Sukses

Asisten Virtual Veronika di MyTelkomsel Makin Pintar Berkat Teknologi Ini

Asisten virtual Veronika di MyTelkomsel terintegrasi Microsoft Azure OpenAI Service sehingga membuatnya jadi lebih pintar dan luwes saat berinteraksi dengan pelanggan.

Liputan6.com, Jakarta - Asisten virtual Veronika di MyTelkomsel kini mengintegrasikan Microsoft Azure OpenAI Service. Azure OpenAI Service memungkinkan Telkomsel mengakses ChatGPT dan memanfaatkan Natural Language Processing (NLP) dan machine learning.

Dengan begitu, Veronika di aplikasi MyTelkomsel jadi bisa berinteraksi dengan pelanggan lebih natural dan intuitif. Hal ini dinilai akan memberi pengalaman layanan yang lebih nyaman dan personal.

Vice President Customer Journey and Digital Experience Telkomsel Danang Andrianto menyebut, layanan virtual Veronika pertama dirilis pada 2017 untuk mempermudah pelanggan mendapatkan kebutuhan informasi hingga transaksi produk berbasis chatbot, dengan dukungan artificial intelligence.

"Kini dengan pemanfaatan model ChatGPT yang diakses melalui Azure OpenAI Service, Veronika lebih pandai dalam memberi solusi yang akurat, interaksi natural, dan ekspresif," kata Danang, dikutip dari keterangan Telkomsel, Rabu (27/9/2023).

Danang berharap layanan asisten virtual Veronika yang kian cerdas bisa memberi solusi untuk seluruh kebutuhan layanan pelanggan dan memberi penngalaman gaya hidup digital yang melebihi ekspektasi pelanggan.

Country Lead Azure GTM Microsoft ASEAN Fiki Setiyono menyebut integrasi Telkomsel dengan Azure OpenAI Service menghadirkan respons lebih baik dan kontekstual kepada pelanggan.

"Hal ini memungkinkan petugas customer care lebih fokus pada pertanyaan yang memerlukan penanganan solusi. Dengan begitu, produktivitas petugas customer-care dan tingkat kepuasan pelanggan bisa makin meningkat," kata Fiki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Integrasi ChatGPT Bikin Veronika Makin Luwes Berinterasi dengan Pelanggan

Dengan diintegrasikannya ChatGPT ke Veronika menggunakan NLP dan machine learning memungkinkan Veronika memahami kebutuhan atas produk dan layanan lebih mendalam. Solusi yang dihasilkan pun diklaim bisa lebih sesuai dengan profil kebutuhan dan penggunaan pelanggan Telkomsel secara lebih spesifik.

Dengan dukungan machine learning dan NPL ChatGPT, Veronika kini bisa merekomendasikan paket sesuai profil dan kebutuhan pelanggan. Veronika juga jadi bisa memberi produk knowledge, serta menjawab permasalahan pelanggan lebih cepat dan akurat.

Seiring dengan pengintegrasian Azure OpenAI Service, Veronika juga akan terus berinovasi dan melakukan improvement mengikuti kemajuan teknologi.

Perbaikan tanpa henti menjadi upaya Telkomsel untuk meningkatkan kecerdasan chatbot, sehingga ke depannya Veronika dapat menjadi asisten virtual yang solutif, dan memahami pelanggan.

3 dari 4 halaman

Bisa Dipakai di MyTelkomsel

Saat ini, kapabilitas Veronika yang didukung oleh teknologi Artificial Intelligence (AI) terkini dari Microsoft Azure OpenAI Service dapat digunakan di Aplikasi MyTelkomsel.

Pelanggan dapat mengunduh Aplikasi MyTelkomsel dengan mudah di tsel.id/dlmytsel. Seluruh pelanggan dapat menyapa Veronika untuk mendapatkan solusi terbaik seputar produk dan layanan Telkomsel, seperti Telkomsel One, IndiHome, Orbit, MAXstream, dan produk unggulan Telkomsel lainnya.

Telkomsel juga membawa Veronika menjadi lebih dekat melalui platform media sosial, di mana masyarakat dapat mengikuti aktivitas dan perjalanan Veronika sebagai virtual influencer melalui akun Instagram @hai.veronika, serta berinteraksi secara lebih intensif layaknya sahabat atau kerabat dekat.

 

4 dari 4 halaman

Veronika Jadi Bisa Identifikasi Pola dan Tren Terkini

“Dengan dukungan dari teknologi terkini Microsoft Azure OpenAI Service, Veronika dapat mengenali berbagai kata kunci, frasa, dan bahasa sehari-hari yang semakin lebih dipahami oleh pelanggan," kata Danang.

Selain itu, Veronika juga mampu mengidentifikasi pola serta tren terkini, sehingga bisa melakukan prediksi berdasarkan pola-pola tersebut untuk membuat rekomendasi yang semakin mendekati dengan kebutuhan pelanggan.

"Melalui pemutakhiran ini, kami berharap pengalaman pelanggan ketika berinteraksi dengan chatbot Veronika menjadi lebih natural, personal, dan sesuai dengan kebutuhan serta preferensi unik setiap pelanggan,” tutup Danang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.