Sukses

Xiaomi Hentikan Update Software untuk Mi 10T, Mi 10T Pro, dan Poco X3

Xiaomi resmi menghentikan pembaruan software untuk Mi 10T, Mi 10T Pro, dan Poco X3, menandai akhir dari tiga tahun perjalanan ponsel-ponsel ini.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi baru saja menghentikan pembaruan perangkat lunak untuk tiga model smartphone Xiaomi Mi 10T, Xiaomi Mi 10T Pro, dan Poco X3. 

Ketiganya kini bergabung dengan jajaran perangkat yang tidak akan menerima pembaruan software dari raksasa teknologi asal Tiongkok tersebut.

Keputusan Xiaomi ini secara tidak langsung menandai akhir dari tiga tahun perjalanan ponsel-ponsel ini di pasar. Sesuai dengan kebijakan dukungan perusahaan, periode pembaruan tiga tahun telah berakhir.

Meskipun Poco X3 mungkin lebih mudah diterima karena varian paling sederhana, berita ini mungkin sedikit menyedihkan bagi pemilik Xiaomi Mi 10T dan Mi 10T Pro. 

Pasalnya, kedua ponsel ini dibekali prosesor Snapdragon 865 yang tangguh. Dengan begitu, konsumen masih berharap akan pembaruan yang lebih panjang, mengingat kemampuan kinerja prosesor Qualcomm yang masih impresif.

Perlu diingat bahwa belum lama ini, Xiaomi telah mengubah kebijakan dukungan pembaruan dengan produk terbarunya, memberikan masa dukungan hingga lima tahun. 

Hal ini mencerminkan upaya perusahaan untuk memperpanjang masa pakai perangkatnya, sejalan dengan perubahan preferensi pengguna yang cenderung mempertahankan smartphone mereka selama bertahun-tahun.

Mengutip GizChina, Minggu (29/10/2023), pakar teknologi Sarah Techson membagikan analisisnya. Menurutnya, keputusan Xiaomi menghentikan update software untuk model-model ini dapat dilihat sebagai perkembangan alami dalam industri ponsel pintar yang bergerak cepat. 

“Namun, penting untuk dicatat bahwa komunitas pengembangan ROM kustom menawarkan jalur alternatif bagi mereka yang ingin menjaga perangkat mereka tetap mutakhir dan aman. Hal ini sejalan dengan tren produsen yang berfokus untuk memperpanjang masa pakai produk mereka,” Techson.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Permasalahan Ini

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus kamu lakukan jika HP Android Xiaomi kamu merupakan salah satu dari tiga model di atas, ataupun jenis model lain yang juga tidak lagi mendapatkan pembaruan resmi.

Pertama, berhati-hatilah dengan aplikasi yang kamu instal. Hanya pasang aplikasi dari sumber terpercaya, seperti Google Play Store atau App Store. Hindari menginstal aplikasi dari situs web pihak ketiga atau toko aplikasi, karena mungkin kurang aman.

Kedua, selalu perbarui sistem operasi (OS) ponsel kamu, meskipun kamu tidak mendapatkan pembaruan keamanan dari produsen. kamu dapat melakukannya dengan menginstal ROM khusus.

ROM kustom adalah versi tidak resmi dari OS Android yang dikembangkan dan dikelola oleh pengembang pihak ketiga. ROM ini sering kali menyertakan pembaruan dan fitur keamanan terbaru, bahkan untuk perangkat yang lebih tua.

 

3 dari 5 halaman

Tips Lainnya

Ketiga, gunakan aplikasi keamanan seluler. Aplikasi keamanan seluler dapat membantu melindungi ponsel kamu dari malware dan ancaman lainnya. Aplikasi ini juga dapat memindai aplikasi dan file kamu untuk mencari kerentanan dan menyarankan perbaikan.

Keempat, berhati-hatilah dengan jaringan Wi-Fi yang kamu sambungkan. Hindari menyambung ke jaringan Wi-Fi publik, karena jaringan ini tidak aman. Jika kamu harus terhubung ke jaringan Wi-Fi publik, gunakan VPN untuk mengenkripsi lalu lintas kamu.

Terakhir, cadangkan alias backup ponsel kamu secara teratur. Dengan cara ini, jika ponsel kamu hilang, dicuri, atau disusupi, kamu bisa memulihkan data dari cadangan.

4 dari 5 halaman

Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Pro Resmi Diumumkan

Sementara itu, buat kamu yang ingin memiliki ponsel Xiaomi namun takut mengalami hal yang serupa, tak perlu risau. Karena nyatanya, beberapa model ponsel baru Xiaomi kini menawarkan pembaruan yang lebih lama. Xiaomi 13T contohnya, rilis belum lama ini dengan menawarkan pembaruan sistem operasi hingga 4 tahun, dan keamanan 5 tahun.

Ponsel baru lain dari perusahaan asal Tiongkok ini adalah Xiaomi 14 dan Xiaomi 14 Pro yang akhirnya diumumkan pekan ini. Sesuai janji, Xiaomi memperkenalkan HP Android miilik mereka dengan berbagai peningkatan.

Sesuai rumor, Xiaomi 14 series hadir dengan chipset Snapdragon 8 Gen 3, peningkatan di kamera utama Leica, dan tentunya pakai sistem operasi baru, yakni HyperOS.

Penasaran seperti apa spesifikasi, penampilan, dan harga Xiaomi 14 dan 14 Pro ini? Baca selengkapnya di sini.

5 dari 5 halaman

Infografis: Keakraban Prabowo Subianto dan Erick Thohir Jelang Pilpres 2024

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.