Sukses

Hands-On Oppo Find N3 Flip, HP Layar Lipat dengan Kamera Hasselblad

Menggandeng salah satu produsen kamera terkemuka dunia, Hasselblad, Oppo menjanjikan kualitas jepretan Find N3 Flip jauh lebih bagus dari kompetitornya.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan teknologi asal Tiongkok, Oppo, baru saja meluncurkan smartphone layar lipat anyar. Diberi nama Oppo Find N3 Flip,  HP baru ini akan rilis secara global pada Kamis, 19 Oktober 2023.

HP lipat ini diciptakan untuk memenuhi kebutuhan para pengguna smartphone kalangan atas, atau biasa disebut flagship, demikian dikatakan Product Specialist Oppo Jeff Zhang, saat media briefing, belum lama ini.

“Selama ini, kamera HP layar lipat terkenal biasa saja. Namun dengan Oppo Find N3 Flip kali ini, kami menyematkan tiga lensa kamera flagship next level,” ucapnya.

Menggandeng salah satu produsen kamera terkemuka dunia, Hasselblad, Oppo menjanjikan kualitas jepretan HP mereka jauh lebih bagus dari kompetitornya.

Oppo Find N3 Flip dibekali 3 kamera belakang. Pertama adalah kamera Wide 50 MP f/1.8 dengan dukungan OIS dan PDAF multi direksi. Kamera kedua merupakan lensa Ultrawide 48 MP f2/2 114”, dan yang terakhir adalah lensa Telefoto 32 MP dengan optical zoom 2x.

Kamera HP foldable baru Oppo ini mampu merekam video dengan resolusi 4K 30 FPS, atau 1080p hingga 240 FPS. Untuk mendukung kualitasnya, Oppo membenamkan EIS berbasis gyro sebagai sistem stabilizer-nya.

Sementara pada kamera depan, Oppo menggunakan kamera 32 MP F/2.4 yang telah memiliki fitur AF, dan dapat merekam hingga resolusi 4K 30 FPS.

Untuk menyokong kamera yang luar biasa ini, dapur pacu Oppo Find N3 Flip menggunakan chipset Mediatek Dimensity 9200. Prosesor ini merupakan salah satu yang terkuat di pasaran, dan menjamin kelancaran aktivitas kamu dalam kondisi berat sekalipun.

Oppo Find N3 Flip hadir dalam dua varian memori yang berbeda, yakni RAM 12 GB dengan memori 256 GB, dan RAM 12 GB dengan memori 512 GB.

Guna menyuplai aktivitas sehari-hari, smartphone layar lipat ini menggunakan baterai 4300mAh dengan pengisian daya cepat Supervooc 44W. Oppo mengklaim, untuk mengisi daya HP ini dari 0 hingga 50 persen hanya membutuhkan waktu 23 menit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Desain

Oppo Find N3 Flip ini memiliki dimensi 166mm ketika dibuka, dan mengecil menjadi 85,5mm ketika dilipat. Ketika dalam kondisi terbuka, HP layar lipat ini memiliki ketebalan 7,8mm, dan 15,1mm ketika dilipat.

Tampak dari luar, HP ini terlihat kokoh namun elegan. Hal ini terbantu oleh frame alumunium yang memberikan aksen tegas, sementara back cover tampak berkilau yang membuatnya tampil menawan.

Pada bagian atas, terlihat lubang kecil yang dimaksudkan sebagai mikrofon. Sementara pada bagian bawah, terdapat speaker, port charging, mikrofon, dan sim tray dual-sim. Namun, seperti HP flagship pada umumnya, Oppo tidak menyertakan slot untuk kartu SD.

Pada bagian kanan bodi, terlihat dua buah tombol, yakni tombol power sekaligus fingerprint, dan juga tombol volume di sisi atas HP. Sementara bagian kirinya, terdapat tombol alert sider.

 Sebagai informasi, Oppo mendengarkan feedback dari para pengguna mengenai fungsionalitas alert sider, sehingga meneruskannya pada Oppo Find N3 Flip ini. Tombol alert sider sendiri berfungsi untuk mengatur mode nada dering HP dalam sekali geser.

Sementara pada bagian belakangnya, HP ini dilengkapi dua fitur yang sangat difavoritkan. Terdapat setelan 3 kamera “Cosmic Ring” yang timbul dan beraksen gerigi seperti fitur shutter pada kamera DSLR. Juga layar belakang touchscreen yang bisa berfungsi dengan berbagai fitur, termasuk kamera.

Desain keseluruhan HP yang curved ini membuatnya cukup nyaman digenggam. Ditambah bobotnya yang hanya 198 gram, menggunakan HP Oppo Find N3 Flip tak terasa melelahkan.

3 dari 4 halaman

Layar AMOLED

Selain membawakan inovasi pada sektor kamera, Oppo juga menghilangkan polarizer pada layar mereka agar dapat berfungsi secara normal meskipun pengguna menggunakan kacamata hitam.

Sebagai informasi layar Oppo Find N3 Flip telah menggunakan layar lipat LTPO AMOLED yang terjamin kejernihannya. Selain jernih, HP layar ini juga mampu menampilkan gambar detail karena membawa teknologi HDR10+.

Selain itu, layar HP ini memiliki kecepatan refresh 120 Hz yang menyuguhkan kelancaran ketika digunakan. Layar Oppo Find N3 Flip juga memiliki resolusi 1080 x 2050 pixel 403 ppi dengan kecerahan maksimum 1600 nits.

Layar lipat HP flagship terbaru Oppo ini diklaim memiliki lipatan yang seamless karena adanya lapisan carbon fiber di dalamnya. Selain itu, Oppo juga menggunakan flexion hinge guna memberikan keleluasaan ketika membuka dan menutup layar.

Oppo mengklaim, layar lipat HP Oppo Find N3 Flip dapat bertahan hingga 600 ribu kali lipat, angka ini jauh dari hasil tes kompetitornya.

Sementara pada sisi belakang, Oppo membawakan kembali layar kecil di sebelah kamera yang dilindungi lapisan Corning Gorilla Glass Victus berukuran 3,26 inci.

Tak hanya fungsionalitas kamera dan berbagai widget, Oppo juga memberikan berbagai pilihan animasi hewan peliharaan virtual yang dapat dipilih pengguna. Tentunya, fitur ini dapat membuat HP Oppo Find N3 Flip menjadi lebih berwarna dan meriah.

4 dari 4 halaman

Infografis Akhir Riwayat Ponsel Black Market di Indonesia. (Liputan6.com/Trieyasni)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini