Sukses

Xiaomi 13T Jadi Salah Satu Smartphone dengan Kamera Terbaik di Dunia Menurut DxOMark

Xiaomi 13T baru saja mendapat ranking kr-60 sebagai ponsel dengan kamera terbaik di dunia menurut DxOMark.

Liputan6.com, Jakarta - Xiaomi baru saja merilis smartphone yang berfokus pada fotografi, melalui Xiaomi 13T yang bekerja sama langsung dengan merek kamera Leica.

Ponsel ini masuk ke daftar ponsel dengan kamera terbaik ke-60 menurut DxOMark. 

Memiliki kamera setara ponsel flagship, hasil pengujian DxOMark mengungkap hasil kamera ponsel ini mendapat skor keseluruhan 123, dengan 134 untuk foto dan 114 untuk video.

Dengan semakin banyaknya ponsel yang berlomba-lomba menarik perhatian konsumen, terutama di bagian kamera, bagaimana Xiaomi 13T dapat bersaing? 

Setelah melihat ranking DxOMark, terdapat gambaran yang lebih jelas tentang apa yang bisa diharapkan pada ponsel ini.

Hasil pengujian menunjukkan skor yang bagus untuk kamera Xiaomi 13T, tetapi bukan yang tertinggi di pasaran, demikian mengutip laporan dari GizmoChina, Selasa (10/10/2023).

Dalam sistem ranking DxOMark yang diakui secara global, Xiaomi 13T mendapat posisi ke-60. Meskipun ini mungkin tidak terdengar inovatif, penting untuk menempatkan ranking ini dalam perspektif yang berbeda.

Contohnya, ponsel flagship seperti Huawei P60 Pro, Samsung Galaxy S23 Ultra, dan iPhone 15 Pro Max berada di peringkat yang lebih tinggi, tetapi mereka juga dibanderol jauh lebih mahal.

Performa kamera Xiaomi 13T sangat mengesankan dalam hal eksposur, kontras, white balance, menjaga detail, autofocus, dynamic range, dan noise reduction. 

Namun, kamera ini agak kesulitan untuk menangkap warna yang akurat dalam pemandangan yang kompleks, dan ada beberapa kehilangan detail dalam cahaya redup.

Xiaomi adalah bukti bahwa kinerja kamera yang solid tidak selalu harus menguras kantong. Ini menyajikan rangkaian kamera lengkap yang melayani fotografer kasual dan penggemar yang mencari kualitas dengan anggaran terbatas.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Spesifikasi Xiaomi 13T

Xiaomi 13T dan Xiaomi 13T Pro melakukan debut mereka dalam acara peluncuran di Berlin, Jerman pada Rabu, 26 September 2023. 

Sayangnya, perusahaan asal China itu hanya membawa Xiaomi 13T tanpa menyertakan varian Pro ke Tanah Air. 

Dalam salah satu sesi wawancara kepada tim Liputan6.com, Panji Pratama, Corporate & Media Relations Lead di Xiaomi Technology mengungkap alasan kenapa Xiaomi 13T Pro absen di Indonesia.

"Baik Xiaomi 13T dan Xiaomi 13T Pro memiliki karakteristik dan perbedaan rentang harga yang ditawarkan. Kedua model menciptakan fungsionalitas dan pengalaman berbeda," katanya.

Memang berapa harga Xiaomi 13T di Indonesia? Xiaomi menyebutkan, ponsel baru ini akan dijual dengan banderol Rp 6,5 jutaan mulai 6 Oktober 2023.

Perusahaan pun hanya menyediakan satu varian Xiaomi 13T ini di Indonesia, yaitu dengan RAM 12GB dan memori berkapasitas 256GB.

Spesifikasi Xiaomi 13T meliputi, kamera berteknologi Leica dengan kamera utama wide angel 50MP, telefoto 2x 50MP, ultrawide 12MP, dan lensa 20MP untuk selfie-nya.

Perusahaan menjelaskan, kolaborasi dengan Leica di seri ini lebih sebatas dari menempel label fotografi terkenal tersebut di bodi ponsel.

Pada HP baru Xiaomi ini, pengguna akan mendapati dua mode khas Lieca, yaitu Leica Vibrant dan Leica Authentic. 

Sejak berkolaborasi dengan Leica dua tahun lalu, lini HP Android Xiaomi ini memang digadang-gadang tampil dengan kemampuan kamera atau fotografi kelas tinggi.

Kini, perusahaan ingin membawa pengalaman fotografis flagship tersebut ke lini smartphone kelas menengah mereka. 

3 dari 5 halaman

Xiaomi 13T Pakai Chipset MediaTek Dimensity 8200 Ultra

Xiaomi 13T sudah menggunakan chipset MediaTek Dimensity 8200 Ultra, dan didukung dengan RAM 12GB+256GB untuk media penyimpanan.

Tampil sebagai lini terbaru, Xiaomi sudah menggunakan Android 13 dengan balutan MIUI 14. Mendukung penggunaan sehari-hari, Xiaomi menempelkan baterai berkapasitas 5000mAh dan kepala charger berteknologi turbo charging 67W.

Xiaomi 13T hadir dengan layar panel CrystalRes AMOLED 6,67 inci FHD+ dengan dukungan refresh rate hingga 144Hz.

Perusahaan menjelaskan, layar di HP Android barunya ini juga sudah mendukung tampilan Pro HDR, Dolby Vision, HDR10+, dengan kecerahan maksimum hingga 2600 nits.

Tampil sebagai lini terbaru, Xiaomi sudah menggunakan Android 13 dengan balutan MIUI 14. Mendukung penggunaan sehari-hari, Xiaomi menempelkan baterai berkapasitas 5000mAh dan kepala charger berteknologi turbo charging 67W. 

4 dari 5 halaman

Fitur Rahasia di Xiaomi 13T yang Cocok untuk Kreator Konten

Tampil sebagai ponsel baru perusahaan asal China itu, Xiaomi 13T ternyata memiliki fitur rahasia yang sangat cocok untuk para kreator konten. Apa itu?

Adapun fitur baru Xiaomi 13T tersebut adalah Teleprompter. Yup, fitur Teleprompter ini terbilang baru dan pertama di lini HP Android milik Xiaomi.

Dengan fitur ini, pengguna atau kreator konten dapat salin dan tempel skrip/naskah saat ingin merekam video. Nantinya, saat pengguna menekan tombol "rekam" nanti naskah di teleprompter akan dipertebal secara otomatis.

Cukup menarik bukan? Walau Xiaomi tidak digembar-gemborkan, fitur teleprompter ini dapat menjadi nilai lebih Xiaomi 13T. Tak hanya untuk pengguna rajin bikin konten di media sosial, jurnalis yang sering live streaming di lokasi kejadian dapat memanfaatkan fitur ini.

5 dari 5 halaman

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.