Sukses

Pengguna WhatsApp iOS Bakal Bisa Bagikan Musik saat Panggilan Video

WhatsApp dikabarkan akan segera memiliki fitur berbagi musik saat melakukan panggilan video untuk iOS, fitur ini sudah terlihat di WhatsApp iOS beta versi 23.25.10.72.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp dikabarkan akan segera memiliki fitur berbagi musik saat melakukan panggilan video. Fitur baru ini dilaporkan sudah terlihat di WhatsApp iOS beta versi 23.25.10.72.

Dilansir News18, Senin (11/12/2023), dengan fitur ini pengguna WhatsApp bisa berbagi layar dengan orang lain sekaligus mendengarkan musik bersama saat melakukan panggilan video. 

Adapun cara kerjanya, saat melakukan panggilan video, pengguna akan menemukan ikon berbagi layar di bagian bawah, tepatnya di sebelah ikon kamera flip. Pengguna hanya perlu mengeklik ikon tersebut apabila ingin berbagi layar dan musik.

Sementara itu, saat ini WhatsApp sedang menetapkan beberapa ketentuan untuk menggunakan fitur ini. Pertama, pengguna harus tetap menyalakan video (kamera) selama panggilan. 

WhatsApp saat ini hanya menguji fitur ini untuk pengguna iPhone. Terkait pengguna Android, sejauh ini masih belum tahu apakah dan kapan WhatsApp akan meluncurkan fitur berbagi layar ini.

Selain menghadirkan fitur berbagi layar dan musik saat penggilan video, WhatsApp juga meluncurkan beberapa fitur baru lainnya untuk pengguna iOS.

Mulai dari fitur penambahan admin baru untuk WhatsApp Channel (Saluran), pengiriman foto dan video dalam format dokumen, hingga fitur obrolan AI.

WhatsApp juga dilaporkan sedang mengerjakan fitur baru yang memungkinkan pemilik saluran (channel) meminta peninjauan (banding) apabila saluran mereka ditangguhkan.

Dengan adanya fitur peninjauan WhatsApp Channel ini, bisa memberikan rasa keadilan kepada pemilik saluran dan mengurangi penangguhan yang salah atau tidak disengaja. 

Mengingat peninjauan otomatis sering kali dilakukan berdasarkan algoritma atau kriteria yang telah ditentukan sebelumnya untuk menegakkan kebijakan platform.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pemilik WhatsApp Channel di iOS Kini Bisa Tambah Admin Baru

Sebelumnya, WhatsApp meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pemilik saluran (channel) bisa mengundang admin baru. 

Fitur ini tersedia untuk beberapa penguji beta yang menginstal versi terbaru WhatsApp beta untuk iOS dari aplikasi TestFlight.

Penyempurnaan ini dirancang untuk agar pemilik WhatsApp Channel memiliki kontrol administratif tingkat lanjut dan kemampuan delegasi yang lebih baik. Demikian sebagaimana dikutip dari News18, Senin (4/12/2023).

Pemilik saluran bisa menemukan fitur "Undang Admin" di layar informasi saluran. Dengan menekan opsi tersebut, mereka dapat memilih kontak yang ingin dijadikan admin saluran. Adapun jumlah maksimal undangan admin sebanyak 15 kontak.

Sesuai laporan WABetaInfo, kontak yang ditunjuk sebagai admin baru akan menerima undangan, sehingga mendapatkan akses administratif ke saluran terkait. 

Dengan menerima undangan untuk menjadi admin saluran WhatsApp, mereka akan bisa mengubah detail saluran, termasuk nama, ikon, dan deskripsi. 

Selain itu, admin saluran baru juga akan bisa mengedit pengaturan saluran dan mengontrol emoji mana yang diizinkan untuk bereaksi dalam saluran.

Namun, tidak hanya mencakup tugas administratif, admin baru juga bisa membuat dan berbagi konten sekaligus mengawasi pembaruan konten yang ada di saluran, baik milik mereka sendiri atau dibagikan oleh admin lain, melalui pengeditan atau penghapusan. 

Meski demikian, ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan oleh admin, seperti ketidakmampuan untuk menambah atau menghapus admin lain dan larangan menghapus seluruh saluran.

“Kami percaya bahwa pengendalian ini memastikan pendekatan yang seimbang dengan memfasilitasi pengelolaan channel kolaboratif sambil menjaga perlindungan penting untuk saluran tersebut,” kata WABetaInfo.

3 dari 4 halaman

WhatsApp iOS Kini Bisa Kirim Foto dan Video dalam Bentuk Dokumen, Resolusi Full Maksimal 2GB

Selain itu, WhatsApp meluncurkan fitur berbagi foto dan video dalam bentuk dokumen bagi pengguna di iOS. Seperti pada aplikasi di Android, fitur ini bisa menjaga kualitas asli foto dan video yang dikirimkan.  

Berdasarkan laporan WABetaInfo, fitur baru ini hadir bersamaan dengan pembaruan WhatsApp 23.24.73 di iOS. Ini adalah alternatif dari pendekatan terkompresi yang biasa digunakan oleh aplikasi komunikasi.

Mengutip The Verge, Selasa (5/12/2023), fitur ini diujikan kepada beberapa pengguna pada bulan November 2023. Dan kini fitur ini telah dirilis untuk semua pengguna aplikasi chatting dari Meta ini di iOS. 

Perubahan ini akan diluncurkan dalam beberapa minggu mendatang, jadi perlu beberapa saat untuk muncul di perangkat pengguna.

Adapun untuk cara kerja fitur ini, pengguna bisa mengaksesnya dengan mengetuk tanda “+” di obrolan, memilih “Dokumen” dan kemudian “ Pilih Foto atau Video.” 

Perlu diperhatikan, file foto dan video yang bisa dikirim menggunakan fitur ini maksimal berukuran 2GB.

Sementara itu, WhatsApp juga telah menguji fitur ini untuk pengguna Android setidaknya sejak September 2023.

Sebelumnya, telah ada solusi untuk mengirim foto dan video resolusi penuh melalui WhatsApp. Caranya yaitu dengan mengubah file secara manual ke format PDF atau DOC. 

Namun, rupanya WhatsApp kini memberikan cara yang lebih mudah untuk berbagi media berkualitas tinggi bersamaan dengan pembaruan gambar HD yang telah dirilis WhatsApp.

4 dari 4 halaman

WhatsApp Mau Hadirkan Fitur Obrolan AI ke Pengguna iOS

Di samping itu, WhatsApp juga telah memperkenalkan pintasan baru untuk mengakses percakapan AI langsung dari tab Obrolan. WABetaInfo melaporkan bahwa fitur ini kini tersedia bagi pengguna beta iOS yang telah menginstal pembaruan versi 23.23.10. 

Pada September lalu, CEO Meta Mark Zuckerberg memperkenalkan fitur baru WhatsApp yang memungkinkan sekelompok pengguna untuk terlibat dalam percakapan yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI).

Obrolan AI ini bertujuan membantu pengguna dalam kegiatan sehari-hari dengan memberikan saran dan panduan, demikian jika mengutip dari The Times of India, Sabtu (25/11/2023). 

Pengguna sekarang dapat dengan cepat membuka obrolan AI melalui tombol baru di tab Obrolan. Perlu ditekankan bahwa obrolan AI saat ini terbatas pada kelompok pengguna tertentu, dan tanggal rilis lebih luas masih belum ditentukan.

Dengan pengenalan pintasan khusus, pengguna dapat mengakses obrolan AI secara langsung dari Tab Obrolan tanpa harus mencari interaksi sebelumnya dengan kecerdasan buatan dalam daftar obrolan. 

Pendekatan ini secara signifikan mengurangi waktu dan upaya yang diperlukan untuk memulai percakapan khusus.

Ini adalah langkah inovatif dari WhatsApp untuk memberikan akses yang lebih cepat dan mudah ke fitur AI mereka kepada pengguna. 

Meskipun masih dalam uji coba beta di iOS, diharapkan bahwa fitur ini akan segera tersedia untuk pengguna lainnya setelah melalui tahap pengembangan yang memadai. Jadi, tunggu pembaruan resmi untuk menikmati pengalaman obrolan AI yang lebih efisien di WhatsApp.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini