Sukses

Laptop Layar Lipat HP Spectre Fold Mejeng di SXSW Sydney 2023, Bakal Dijual di Indonesia Rp 75 Juta

HP memperkenalkan laptop layar lipatnya, HP Spectre Fold ke pameran musik, film, dan teknologi SXSW Sydney 2023. HP juga akan memasarkan laptop ini di Indonesia 30 November mendatang.

Liputan6.com, Sydney - HP memperkenalkan laptop layar lipat 3in1, HP Spectre Fold di pameran SXSW Sydney 2023, Rabu (18/10/2023). Selain itu, di booth teknologi SXSW Sydney 2023, HP juga memamerkan inovasi terbarunya itu.

Dikatakan oleh Vice President & Head Personal System Category for Greater Asia HP Inc. Koh Kong Meng, pandemi mengubah cara bekerja banyak orang.

Menurutnya, teknologi pun berkembang dan memungkinkan orang di seluruh dunia untuk bekerja sekaligus mendapatkan hiburan di lingkungan yang sama sekali berbeda dari sebelumnya.

"Berdasarkan hasil survei kami, hanya 27 persen, yakni satu dari tiga orang yang memiliki hubungan baik dengan pekerjaannya. Kami di HP ingin agar teknologi bisa memberdayakan. Kami ingin orang bisa bekerja lebih fleksibel sekaligus terhubung dengan baik," kata Koh di Sydney, Australia.

Untuk itulah salah satu inovasi yang diboyong HP adalah menghadirkan sebuah perangkat laptop layar lipat yang memiliki tiga mode; laptop, desktop, sekaligus tablet yakni HP Spectre Fold.

Sesuai namanya, PC ini memiliki layar yang dapat dilipat, sehingga pengguna bisa mendapatkan tiga mode penggunaan saat memakai perangkat ini. Koh menyebut, hal ini membuat penggunanya bisa produktif di mana pun mereka berada.

Misalnya, HP Spectre Fold dapat berfungsi sebagai desktop PC dengan sebuah penyangga yang bisa dibuka bagian belakangnya. Pada mode desktop ini, HP Spectre Fold memiliki layar sentuh OLED seluas 17 inci dan resolusi 2K.

Sementara ketika dilipat, pengguna bisa mendapatkan sebuah laptop dengan opsi layar 12,3 inci dan 14 inci, tergantung preferensi masing-masing.

Sekadar informasi, HP Spectre Fold ini sudah dilengkapi dengan sebuah keyboard magnetis dan stylus atau pena digital. Di mana, ketika dalam mode laptop dan pengguna menarik keyboard ke bagian bawah akan menjadikan laptop ini ke mode 14 inci.

Koh mengatakan, untuk membuat pengalaman pengguna lebih baik saat mengakses tampilan dan aplikasi di perangkat ini, HP bekerja sama dengan Microsoft menghadirkan software Windows khusus untuk Spectre Fold.

Sementara, mode ketiga yang bisa didapatkan pengguna adalah sebuah tablet dengan luas 17 inci.

Uniknya, meski bisa dilipat, pada layar HP Spectre Fold tidak terlihat adanya bekas lipatan. Selain itu, engsel yang digunakan juga terlihat kecil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Spesifikasi HP Spectre Fold

Bicara spesifikasi, HP Spectre Fold didukung prosesor Intel Core i7 Generasi ke-12 dengan platform Intel Evo. Platform ini diklaim mampu membuat Spectre Fold sanggup menghadapi berbagai tugas harian dalam berbagai mode penggunaan.

Sementara, untuk mendukung pengguna mengikuti panggilan video, HP Spectre Fold dibekali kamera 5MP dengan teknologi HP Presence 2.0.

Dari sisi grafis, HP Spectre Fold menggunakan Intel Iris Xe Graphics. Selain itu, daya tahan baterai perangkat ini mencapai 12 jam pada mode laptop dan 11 jam pada mode desktop untuk mendukung produktivitas.

HP Spectre Fold juga didukung konektivitas WiFi 6E. Perangkat ini memiliki RAM 16GB dan ruang penyimpanan internal 1TB.

3 dari 5 halaman

Dukungan AI

Seiring dengan perkembangan teknologi, HP juga membekali Spectre Fold dengan teknologi AI. Dalam perangkat ini, AI digunakan untuk mendukung keamanan saat pengguna memakai perangkat serta untuk membantu kesehatan pengguna.

Untuk keamanan misalnya, saat pengguna meninggalkan laptop mereka, perangkat bisa otomatis terkunci sehingga tidak ada orang lain yang bisa mengaksesnya. Kemudian, perangkat HP Spectre Fold bisa terbuka kembali saat pengguna kembali ke hadapan laptop.

Selain itu, AI juga mendukung layar HP Spectre Fold untuk bisa meredup ketika mata pengguna tak menatap ke layar. Hal ini dinilai bisa menghemat baterai perangkat.

Kemudian, terdapat pula peringatan privasi, di mana ketika ada banyak orang lain yang melihat ke layar, layar akan berubah jadi buram.

Untuk mendukung kesehatan mental penggunanya, HP Spectre Fold juga didukung dengan screen time dan distance reminder. Lalu ada pula fitur gesture control yang memungkinkan pengguna mengontrol pemutaran musik atau video dengan kendali dari tangan.

4 dari 5 halaman

Bakal Masuk Indonesia

Sekadar informasi, saat ini HP Spectre Fold baru tersedia di pasar Inggris dan Amerika Serikat. Namun, Koh Kong Meng menyebut perangkat ini bakal hadir di sejumlah negara lain termasuk Indonesia.

HP Spectre Fold bakal hadir di Indonesia pada 30 November 2023. Perangkat ini dibanderol USD 5.000. Sementara di Indonesia, HP Spectre Fold akan dijual sekitar Rp 75 juta.

Koh menyebut harga ini tidak mahal jika mempertimbangkan perangkat bisa dipakai untuk beberapa mode. Baik itu tablet, laptop, hingga desktop yang memungkinkan pengguna memakainya dalam berbagai situasi.

(Tin/Isk)

5 dari 5 halaman

Infografis Journal_Fakta Tren Istilah Healing Bagi Pengguna Media Sosial (Liputan6.com/Abdillah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini