Sukses

Jangan Asal! Ikuti Langkah-Langkah Ini untuk Tahu Cara Tepat Atasi HP Basah

Simak artikel berikut ini untuk mengetahui tips dan cara tepat mengatasi HP yang basah terkena air agar tidak rusak lebih parah.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian besar smartphone saat ini sudah memiliki ketahanan terhadap air pada tingkat tertentu. Meski demikian, HP kamu tetap memiliki peringkat IP tertentu dan tidak kebal dari kerusakan karena air.

HP yang terendam air bisa membuat komponen internal yang sensitif mengalami kerusakan. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan untuk mengatasi smartphone  yang terendam air. 

Apa saja langkah-langkahnya, simak caranya menyelematkan smartphone yang terendam air, seperti dikutip dari Online Tech Tips, Sabtu (23/9/2023).

1. Keluarkan Air dari Port USB HP

Air masuk dan keluar dari HP melalui port pengisian daya, maka dari itu kamu harus mengeluarkan air dari lubang tersebut.

Sebelum melanjutkan, sebaiknya matikan HP dan lepaskan aksesori HP. Selanjutnya, letakkan HP yang basah dalam posisi tegak dengan port USB menghadap ke bawah.

Dengan mengarahkan posisi port USB ke bawah sekaligus mencegah air bergerak ke bagian yang lebih dalam HP kamu.

2. Biarkan HP Kering Secara Alami 

Saat HP basah, jangan keringkan dengan alat pengering yang mengeluarkan panas. seperti pengering rambut. Penggunaan sumber panas eksternal atau udara bertekanan dapat merusak komponen HP.

Sebagai gantinya, setelah mengeluarkan air dari dalam HP, biarkan HP kamu mengering dengan sendirinya.

Kamu bisa meletakkannya di ruang terbuka atau tempat hangat dan kering. Namun, jangan letakkan di bawah sinar matahari langsung.

Kamu juga bisa gunakan bantuan kipas angin jika ingin mempercepat proses pengeringan.

3. Masukkan HP ke Tas dengan Silica Gel 

Trik ini juga dapat membantu mengeringkan smartphone kena air. Masukkan HP ke dalam tas tertutup yang berisi silica gel dan biarkan semalaman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jangan Lakukan Hal-Hal Ini Jika Port USB Basah

Selain mengetahui trik untuk mengeringkan HP yang basah, kamu juga perlu memperhatikan apa saja yang tidak boleh dilakukan jika HP kamu basah.

Berikut ini hal-hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan saat HP kamu kemasukan air.

1. Jangan Abaikan Peringatan yang Muncul

Biasanya, beberapa HP akan mengirimkan pesan peringatan deteksi cairan jika terdapat kelembapan di port USB. Jadi, jika mendapat peringatan, ada baiknya kamu segera atasi masalah ini.

2. Jangan Isi Daya saat HP Basah

Ini menjadi hal terpenting yang perlu kamu perhatikan. Menghubungkan HP dengan port sambungan yang lembap ke stop kontak sangat berbahaya.

Tidak hanya berbahaya bagi perangkat, tetapi juga diri kamu. Sebab, kamu juga bisa tersengat listrik. 

Selain itu, saat kamu menyambungkan pengisi daya ke port USB yang basah, pin pada port USB bisa korosi dan tidak berfungsi. Jadi, hal ini tidak hanya berisiko untuk HP dan nyawamu saja, tapi juga kabel pengisi daya.

3 dari 4 halaman

Tak Perlu Masukkan HP yang Basah ke Dalam Beras

3. Jangan Goyangkan HP kamu

Salah satu tindakan yang banyak dilakukan saat HP kemasukan air adalah menggoyangkannya. Padahal hal ini justru dapat menyebabkan kerusakan lain.

Mengguncangkan HP tidak akan menghilangkan kelembapan dari port pengisian daya. Jadi, lebih baik untuk tidak melakukannya.

4. Jangan Masukkan Benda Asing ke HP

Hal yang tidak boleh kamu lakukan selanjutnya adalah memasukkan sesuatu ke dalam port USB. Misalnya, handuk, kertas, kapas, atau tusuk gigi. 

Tindakan ini tidak akan membuat HP kamu kering. Efeknya, air yang ada di dalam HP akan tambah masuk ke dalam dan bahkan bisa merusak port USB.

5. Jangan masukkan HP yang basah ke dalam beras

Kebanyakan orang menyarankan hal ini. Namun, tindakan ini sangat tidak dianjurkan karena beras tidak terlalu bagus dalam menyerap air.

Selain itu, dengan memasukkan HP ke dalam beras, debu dan pati dari beras dapat merusak komponen HP yang sensitif.

4 dari 4 halaman

Selamatkan HP Kamu dari Korosi dan Kerusakan Permanen

Jika kamu melihat ada masalah dengan port USB HP kamu setelah pengeringan, gunakan pengisi daya nirkabel untuk pengisian daya. Pengisian daya nirkabel memungkinkan kamu mengisi daya tanpa harus menyambungkan kabel USB.

Dikutip dari Helpdesk Geek, cara kerja pengisian daya nirkabel ini menggunakan sifat magnet dan listrik yang dikenal sebagai pengisian daya induksi.

Pada dasarnya, arus listrik diubah menjadi medan magnet kemudian menginduksi arus listrik pada HP yang diisi daya. Namun, kekurangan dari pengisian daya nirkabel adalah tidak semua HP dapat mengisi daya dengan metode ini.

Selain itu, perlu diingat, biasanya pengisian daya nirkabel lebih lambat dibandingkan pengisian daya dengan kabel.

 

Nah, itu dia hal-hal yang harus kamu lakukan dan perhatikan untuk mengatasi HP yang basah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.