Sukses

Fitur Baru WhatsApp Web, Bisa Cari Pesan Berdasarkan Tanggal

WhatsApp meluncurkan fitur baru untuk versi web yang memungkinkan pengguna mencari pesan pada tanggal tertentu, mudahkan pencarian pesan suara.

Liputan6.com, Jakarta - WhatsApp meluncurkan fitur baru untuk versi web. Fitur baru ini memungkinkan pengguna mencari pesan yang dikirim atau diterima pada tanggal tertentu. 

Ditemukan oleh pelacak fitur WABetaInfo di WhatsApp Web Beta 2.2348.50, layanan perpesanan milik Meta telah menambahkan ikon kalender baru yang ditampilkan saat mencari pesan di klien web, mengutip dari Gadget 360, Rabu (8/11/2023).

Seperti yang dituliskan dalam blog-nya, WABetaInfo mengungkapkan fitur ini menawarkan beberapa keuntungan kepada pengguna karena menyederhanakan proses menemukan pesan tertentu dari percakapan sebelumnya.

"Dengan diperkenalkannya fitur pencarian berdasarkan tanggal, pesan dari tanggal tertentu akhirnya dapat ditemukan dengan cepat, dan ini tidak hanya menghemat waktu tetapi juga mengurangi rasa frustrasi saat menelusuri riwayat obrolan yang panjang," tulisnya dalam blog.

Selain itu, fitur WhatsApp ini sangat berguna ketika mengingat pesan non-teks, seperti pesan suara. Seperti yang diketahui, pesan suara atau voice note sulit merupakan pesan tanpa teks, sehingga jika ingin mencarinya akan cukup sulit karena tidak ada transkripsi teks.

Dengan hadirnya fitur baru ini, kini mencari pesan suara yang sudah lama dikirim atau diterima akan menjadi lebih mudah karena pengguna hanya perlu mencarinya melalui tanggal.

Untuk saat ini fitur pencarian pesan melalui tanggal baru tersedia untuk beberapa pengguna yang menggunakan WhatsApp Web versi beta terbaru.

Untuk peluncuran ke seluruh pengguna, disebutkan akan dilakukan dalam beberapa hari mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

WhatsApp Siapkan Rilis Fitur Baru, Pengguna Bakal Bisa Pin Pesan di Grup dan Chat Pribadi

Sebelumnya, WhatsApp dilaporkan akan merilis fitur penyematan atau pin pesan di group chat maupun chat pribadi. 

Lewat fitur ini, pesan tertentu yang ada di WhatsApp bisa diletakkan ke bagian atas percakapan. Jadi, pesan terkait akan lebih mudah ditemukan, seperti dikutip dari News18, Minggu (5/11/2023).

Menurut laporan WABetaInfo, fitur baru ini akan tersedia untuk Android dan iOS. Namun, untuk sekarang, fitur ini baru dalam tahap pengujian.

Oleh sebab itu, fitur ini diperkirakan akan diluncurkan ke semua pengguna aplikasi WhatsApp dalam beberapa waktu mendatang. Nantinya, pengguna hanya perlu memilih pesan yang dianggap perlu untuk disematkan ke bagian atas percakapan.

Sekadar informasi, opsi pesan yang disematkan ini berbeda dari fitur yang ditawarkan oleh aplikasi chatting lainnya. Sebab di WhatsApp, pengguna memiliki kontrol atas berapa lama sebuah pesan disematkan.

Menurut laporan, pengguna aplikasi chatting ini dapat memilih durasi sebuah pesan ingin disematkan. Ada tiga durasi yang ditawarkan, mulai dari 24 jam, 7 hari, dan 30 hari.

Pesan yang disematkan juga dapat ditutup kapan saja, bahkan sebelum durasi yang dipilih berlalu. Dilaporkan, fitur ini tersedia untuk beberapa penguji beta yang menginstal versi terbaru WhatsApp beta untuk iOS dari aplikasi TestFlight. 

3 dari 4 halaman

WhatsApp Rilis Update di iOS, Panggilan Grup Kini Bisa Dipakai Oleh 31 Peserta

Selain itu, WhatsApp juga meluncurkan pembaruan untuk para penggunanya di perangkat iOS. Pembaruan ini hadir untuk meningkatkan pengalaman panggilan grup. 

Dengan pembaruan tersebut, aplikasi WhatsApp milik Meta ini menambah jumlah maksimal peserta panggilan grup menjadi 31 orang. Berdasarkan informasi dari WABetaInfo, dengan update ini, akan lebih banyak pengguna yang bergabung dalam panggilan grup.

Untuk mendapatkan fitur baru ini,  pengguna WhatsApp di iPhone perlu menginstal pembaruan WhatsApp terbaru iOS 23.22.72.

Menurut keterangan Gadgets 360, Rabu (1/11/2023), dengan pembaruan terkini dari WhatsApp, pengguna bisa lebih efektif dalam melakukan panggilan grup.

Sekadar informasi, sebelumnya WhatsApp membatasi jumlah maksimal peserta panggilan grup hanya sebanyak 15 orang.

Sebenarnya, pembaruan WhatsApp sebelumnya juga sudah mendukung panggilan grup hingga 32 peserta. Namun, pengguna di awal hanya dibatasi untuk memilih 15 kontak untuk memulai panggilan.

WhatsApp tidak menginformasikan peluncuran pembaruan panggilan grup ini di log perubahan resmi App Store. Namun, aplikasi ini telah mengonfirmasi bahwa pembaruan ini diluncurkan untuk semua pengguna iOS.

4 dari 4 halaman

Fitur Baru WhatsApp Bakal Bisa Jawab Pertanyaan Pengguna Pakai AI

WhatsApp juga dikabarkan sedang mengembangkan fitur baru WhatsApp yang memungkinkan mereka merespons pertanyaan bantuan dari pengguna memakai pesan yang dibuat oleh kecerdasan buatan (AI). 

Melalui pembaruan WhatsApp beta terbaru untuk Android, fitur ini dirancang untuk meningkatkan kualitas layanan, dalam hal memberi respons yang lebih relevan dan bermanfaat kepada pengguna.

"Berkat pembaruan WhatsApp beta terbaru untuk Android 2.23.23.8, yang tersedia di Google Play Store, kami menemukan bahwa WhatsApp memiliki rencana untuk meningkatkan kualitas layanannya dengan mengimplementasikan pesan-pesan yang dibuat oleh AI untuk bisa lebih baik dalam membantu pengguna di masa mendatang," kata WABetaInfo.

Meskipun masih dalam tahap pengembangan, fitur ini diharapkan dapat memperbaiki interaksi pengguna, mengurangi waktu respons, dan meningkatkan efisiensi pengalaman bantuan pengguna. 

Pesan yang dihasilkan oleh AI juga memiliki potensi memberikan solusi yang lebih personal dan efektif untuk menjawab pertanyaan pengguna. Pesan tersebut juga dapat memberikan tanggapan instan, bahkan di luar jam kerja reguler.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini