Sukses

YouTube Luncurkan Fitur-Fitur AI Generatif untuk Membantu Kreator Konten

YouTube meluncurkan lima fitur AI generatif baru untuk membantu kreator konten membuat video yang lebih menarik dan profesional. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Di saat platform media sosial seperti TikTok mengambil tindakan pencegahan untuk membatasi penyebaran konten buatan AI, YouTube baru-baru ini justru memfasilitasi pembuatan konten kecerdasan buatan di platformnya dengan menambahkan fitur AI generatif baru. 

Pada 21 September 2023, YouTube memperkenalkan lima alat AI generatif yang dapat digunakan oleh pengguna untuk membuat konten.

Mengutip dari Mashable, Minggu (24/9/2023), ini dia alat-alat AI yang akan dihadirkan oleh YouTube.

1. Dream Screen

Dream Screen akan hadir pada tahun 2024 mendatang. Alat ini memungkinkan pembuat konten menemukan latar belakang untuk videonya hanya dengan mengetikkan ide untuk visual.

YouTube memamerkan kemampuan Dream Screen dalam acara Made on Youtube. Ini lebih bersih daripada beberapa alat pembuat video AI lainnya. Meski demikian, visualnya masih sangat terlihat dihasilkan AI.

2. YouTube Create

YouTube Create merupakan aplikasi baru dan akan tersedia di Google Play Store untuk pengguna Android. Untuk versi iOS akan dirilis pada tahun 2024 mendatang.

Ini pada dasarnya adalah jawaban YouTube terhadap CapCut, alat pengeditan video seluler populer dari salah satu pesaing terbesar perusahaan TikTok.

Menurut YouTube, aplikasi pengeditan baru ini tidak hanya untuk video pendek di YouTube Shorts, tetapi juga untuk video berdurasi panjang. 

Dengan aplikasi ini, para pembuat konten dapat membersihkan kebisingan latar belakang pada video mereka, membuat teks, dan menemukan serta menambahkan lagu bebas royalti ke timeline. 

Kreator kemudian dapat mengupload langsung ke YouTube dari aplikasi Buat setelah selesai mengedit.

Salah satu fitur menarik bertenaga AI yang dibagikan selama acara tersebut adalah "Find Beats", yang secara otomatis menandai poin "menarik" dalam sebuah lagu di timeline untuk membantu pembuat konten mengedit video ke musik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menemukan Musik dengan AI Sampai Lakukan Sulih Suara

3. Menemukan musik dengan AI

Berbicara tentang musik untuk pembuat konten, alat YouTube baru yang didukung AI akan membantu YouTuber menemukan lagu yang sempurna untuk konten mereka. 

Mulai tahun depan, pembuat konten dapat menelusuri musik di YouTube Studio dengan mendeskripsikan videonya atau jenis musik yang dicari. 

Mereka bahkan dapat menentukan durasi lagu dan membagikan artis atau genre musik. Alat AI kemudian akan menyarankan “jalur yang tepat dengan harga yang tepat.”

4. AI Insight

YouTube juga memasukkan AI untuk membantu pembuat konten lebih memahami konten apa yang akan dibuat. Dengan fitur ini, pembuat konten akan diberi saran ide video berdasarkan apa yang sudah ditonton oleh pemirsanya. 

5. Sulih suara

Alat baru lainnya bagi pembuat konten yang akan hadir di YouTube tahun depan adalah sulih suara yang dihasilkan AI dengan dukungan Aloud.

Dengan satu klik, alat ini secara otomatis menerjemahkan video pembuat konten ke berbagai bahasa. Opsi bahasa kemudian dimasukkan langsung ke dalam pengaturan video, sehingga pemirsa tidak harus mencari unggahan berbeda dari video yang sama dengan terjemahan yang sesuai.

Menurut YouTube, setidaknya untuk saat ini, fitur sulih suara AI tidak akan menyertakan kloning suara pembuatnya. dan tidak akan mengubah video, sehingga subjek melakukan lip-syncs ke dub voice over.

 

3 dari 4 halaman

AI Membantu Para Pembuat Konten Video

Dilansir ZDNet, survei menunjukkan sebagian besar pembuat konten menggunakan AI untuk menghasilkan latar belakang video dan foto.

Bahkan, para pembuat video dapat menyederhanakan proses penulisan naskah mereka menggunakan ChatGPT atau alat teks AI generatif lainnya untuk memasukkan perintah yang menjelaskan detail video yang ingin mereka buat. 

Meskipun demikian, generator video AI yang tersedia secara luas belum banyak tersedia -- setidaknya tidak ada yang mampu memberikan hasil realistis seperti buatan manusia. 

Di antara pembuat konten, 71% mendapati bahwa pengikut mereka memberikan respons positif terhadap konten buatan AI mereka. Sementara itu, hanya 10% yang memberikan reaksi negatif.

Hal ini akan meningkatkan produktivitas di area tertentu. Namun juga berpotensi membuka peluang besar dalam hal kepemilikan, hak, dan bahkan apakah sesuatu dapat dikaitkan dengan pekerjaan manusia.

4 dari 4 halaman

YouTube Create Sudah Bisa Diunduh di Indonesia

YouTube memperkenalkan aplikasi editing video baru mereka untuk perangkat seluler bernama YouTube Create, yang kini berada dalam versi beta.

Strategi ini mirip dengan apa yang dilakukan ByteDance dengan TikTok dan CapCut, di mana seseorang biasa memakai CapCut untuk edit video, untuk kemudian diunggah langsung ke TikTok atau platform lain.

Aplikasi YouTube Create pun berdiri terpisah dari aplikasi YouTube, sehingga pengguna akan bisa menyimpan videonya di perangkat terlebih dulu.

"Kami tahu proses produksi video bisa jadi sulit dan sering kali menghalangi pembuat konten pemula untuk mengupload video pertamanya," kata platform berbagi video Google itu dalam pengumumannya.

"Untuk menyederhanakan proses ini dan memungkinkan siapa pun membuat dan berbagi video langsung ke YouTube, kami meluncurkan aplikasi seluler baru bernama YouTube Create," kata perusahaan.

Mengutip blog resminya, aplikasi YouTube Create akan tersedia secara gratis, dan bisa dipakai untuk membuat video Shorts maupun yang berdurasi lebih panjang.

Mengingat masih dalam versi beta, aplikasi edit video dari YouTube ini belum tersedia di seluruh dunia. Namun, mengutip laman bantuan Google, Indonesia jadi salah satu negara yang sudah dapat menjajal YouTube Create.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini