman AI sesuai dengan kebutuhan mereka.

Dikutip dari Indian Express, Senin (6/11/2023), Alessandro Paluzzi menuliskan di aplikasi X kalau teman AI di Instagram akan dapat menjawab pertanyaan pengguna, bertukar pikiran, bahkan membicarakan tantangan apa pun.

Berdasarkan tangkapan layar yang dibagikan Paluzzi, dengan fitur ini pengguna akan bisa menyesuaikan berbagai aspek teman AI mereka seperti jenis kelamin dan usia. Selain itu, beberapa parameter lain juga dapat disesuaikan, seperti etnis, kepribadian, dan minat teman virtual ini. 

Setelah melakukan penyesuaian, Instagram akan mengizinkan pengguna memberi nama teman AI dan memilih avatar untuk mereka.

Namun, masih belum jelas jenis AI (kecerdasan buatan) yang akan digunakan Instagram untuk membangun fitur 'AI friend' ini. Terkait kehadirannya, saat ini juga belum diketahui kapan Meta berencana merilis fitur baru tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.