Sukses

Perbandingan Oppo Find N3 Flip Vs Samsung Galaxy Z Flip 5: dari Layar, Kamera hingga Harga

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui perbandingan antara dua layar lipat terbaru di Indonesia yakni Oppo Find N3 Flip dan Samsung Galaxy Z Flip 5.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah menjadi produsen HP layar lipat tunggal di pasar Indonesia, Samsung kini kedatangan penantang baru dari Oppo. Perusahaan teknologi asal Tiongkok ini membawakan HP layar lipat terbaru mereka Oppo Find N3 Flip, sebagai pesaing Galaxy Z Flip 5.

Sama-sama memiliki teknologi layar lipat clamshell, baik Oppo maupun Samsung tentunya menawarkan berbagai inovasi yang berbeda. Mulai dari segi tampilan, kamera, hingga dapur pacu, keduanya memberikan dua hal yang berbeda.

Oppo sendiri mengakui, HP kelas flagship terbaru mereka ini akan menjadi acuan baru di dunia HP layar lipat.

Untuk mengetahui berbagai fitur yang ditawarkan, kali ini tim Tekno Liputan6.com akan mengulas perbedaan Oppo Find N3 Flip dan Samsung Galaxy Z Flip 5. Apa saja pembedanya? Simak selengkapnya berikut ini.

Performa dan Penyimpanan

Diawali dengan dapur pacu, keduanya telah dibekali chipset terbaik di pasaran saat ini. Galaxy Z Flip 5 menggunakan Snapdragon 8 Gen 2, sedangkan Oppo Find N3 Flip memakai Mediatek Dimensity 9200.

Dengan fabrikasi 4nm kelas flagship, keduanya menawarkan pengalaman pemakaian yang lancar serta lebih nyaman karena tidak cepat panas.

Adapun chipset Snapdragon yang ada di HP Samsung telah memiliki empat inti cortex, sedangkan Dimensity kepunyaan Find N3 Flip hanya berjumlah tiga.

Kemudian, keduanya sama-sama menggunakan sistem memori UFS 4.0 yang menawarkan sistem pencatatan dan pembacaan data yang cukup tinggi.

Galaxy Z Flip 5 memiliki dua model dengan kapasitas memori berbeda yakni 256GB dan 512GB. Sementara Find N3 Flip yang masuk ke Indonesia hanya tersedia dalam varian 256GB.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Layar dan Lipatan

Beralih ke fungsi utama yang ditawarkan HP layar lipat, baik Samsung maupun Oppo telah menggunakan layar lipat AMOLED yang mendukung pencitraan warna HDR10+ serta memiliki kecepatan refresh 120 Hz.

Layar Galaxy Z Flip 5 memiliki ukuran 6,7 inci, sedangkan Find N3 Flip 6,8 inci. Keduanya juga memiliki tingkat kecerahan maksimal yang hampir mirip, 1750 nits untuk Samsung, dan 1600 nits untuk Oppo.

Hal baru dibawakan Oppo pada engsel lipatan layar Find N3 Flip. Menggunakan sistem Flexion Hinge dengan material Zirconium, Oppo menjamin penggunaan HP layar lipat yang nyaman sekaligus tahan lama. 

Dalam pengujian TUV Rheinland, Find N3 Flip disebut berjalan dengan normal bahkan setelah dibuka tutup sebanyak 1 juta kali. Sementara Galaxy Flip 5, diklaim mampu bertahan hingga 400 ribu kali buka tutup sebelum engselnya mulai rusak.

<p>Lipatan kondisi mati HP layar lipat terbaru Samsung Galaxy Z Flip 5 dan Oppo Find N3 Flip. (Liputan6.com/Labib Fairuz)</p>
 

Pada lapisan layar, Oppo juga memberikan lembaran carbon fiber yang membuatnya kokoh meski layarnya ditekuk berkali lipat. Hal ini membuatnya tampil dengan lipatan tak kasat mata, baik saat kondisi layar nyala maupun mati.

<p>Lipatan HP ayar lipat terbaru Samsung Galaxy Z Flip 5 dan Oppo Find N3 Flip. (Liputan6.com/Labib Fairuz)</p>
 

Lipatan ini berbeda dengan HP milik Samsung yang masih cukup terlihat secara kasat mata. Saat digunakan, perasaan cekung di bagian tengah layar Galaxy Z Flip 5 juga terasa lebih dalam dibanding Find N3 Flip.

3 dari 5 halaman

Cover Screen

Pada bagian ini, Samsung dan Oppo memiliki pendekatan berbeda. Samsung menawarkan pengalaman menggunakan cover screen yang lega, sementara Oppo ingin mempertahankan pengalaman ponsel vertikal seperti layar bagian dalam.

Samsung Galaxy Flip 5 menggunakan layar berlapiskan Corning Gorilla Glass Victus 2 berukuran 3,4 inci 720 x 748 pixel dengan kecerahan maksimal 1600 nits.

Oppo Find N3 Flip di sisi lain menggunakan layar berlapiskan Corning Gorilla Glass Victus berukuran 3,26 inci 382 x 720 pixel dengan kecerahan maksimal 900 nits

Karena rasio layar yang cenderung landscape, menggunakan aplikasi di cover screen Galaxy Z Flip 5 akan terasa berbeda. Meskipun terasa lebih lega saat bertukar pesan di WhatsApp ataupun menonton YouTube, tampilan TikTok HP ini cukup berbeda karena memberikan kotak hitam di sekitar video agar video tidak terpotong.

Hal ini berbeda dari Find N3 Flip yang memberikan pengalaman mirip layar HP pada umumnya, tapi tidak memberikan tampilan setajam Galaxy Z Flip 5.

Baterai dan Ketahanan

Perihal baterai, Samsung Galaxy Z Flip 5 dibekali dengan baterai kapasitas 3700 mAh saja, sedangkan Oppo menggunakan baterai 4300 mAh.

Dari segi pengisian daya, Find N3 Flip unggul dengan pengisian daya cepat 44W, lebih tinggi dari Samsung yang hanya 25W.

Untuk mengisi daya Find N3 Flip dari 0 hingga 50 persen, pengguna membutuhkan waktu 23 menit. Sementara, pengguna memerlukan waktu 30 menit untuk mengisi baterai Galaxy Z Flip 5 dari 0 ke 50 persen.

Hal lain yang berbeda dari keduanya adalah kemampuan wireless charging yang hanya dimiliki Galaxy Z Flip 5. HP ini mampu mengisi daya secara nirkabel dengan kecepatan 15 W, dan bisa melakukan reverse charging menggunakan daya 4,5 W

Sementara dalam segi ketahanan fisik, Galaxy Z Flip 5 unggul karena telah dibekali rating IPX8 yang membuatnya memiliki label water resistant. Sementara Find N3 Flip harus berpuas diri dengan rating IPX4 splash resistant 

Samsung juga membawakan armor alumunium frame yang diakui membuatnya lebih tahan banting dan gores dibanding pesaingnya.

4 dari 5 halaman

Kamera

Masuk ke sektor pengambilan gambar, Oppo berani membuat standar kamera HP layar lipat baru dengan menggandeng brand kamera kenamaan dunia Hasselblad.

Kamera Samsung Galaxy Z Flip 5 menggunakan konfigurasi kamera utama 12 MP, f/1.8, 24mm yang dilengkapi Dual Pixel PDAF, OIS dan lensa ultrawide 12 MP f/2.

Hal ini berbeda dari Find N3 Flip yang dipersenjatai tiga kamera, yakni lensa wide 50 MP, f/1.8, 24mm yang memiliki multi-directional PDAF dan OIS, lensa telefoto 32 MP, f/2.0, 47mm dengan 2x optical zoom dan PDAF, serta lensa ultrawide 48 MP, f/2.2, 14mm dilengkapi AF.

Dari segi kamera, Oppo membawakan inovasi lensa telefoto pertama di HP layar lipat yang membuatnya mampu mengambil foto potrait zoom 2x. Selain itu, fitur kamera Hasselblad juga membawakan berbagai pilihan pewarnaan gambar di fitur filter.

Hasil Foto Potrait Galaxy Z Flip 5

<p>Hasil Foto Potrait HP Samsung Galaxy Z Flip 5. (Liputan6.com/Labib Fairuz)</p>

Hasil Foto Potrait Find N3 Flip

<p>Hasil Foto Potrait HP Oppo Find N3 Flip. (Liputan6.com/Labib Fairuz)</p>

Hasil Foto Potrait 2x Find N3 Flip

<p>Hasil Foto Potrait 2x HP Oppo Find N3 Flip. (Liputan6.com/Labib Fairuz)</p>

Sementara dari segi perekaman, Galaxy Z Flip 5 mampu merekam hingga Resolusi 4K 60 FPS dengan pewarnaan HDR10+. Berbeda dari Find N3 Flip yang mampu merekam hingga 4K 30 FPS saja, tapi dilengkapi dengan Gyro-EIS agar stabil.

Beralih ke kamera depan, Galaxy Z Flip 5 membenamkan kamera 10 MP dengan kapasitas perekaman hingga resolusi 4K 30 FPS. Sementara itu, Find N3 Flip menggunakan kamera 32 MP yang dilengkapi AF dan Gyro-EIS, serta kemampuan merekam 4K 30 FPS juga.

Harga

Varian Oppo Find N3 Flip yang masuk di Indonesia merupakan konfigurasi RAM 12/256 GB. Untuk konfigurasi ini, Oppo mematok harga Rp 15.999.000 bagi kamu yang ingin membawanya pulang.

Sementara Samsung Galaxy Z Flip 5 hadir dengan dua varian RAM. Untuk konfigurasi RAM 8/ROM 256 GB, pengguna harus merogoh kocek sebesar Rp 15.999.000, lalu varian RAM 8GB/ROM 512GB dijual Rp 17.999.000. 

5 dari 5 halaman

Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini